Kenali Lebih Dekat 12 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Rumah

Kenali Lebih Dekat 12 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Rumah. Tanaman herbal adalah tanaman yang tumbuh di alam dan memiliki manfaat untuk keberlangsungan hidup makhluk di sekitar tempat tinggal. Tanaman herbal memiliki banyak manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh hingga mengobati keluhan di dalam tubuh. Banyak orang yang mencoba untuk terapi tanaman herbal, karena tanaman herbal dianggap minim efek samping. Selain itu tanaman herbal mudah didapatkan, hampir di setiap rumah atau di hamparan tanah luas di sekitar tempat tinggal.

Banyak yang memilih jenis tanaman herbal sebagai upaya pertolongan pertama untuk keluhan yang dirasakan pada tubuhnya. Karena tanaman herbal mudah didapatkan di sekitar rumah, selain itu dapat memilih tanaman herbal yang disukai sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Pada umumnya tanaman herbal juga digunakan sebagai bentuk pencegahan pada suatu penyakit. Contohnya tanaman herbal kunyit, kencur, daun jambu biji, dan aneka tanaman herbal lainnya. Berikut aneka tanaman herbal bererta manfaatnya yang dapat Anda gunakan untuk sehari-hari.

12 Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Rumah

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh berbeda dengan buah belimbing pada umumnya yang berbentuk bintang. Umumnya belimbing wuluh digunakan para perempuan untuk bahan memasak. Setiap bagian dari belimbing memiliki manfaat tanaman herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Belimbing wuluh dapat mengobati sariawan, batuk, gigi, dan mencairkan dahak. Cara pengolahan belimbing wuluh untuk obat batuk, dengan cara belimbing wuluh dimasak bersama gula batu dan bunga belimbing wuluh. Hasil sari tersebut diminumkan rutin sebagai pengganti obat batuk.

manfaat tanaman herbal
manfaat tanaman herbal

Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe dipercaya dapat menghangatkan kondisi badan. Selain dapat digunakan untuk bumbu memasak, jahe juga dapat mencegah berbagai virus. Jahe dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Cara mengonsumsinya dapat dengan cara jahe digeprek dan diseduh menggunakan air panas dan dicampur dengan madu. Jahe dapat diseduh di saat tubuh membutuhkan energi lebih atau tubuh memerlukan kehangatan.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu rempah Indonesia yang biasa digunakan untuk memasak. Manfaat tanaman herbal pada kunyit dapat digunakan untuk obat penurun panas dan sebagai penguat imunitas tubuh. Sejak zaman dahulu resep ini telah turun menurun sebagai obat ampuh saat gejala panas mulai menyerang. Namun dalam mengonsumsi kunyit juga tidak diperkenankan berlebihan, karena dapat menaikan asam berlebih dan kurang bagus untuk peredaran darah. Mengonsumsi sesuai batas kebutuhan.

Daun kumis kucing

Daun kumis kucing sering dijumpai di sekitar rumah, hal ini menandakan bahwa daun ini banyak digunakan sehari-hari. Fungsi obat daun kumis kucing, dapat dijadikn solusi bersama apabila mengalami kurang enak badan. Daun kumis kucing dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti ginjal, radang kandung kemih, asam urat, diabetes. Cara membuatnya dengan cara direbus bersama air dengan daun kumis kucing di atas kompor. Sisa hasil rebusan setelah tinggal satu gelas diambil dan diambil, setelah itu air rebusan siap diminum setelah dingin.

Kencur

Tanaman kencur popular karena bahan rempah satu ini memiliki manfaat tanaman herbal untuk menjaga stamina, memperlancar haid pada manusia, mengatasi nafsu makan, serta mengatasi gangguan kesehatan  seperti flu, masuk angin, batuk, sakit kepala dan lain-lain. Selain itu memakan kencur dalam kondisi mentah, dipercaya mampu menjernihkan pita suara. Namun secara umum kencur biasanya diminum dengan cara dihaluskan dan diambil sarinya, setelah itu dicampur dengan air dan madu.

Daun sirih

Daun sirih sudah ada sejak nenek moyang dan dijadikan sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Kandungan di dalam daun sirih yakni, yodium, kalium,vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat. Selain itu daun sirih juga mengandung zat kimiawi, seperti sirih, chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, dan campene. Salah satu manfaatnya, daun sirih dapat membantu permasalahan wanita bagain alat vital dengan cara dibasuhkan secara rutin air rebusan daun sirih.

Daun kemangi

Daun kemangi dikenal untuk teman santap makan dengan lalapan, namun ternyata manfaat tanaman herbal pada kemangi juga dapat mengobati berbagai penyakit. Seperti meringankan perut kembung, menaikan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan yang ada pada kulit. Manfaat pada daun kemangi ini dapat dikonsumsi dengan cara langsung bersama makan lalapan. Daun kemangi yang memiliki aroma khas menjadikan banyak disukai orang.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang dapat diolah menjadi berbagai pengolahan. Lidah buaya yang digunakan secara langsung dapat digunakan untuk menyuburkan rambut. Selain itu lidah buaya juga dapat diolah menjadi jelly atau aneka makanan dan minuman. Kandungan yang ada pada lidah buaya bagus untuk pencernaan tubuh. Selain itu lidah buaya juga dapat digunakan untuk kecantikan kulit. Namun yang harus diperhatikan adalah apabila terjadi reaksi alergi setelah mengonsumsi lidah buaya, maka harus segera dihentikan.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksida yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi vitamin C secara rutin menjadikan tubuh lebih segar dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat tanaman herbal satu ini meskipun rasanya asam, namun bersifat basa di dalam tubuh. Minum jeruk nipis dengan cara diperas kemudian dicampur dengan air dingin atau air hangat. Rutin mengonsumsi jeruk nipis peras menjadikan tubuh lebih segar dan sehat setiap hari.

Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Daun jambu biji dapat digunakna untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh, caranya dengan merebut daun jambu biji beberapa helai dengan air. Rebus hingga air berkurang. Setelah itu minum hasil air rebusan tersebut. Daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati DBD dan mengobati diare. Daun jambu biji secara kandungan tidak jauh berbeda dengan buah jambu biji.

Lengkuas

Lengkuas adalah salah satu daftar rempat yang tumbuh subur di Indonesia. Bumbu masak ini selain untuk bumbu dapur, juga memiliki manfaat tanaman herbal. Kandungan pada lengkuas adalah galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid, vitamin A, vitamin C, zat besi, serat, dan karbohidrat. Adapun manfaat lengkuas sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pada pria, dan berpotensi sebagai tanaman herbal anti kanker.

Artikel lainnya bisa simak disini.

Mengkudu

Mengkudu memiliki banyak khasiat yang kini banyak dirasakan oleh banyak orang. Buah mengkudu untuk mencegah infeksi karena mampu membunuh bakteri jahat, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi karena melancarkan sistem peredaran darah, mampu melegakan perut kembung, menyembuhkan radang pada lambung dan luka pada usus halus, dan diyakini sebagai tanaman herbal anti kanker. Buah mengkudu dapat diolah secara langsung dengan cara di jus secara langsung dan dicampur madu untuk memberikan rasa manis.

Daftar tanaman herbal di atas memiliki manfaat tanaman herbal yang dipercaya banyak orang mampu memberikan manfaat yang berarti. Efek samping tanaman herbal pada dasarnya setiap orang berbeda-beda, namun hal tersebut dapat dicoba terlebih dahulu. Apabila setelah beberapa waktu tetap tidak memberikan hasil maka disarankan untuk mengonsultasikan pada dokter, karena ditakutkan analisis pribadi yang dilakukan salah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk semua.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *