Berbagai Khasiat dan 6 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Berbagai Khasiat dan 6 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil – Terdapat berbagai jenis buah naga yang bisa ditemui di pasaran, dari warna merah, putih, hingga warna kuning. Buah ini memiliki banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, sehingga baik untuk dikonsumsi guna kecukupan gizi harian.

Pola makan yang sehat dan penuh dengan gizi juga harus dicukupi oleh ibu hamil, namun bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah naga? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi, mengkonsumsi buah naga dapat memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil, terutama untuk janin yang lebih sehat.

manfaat buah naga untuk ibu hamil
manfaat buah naga untuk ibu hamil

Hal manfaat buah naga untuk ibu hamil  ini diperkuat dengan kandungan nutrisi buah naga yang lengkap, diantaranya adalah kandungan kalori yang rendah, bebas dari kolesterol serta lemak, dan mengandung banyak vitamin. Berikut merupakan nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram buah naga:

  1. Kalori sebanyak 264 kkal, sehingga tidak menyebabkan kegemukan untuk mereka yang menjalankan program penurunan berat badan.
  2. Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya adalah kandungan kalsium yang cukup tinggi untuk jenis buah, yakni sebanyak 107 miligram.
  3. Terdapt serat yang mencukupi, yakni sekitar 1,8 miligram.
  4. Kandungan manfaat buah naga untuk ibu hamil vitamin C untuk kesehatan dan penguatan imun, sekitar 6,4 miligram.
  5. 82,1 gram karbohidrat untuk tiap 100 gram buah naga yang Anda konsumsi.

Dengan mengetahui kandungan buah tersebut, tentu ibu hamil diperbolehkan dan dianjurkan untuk memakan buah naga. Namun manfaat buah naga untuk ibu hamil tentu ada aturan mengkonsumsi buah ini yang harus dipenuhi, tidak boleh dimakan sembarangan karena sesuatu yang berlebihan, apalagi makanan, kemungkinan bisa memberikan pengaruh buruk untuk tubuh.

Bagi ibu hamil, konsumsi buah naga yang disarankan adalah 200 gram sehari. Sedangkan keseluruhan berat buah naga yang dijual di pasaran umumnya sekitar 350 gram sampai dengan 400 gram untuk tiap buahnya. Jadi jika Anda sedang hamil dan ingin mengkonsumsi buah naga setiap hari, cukup separuh buah saja, atau pilih yang ukurannya kecil.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memiliki kondisi khusus yang berbeda dengan kondisi tubuh kebanyakan manusia dewasa, sebab ia harus menjaga janin yang tumbuh di dalam perutnya. Untuk itu, jika Anda ingin mengkonsumsi buah naga, akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Akan tetapi, manfaat buah naga untuk ibu hamil memang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh ibu hamil, apabila mengkonsumsi buah naga secara teratur setiap harinya. Sesuai dengan anjuran konsumsi yang disarankan, diantaranya adalah:

Menjaga Kesehatan Sel

Buah yang mengandung vitamin C memang bisa membantu pertumbuhan sel tubuh agar lebih kuat dan sehat, sedangkan buah naga juga terdapat kandungan vitamin C di dalam daging buahnya. Vitamin ini juga dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh, sehingga janin bisa mendapatkan nutrisi manfaat buah naga untuk ibu hamil  yang tercukupi.

Mengkonsumsi buah ini secara teratur juga akan membantu janin dalam membentuk kolagen di dalam tulang, pembuatan pembuluh darah, kulit, serta otot yang kuat, dan menjaga serta melindungi pertumbuhan dan perkembangan sel di dalam janin. Ingat untuk mengkonsumsi buah ini secukupnya saja, sebab jika mengkonsumi terlalu banyak vitamin C peluang lahir prematur lebih besar terjadi.

Mencegah Sembelit

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah terjadinya sembelit, sebab ia memiliki serat yang tinggi dibandingkan dengan jenis buah yang lain. Ibu hamil memang rawan terkena sembelit, karena itu konsumsi makanan serat dianjurkan sekitar 25 gram sampai dengan 30 gram per harinya.

Untuk mencukupinya Anda bisa mengkonsumsi buah dan bahan makanan lain, misalnya dari gandum atau oatmeal, karena dalam 100 gram buah naga hanya terdapat 3 gram serat saja. Serat yang tinggi juga bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui feses.

Mencegah Anemia

Terdapat sekitar 7 persen zat besi dalam buah naga, sehingga ia sanggup memenuhi manfaat buah naga untuk ibu hamil kebutuhan harian zat besi di dalam tubuh, terutama untuk ibu hamil. Zat besi merupakan zat yang penting untuk kebutuhan ibu hamil, karena ia berfungsi untuk menjaga pertumbuhan pada janin, serta menjaga sistem kekebalan tubuh bayi dan ibunya.

Hal ini penting untuk diketahui, sebab tiap harinya ibu hamil membutuhkan sekitar 27 miligram zat besi, yang bisa Anda dapatkan dari buah berwarna merah ini. Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi,  kemungkinan bayi lahir prematur cukup tingi, serta resiko bayi lahir dengan berat badan rendah juga besar.

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Ternyata di dalam buah naga terdapat manfaat buah naga untuk ibu hamil asam folat yang baik untuk perkembangan janin, terutama ketika pembentukan tubuh dan tulang, sehingga mengurangi resiko bayi lahir cacat. Asam folat berperan penting dalam pembentukan tabung saraf, sehingga kemungkinan bayi lahir cacat bisa ditekan.

Selain asam folat, buah ini memiliki kandungan vitamin lain, diantaranya adalah B1, B2, serta B3 yang bermanfaat untuk tubuh bayi dan juga ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratut, kesehatan janin aka terpantu dengan baik, serta memberikan ruang untuk janin agar tumbuh semakin optimal.

Meningkatkan Pertumbuhan Otak Janin

Setiap orang tua tentu ingin anak yang cerdas, sedangkan otak yang cerdas dimulai dengan perkembangan jaringan saraf otak yang baik. Mengkonsumsi buah naga ternyata membantu otak bayi berkembang lebih baik karena kandungan riboflavin di dalamnya. Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang satu ini sudah dibuktikan oleh penelitian ilmiah.

Riboflavin merupakan senyawa yang berperan penting dalam perkembangan tulang, otot, serta saraf untuk bayi. Selain riboflavin, buah naga ternyata juga memiliki kandungan tiamin dan antioksidan, walaupun jumlahnya tidak terlalu besar. Namun kandungan tersebut tentunya dapat menunjang pertumbuhan janin menjadi lebih sehat.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Mengontrol Gula Darah

Ibu hamil harusnya menjaga seluruh kesehatan tubuhnya, manfaat buah naga untuk ibu hamil  dari pikiran, otot, hingga keadaan gula darah. Mengontrol gula darah penting agar bayi bisa berkembang secara optimal, karena itu ibu yang sedang hamil direkomendasikan untuk mengurangi camilan yang bisa membuat gula darah meningkat, seperti keripik atau donat.

Alih-alih mengkonsumi makanan tersebut, Anda bisa mengganti camilan harian dengan makanan yang lebih bergizi, seperti buah naga. Sebab ia ternyata bisa mengontrol gula darah, membuat Anda kenyang lebih lama, serta tidak berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara berkelanjutan.

Demikialah ulasan singkat mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan informasi tersebut, Anda maupun keluarga dapat mengambil manfaat dari buah naga dan menerapkannya dalam pola hidup yang lebih sehat, sehingga buah hati bisa lahir dengan sehat dan selamat tanpa membahayakan nyawa ibunya.  

About Ibnu Khamill

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *