Kenapa Bisa Terkena Herpes? Ini 3 Gejala dan 4 Obat Alaminya Paling Aman

Kenapa bisa terkena herpes? Tentu pertanyaan ini banyak terjadi di setiap diri seseorang bahkan di tengah kehidupan masyarakat sekalipun. Nah herpes itu sendiri merupakan sebuah gangguan atau penyakit yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan adanya lepuhan pada kulit berwarna merah yang berisi cairan.

Bahayanya lagi, virus herpes mampu bersarang seumur hidup di tubuh penderitanya. Karena penyakit herpes itu sendiri sebagai salah satu jenis penyakit dari beberapa penyakit jangka panjang lainnya. Dari beberapa jenis herpes, herpes simpleks dan herpes zoster-lah yang paling banyak menginfeksi seseorang.

Apakah Penyebab Peyakit Herpes?

Di balik pertanyaan kenapa bisa terkena herpes, tentu ada faktor penyebab yang melatar belakanginya. Untuk masalah kesehatan herpes itu sendiri disebakan oleh virus herpes simpleks tipe I dan virus herpes simpleks tipe 2. Dan kedua jenis virus ini termasuk dalam virus herpes hominis yang masuk dalam golongan virus DNA.

Petugas medis berani mendiagnosa pasiennya terkena penyakit herpes atau tidak berdarkan gejala yang dialami pasien dan juga temuan klinis yang ada. Namun cara ini terkadang belum bisa untuk menentukan apakah seseorang telah terinfeksi herpes. Karena ada beberapa jenis temuan klinis yang tidak sesuai. Jika demikian maka akan dilakukan cara lain.

Jika kebenaran gejala dan uji klinis yang dilakukan masih diragukan. Maka akan dilakukan dengan cara lain, yaitu melalui uji laboratorium. Ketika melakukan diagnosa menggunakan metode ini, petugas medis akan mengambil cairan dan jaringan vesikel kulit pasien, kemudian akan dilakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.

Namun apabila uji laboratorium masih diragukan kebenarannya apakah seorang pasien terinveksi penyakit herpes atau tidak, maka akan dilakukan tindakan lain. Yang mana akan dilakukan pemeriksaan antibodi virus herpes simpleks pasien.

Seseorang yang mengalami penyakit herpes bisa disebabkan akibat penularan dari orang lain yang telah terinfeksi penyakit herpes. Di mana setelah terjadinya kontak langsung dengan si penderita.

Apa Gejala Penyakit Herpes?

Ada beberapa gejala yang harus kamu ketahui kenapa bisa terkena herpes. Untuk itu simak penjelasan lengkapnya di bawah!

1. Infeksi primer

Gejala pertama yang menyebabkan kenapa bisa terkena herpes adalah infeksi primer. Gejala infeksi primer itu sendiri merupakan gejala awal jika seseorang telah menghidap penyakit herpes. Yang mana ditandai dengan bintil kecil pada kulit yang berwarna putih dan berisi air, atau lebih popular dalam dunia medis dikenal dengan istilah visikel.

Bintik-bintik tersebut berkelompok  pada permukaan kulit seseorang dan terlihat memerah serta sambab. Awalnya hanya berwarna putih, kemudian lama-kelamaan seiring berjalannya waktu akan berwarna hijau dan bernanah. Ada juga yang sudah pecah pada permukaan kulit.

Infeksi premier ini sendiri terjadi dalam kurun waktu kurang lebih selama 3 minggu dan disertai juga gejala lain seperti demam, mual, muntah, lemas, dan bahkan disertai juga dengan pembengkakan pada bagian kelenjar di lipat paha atau di sekitar leher penderitanya.

Daerah yang biasa terjangkit virus herpes simpleks tipe I adalah bagian pinggang ke atas terutama pada bagian mulut dan hidung. Bukan itu saja, ifeksi herpes ini sering juga menyerang mukosa yang tampak seperti sariawan.

Sedangkan untuk virus herpes simpleks II biasanya menyerang bagian organ kelamin seseorang. Kendati demikian bagian lainnya pada tubuh juga bisa terserang oleh virus ini. Seperti diantaranya di bagian wajah, pada prilaku seksual yang menyimpang atau kurang wajar. Virus ini juga bisa menyebabkan terjadinya peradangan otak terutama pada penderita bayi yang baru dilahirkan dari seorang ibu yang sedang menghidap infeksi herpes ini pada bagian organ kelaminnya.

2. Fase laten

Kemudian fase kedua seorang yang sudah terkena herpes adalah fase laten. Fase ini merupakan suatu keadaan tubuh penderita yang sudah membaik. Namun ini belum membaik secara total, melainkan virus-virus ini masih beristirahat di dalam tubuh penderita, tepatnya pada bagian tulang belakang manusia. Inilah gejalan berikutnya kenapa bisa terkena herpes setelah infeksi primer.

Untuk penularan virus yang ditularkan seorang penderita pada fase laten masih bisa terjadi walaupun jumlah penularannya yang lumayan sedikit.

3. Infeksi Rekuren

Gejala selanjutnya kenapa bisa terkena herpes terletak pada keadaan infeksi rekuren. Di mana infeksi rekuren sendiri merupakan keadaan virus yang aktif kembali setelah fase laten yang disebabkan oleh dua faktor yang meliput faktor trauma fisik dan trauma psikis.

  • Trauma fisik itu meliputi infeksi penderita terhadap penyakit lain, demam, penyakit HIV/AIDS, menstruasi, kurang istirahat, dan lainnya.
  • Trauma psikis meliputi stress dan gangguan emosional lainnya
  • Reaksi dari obat-obatan terapi kanker

Untuk gejala yang ditimbulkan ketika memasuki masa infeksi rekuren sedikit lebih ringan dari infeksi primer. Di mana hanya berlangsung dalam kurun waktu 7 sampai 10 hari.

Cara Menyembuhkan Herpes Secara Alami

Setelah mengetahui gejala dan penyebab kenapa bisa terkena herpes, kali ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan penyakit herpes dalam dirimu. Ingat, penyakit herpes itu adalah penyakit yang bertahan seumur hidup di dalam tubuh. Walaupun cara ini tidak bisa menyembuhkan, setidaknya membantu dirimu untuk meringankan rasa sakit yang dialami. Selain itu juga mampu memperkecil reseki penularannya. Berikut penjelasan lengkapnya  tentang obat alami yang bisa meredakan penyakit herpes.

1. Dengan mengkonsumsi sayuran merah dan jingga

Mengkonsumsi sayuran yang berwarna merah dan jingga juga bisa meredakan rasa sakit penyakit herpes yang kamu alami. Bukan itu saja, dengan cara ini mampu memperkecil resiko menularkan penyakit herpes ke orang lain.

Ini karena sayuran yang memiliki warna merah dan jingga kaya akan kandungan antioksida, vitamin C, bioflavonoid, serta karotenoid yang lumayan tinggi. Tentunya semua kandungan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka yang kamu alami pada kulit.

2. Menggunakan es batu

Saat tubuhmu sudah terinfeksi penyakit herpes, akan sering sekali mengalami yang namanya gatal dan rasa nyeri pada kulit yang luar biasa. Dengan jalan mengompres menggunakan es batu mampu meredakan segala keluhan yang kamu alami. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin pada bagian yang terasa gatal dan nyeri.

3. Menggunakan lidah buaya

Untuk mengobati herpes yang kamu alami, kamu bisa juga menggunakan gel lidah buaya sebagai obatnya.  Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya tinggal menempelkan gel lidah buaya pada bagain kulit yang terjangkit herpes. Lidah buaya yang kamu gunakan saat menderita herpes juga bermanfaat untuk mengurangi rasa panas dan sakit akibat dari penyakit herpes.

4. Menggunakan baking soda

Baking soda juga bisa menjadi alternative pengobatan penyakit herpes yang sedang kamu alami saat ini. Cara penggunaannya pun sangat mudah, kamu hanya dengan mencampurkan minyak esensial niauli pada baking soda. Yang di mana minyak ini juga terkenal akan khasiatnya untuk meregenerasi kulit dan juga memiliki kemampuan untuk melawan jenis infeksi yang di derita oleh seseorang.

Saat membuat ramuan dari baking soda dan minyak esensial pun sangat mudah,

  • Siapkan satu sendok makan baking soda, setengah gelas air hangat, dan lima tetes minyak esensial
  • Campurkan semua bahan tersebut menjadi Satu
  • Aduk hingga tercampur merata
  • Selesai

Ramuan ini bisa kamu gunakan pada daerah yang terinfeksi herpes.

Itulah penyebab, gejala, kenapa bisa terkena herpes dan juga 4 cara alami mengobatinya. Semoga bermanfaat!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *