Ketahui Tips Diet Pemula yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Sumbersehat.com – Tips diet pemula adalah memilih menu yang tepat dan untuk memilihnya perlu adanya mengukur nutrisi dari setiap makanan. Rata-rata orang yang ingin memulai diet bingung memilih makanan apa yang cocok dan berakhir dengan gagal diet. Oleh karena itu, diet harus dilakukan secara hati-hati dari mulai pemilihan makanan sampai kedisiplinan.

Nah, kali ini kita akan membahas terkait dengan menu diet yang sangat aman dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Kalian akan tetap merasa kenyang sepanjang hari dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Berikut penjelasannya!

menu diet pemulaTips Diet Pemula yang Sehat

Tips diet bagi pemula yang sehat bernutrisi antara lain sebagai berikut:

Menu untuk Sarapan

Banyak orang sangat terbiasa dengan makan nasi hangat. Nah, untuk program diet nasi hangat ini sedikit tidak dianjurkan karena memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat di pagi hari, kalian bisa mengganti nasi putih ini dengan oatmeal atau roti gandum.

Jika kalian belum terbiasa mengkonsumsi oatmeal, tips diet pemula di pagi hari adalah menambahkan susu rendah lemak. Selain itu, juga yoghurt rendah lemak cukup bagus untuk diet Anda. Kalian juga bisa mengolesi roti gandum dengan selai buah atau selai kacang yang memiliki kadar gula renda. Janganlah mengolesi roti tersebut dengan mentega atau selai dari coklat.

Untuk oatmeal, kalian cukup menyantap sebanyak 2 hingga 3 sendok setiap harinya. Sementara, untuk roti gandum, kalian bisa menyantap sebanyak 2 lembar roti gandum. Di pagi hari, kalian juga sangat dianjurkan untuk meminum kopi hitam atau teh hijau tanpa gula. kopi hitam dan teh hijau akan membantu kalian untuk proses pemercepat penghancuran lemak.

Menu untuk makan siang

Pada saat makan siang, kalian boleh makan nasi. Nasi yang dianjurkan disini yaitu nasi merah atau nasi putih yang sudah dingin. Kurangilah porsi nasi kalian merupakan tips diet pemula yang efektif. Kalian bisa mengurangi hingga setengah porsi makan nasi kalian. Bahkan, sangat dianjurkan untuk mengurangi lebih dari setengah dari biasanya.

Untuk lauknya, kalian bisa memilih antara daging ayam bagian dada atau daging sapi tanpa lemak. Daging tersebut lebih baik dipanggang, dikukus atau direbus saja. Hindari untuk menggoreng daging karena akan mengandung banyak sekali minyak jahat.

Selain daging ayam dan daging sapi, kalian juga bisa menambahkan telur yang diorak-arik atau telur rebus serta tempe atau tahu. Masih sama seperti pengolahan daging tadi, jangan menggoreng bahan lauk ini. Untuk pembuatan telur orak arik kalian bisa membuatnya tanpa minyak di teflon atau wajan anti lengket.

Tak cukup sampai disitu, kalian juga harus mengkonsumsi banyak sayur. Kalian bisa memilih sayur sayuran yang segar dan diutamakan hijau. Sayur yang dianjurkan antara lain sawi, bayam, brokoli, kangkung dan lain-lain. Sebagai alternatif, kalian bisa memasak sup.

Menu untuk Makan Malam

Di malam hari kalian sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi nasi atau makanan berat seperti roti. Batas makan paling malam yaitu pukul 19.00. setelah pukul 19.00 diharapkan kalian tidak mengkonsumsi apa-apa lagi. Untuk menu makan malam, kalian bisa mengkonsumsi 2 butir telur rebus atau 1,5 ons daging panggang atau kukus.

Namun, jika kalian merasa kuat dan tidak lapar, kalian juga bisa tidak makan malam. Sebagai pengganti, kalian bisa mengkonsumsi buah-buahan dan juga air putih. Buah yang dianjurkan yaitu pepaya, apel, semangka dan juga melon. Jauhi makanan yang mengandung coklat, alpukat atau durian dan itu merupakan tips diet pemula.

Menu makanan pendamping

Tips diet pemula berikutnya adalah mencari makanan pendamping yang rendah kalori. Biasanya ketika jeda antara makan pagi ke makan siang atau makan siang ke makan malam, pasti perut akan merasakan lapar. Nah, untuk mengatasi ini, kalian bisa perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air putih.

Selain itu, kalian juga bisa mengkonsumsi buah buahan seperti apel hijau, pepaya, melon atau semangka. Kalian juga bisa menatap kacang kacangan sebagai camilan. Kacang yang dianjurkan dikonsumsi saat diet yaitu kacang almond karena memiliki banyak vitamin dan protein tinggi.

Itu dia beberapa tips diet pemula yang bisa kalian pilih sebagai alternatif menu makanan diet kalian. Semoga dengan adanya menu diet pemula ini kalian tidak bingung lagi mencari menu diet pemula yang sehat, bergizi dan enak.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *