12 Khasiat Buah Belimbing yang Wajib Anda Ketahui!

By

Khasiat Buah Belimbing – Buah memang memiliki sejuta khasiat bagi tubuh, terutama untuk kesehatan. Salah satu buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan adalah buah belimbing. Karena buah belimbing juga dikenal kaya akan serat dan sumber vitamin C. Di Indonesia sendiri buah ini sudah cukup banyak dan mudah ditemukan. Karena selain enak dimakan langsung, buah belimbing juga sering dijadikan sebagai rujak buah, manisan maupun jus.

Untuk Anda yang menyukai buah belimbing dan sering makan buah belimbing ini, ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah berbagai penyakit bahkan kanker. Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai macam khasiat buah belimbing yang wajib Anda ketahui, terutama untuk Kesehatan tubuh Anda.

Kandungan Buah Belimbing

Buah belimbing atau biasa disebut dengan star fruit merupakan buah yang banyak terdapat di Asia dan Indonesia. Tak heran buah ini mudah kita temukan di toko buah-buahan. Buah belimbing ini juga memiliki beberapa jenis mulai dari yang asam hingga manis. Namun kandungan yang ada didalam belimbing tentunya tetap sama.

Sebelum membahas tentang berbagai macam khasiat dari buah belimbing. Anda juga perlu mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam buah belimbing sehingga memiliki khasiat-khasiat yang baik untuk tubuh dan Kesehatan. Ini dia kandungan gizi pada buah belimbing:

1. Kaya akan Cairan

Seperti yang telah kita ketahui, buah belimbing ini memang kaya akan kandungan cairan yang ada didalamnya. Hampir 91,4% kandungan buah belimbing merupakan cairan. Tentunya cairan merupakan hal yang baik dan berguna bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan harian sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi

2. Memiliki Kandungan Serat dan Gula

Kandungan gizi kedua yang ada dalam buah belimbing adalah serat dan gula. Kandungan serat dan gula yang terdapat dalam 100 gram buah belimbing yaitu sebesar 2,8 gram serat dan 3,98 gram gula. Tentunya angka ini setara dengan kandungan serat yang terdapat dalam buah jeruk dan apel. Kandungan serat ini tentunya baik untuk pencernaan, dan kandungan gula yang tidak berlebihan juga memberikan asupan kalori yang baik untuk tubuh.

3. Vitamin C

Dalam 100 gram buah belimbing memiliki kandungan vitamin C sebanyak 34,4 mg. Tentunya angka tersebut sudah mampu memberikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Vitamin B

Vitamin B yang terkandung dalam buah belimbing adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B9. Vitamin B memberikan manfaat baik untuk menjaga Kesehatan saraf.

5. Kandungan lain

Selain beberapa kandungan diatas, buah belimbing juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti Protein, Natrium, Kalium, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor dan Seng vitamin A, dan vitamin E

12 Khasiat Buah Belimbing

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah belimbing ini dapat Anda temukan pada buah belimbing yang tingkat kematangannya sudah tepat. Setelah mengetahui beberapa kandungan yang terdapat dalam buah belimbing, langsung saja, ini dia beberapa khasiat buah belimbing:

1. Melancarkan Pencernaan

Buah belimbing dikenal kaya akan serat dan juga mineral yang baik untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena serat dapat membantu meringankan masalah pencernaan dalam tubuh. Selain itu, serat juga dipercaya memiliki kandungan bakteri baik yang mampu melawan infeksi pada usus besar.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kandungan vitamin C dalam buah belimbing ini cukup tinggi. Tubuh kita tentunya membutuhkan vitamin C yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Jadi vitamin C ini lah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh supaya terhindar dari berbagai macam jenis penyakit seperti flu dan infeksi umum yang lain.

3. Menyembuhkan Maag

Khasiat buah belimbing selanjutnya adalah dapat membantu menyembuhkan sakit maag. Karena buah belimbing juga mengandung terpenoid, flavonoid dan lendir yang berkhasiat untuk melindungi lambung dan mencegah kerusakan pada lambung. Dengan mengkonsumsi buah belimbing juga dapat menyembuhkan sakit maag.

4. Menjaga Kesehatan jantung

Kandungan natrium dan kalium yang juga terdapat dalam buah belimbing memiliki khasiat sebagai elektrolit dalam tubuh yang membantu menjaga tekanan darah dan memastikan jantung berdetak secara teratur, sehingga kesehatan jantung juga akan terjaga.

5. Anti-inflamasi (Anti Peradangan)

Buah belimbing juga memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan yang baik untuk mencegah gangguan kulit. Sumber vitamin C juga membantu tubuh untuk membuang toksin yang berlebih dan menghasilkan kolagen yang baik bagi tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa peradangan ini mengakibatkan berbagai jenis penyakit kronis yang berkaitan dengan jantung, pernafasan dan lambung. Dengan mengkonsumsi buah belimbing, tentunya Anda dapat terhindar dari peradangan karena belimbing memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin A, di mana vitamin A ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam buah belimbing ini juga memiliki khasiat untuk menangkal faktor-faktor yang menyebabkan masalah pada mata, seperti katarak.

7. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Tulang

Buah belimbing ini memiliki kandungan Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor dan Seng yang mampu meningkatkan kepadatan gigi. Selain itu, buah belimbing juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tulang untuk penderita osteoporosis dan radang sendi.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Buah belimbing juga dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. Nutrisi yang terkandung dalam buah belimbing berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tingi dan meminimalkan risiko hipertensi.

9. Mencegah Kanker

Khasiat buah belimbing selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh “Advances in Pharmacological Sciences” yang menyatakan bahwa buah belimbing dapat dikembangkan menjadi suplemen alami yang efektif dalam melawan kanker. Tentunya kandungan-kandungan yang ada dalam buah belimbing yang juga mampu mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh.

10. Meningkatkan Produksi ASI

Selanjutnya, buah belimbing ini juga memiliki khasiat dalam meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah belimbing mampu memberikan kualitas ASI yang baik.

 11. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain mampu menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan flavonoid dalam buah belimbing memiliki khasiat untuk membuat kulit lebuh sehat. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan buah belimbing ini sebagai masker, supaya wajah tampak cerah dan cantik.

 12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah belimbing menjadi salah satu buah yang dapat Anda konsumsi jika Anda sedang melakukan diet. Karena buah ini memiliki kandungan serat yang baik dan gula alami yang dipercaya mampu untuk menjaga dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: 12 Khasiat dan Manfaat Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Itu tadi 12 khasiat buah belimbing yang wajib Anda ketahui. Anda dapat mengkonsumsi buah belimbing ini dengan cara di makan langsung atau dibuat jus sesuai dengan selera Anda. jangan lupa memilih buah belimbing yang sudah matang sehingga kandungan gizi yang ada juga sudah sempurna. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar