Kenali 6 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kenali 6 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh Anda. Siapa di sini yang tidak mengenal buah satu ini? Naga merah adalah salah satu varian buah yang menjadi favorit bagi banyak orang. Tekstur daging buah yang unik, biji-bijinya yang relatif kecil, dan rasanya yang manis agak masam, membuat buah ini selalu diburu oleh banyak orang. Selain hal tersebut, naga merah juga dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Ya! Namanya juga buah, itu berarti ada manfaat yang terkandung di dalamnya. Namun, berbeda dengan varian buah lain, manfaat buah naga merah dikenal lebih komplit dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, tanpa ada batasan jumlah konsumsi tertentu. Sebelum mengenal manfaatnya, Anda harus mengetahui apa itu buah naga merah.

Walaupun menyandang nama “naga”, bukan berarti buah ini memiliki bentuk naga. Buah yang memiliki nama marga latin  Hylocereus dan Selenicereus ini sejatinya merupakan tumbuhan sejenis kaktus yang tumbuh subur awalnya di sekitar gurun di Meksiko dan Amerika Tengah. Namun seiring waktu, buah ini akhirnya menyebar hingga sampai di dataran tropis Asia.

manfaat buah naga merah
manfaat buah naga merah

Buah yang juga dikenal dengan nama Troja dan Pitaya ini kali pertama dibudidayakan di dataran tropis selatan Tiongkok. Namun, karena masyarakat memercayai manfaat buah naga merah membawa berkah, pada akhirnya buah ini sering diletakkan di antara patung naga di meja-meja altar untuk persembahan. Hal ini merupakan asal usul kenapa buah ini dinamanakan buah naga.

Terlepas dari sejarahnya yang cukup panjang ini, sesuai dengan judul di atas, buah naga merah terkenal memiliki sangat banyak khasiat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi, saat ini Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan buah ini, karena sudah banyak bentuk budidaya dan pedagang yang menjual buah naga merah.

Berikut ini kami paparkan beberapa manfaat buah naga merah yang harus Anda ketahui. Dengan konsumsi yang rutin dan stabil, maka Anda bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut dengan optimal.

Kandungan umum buah naga merah

Kandungan nutrisi pada buah naga merah cenderung komplit, mulai dari berbagai macam vitamin, kalsium, protein, hingga kadar antioksidan yang tinggi. Bahkan, buah naga merah juga memiliki kalori rendah, sehingga cocok untuk digunakan bagi Anda yang ingin melangsungkan program penurunan berat badan atau diet.

Dari beberapa kandungan di atas, mungkin Anda sudah mengetahui apa saja manfaat buah naga merah yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara rutin. Oh iya, buah naga merah juga mengandung serat dan zat besi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah naga merah mencegah diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang memiliki risiko cukup fatal bagi pengidapnya. Terlebih lagi, seseorang yang tervonis penyakit diabetes memiliki potensi untuk meneruskan penyakit ini ke keturunanya. Sangat membahayakan bukan?

Gaya hidup yang tidak sehat dengan konsumsi gula berlebihan, obesitas, dan kandungan makanan yang berpotensi menjadi “toxic” di dalam tubuh adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda terserang penyakit ini. Tapi, manfaat buah naga merah siap untuk menangkal hal tersebut.

Buah naga merah terbukti dapat mencegah penyakit yang sangat berbahaya ini. Bagaimana tidak? Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki buah naga merah mampu menjadi pembunuh sel-sel jahat dari berbagai macam faktor tersebut di atas. Antioksidan adalah salah satu kandungan terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Buah naga merah menurunkan hipertensi

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, saat ini seakan menjadi penyakit yang “umum” diderita oleh banyak orang. Padahal, terselip begitu banyak risiko membahayakan nyawa apabila Anda terdiagnosis penyakit ini. Anda bisa menghindari risiko tersebut apabila mengonsumsi dan mengetahui manfaat buah naga merah.

Di dalam antioksidan di buah naga merah, terdapat kandungan lycopene yang menjadi ciri khas mengapa buah tersebut memiliki warna merah. Selain itu, lycopene telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi bagi setiap orang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi buah ini secara teratur dan dengan takaran yang wajar tentunya.

Buah naga merah mengurangi risiko kanker

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan lycopene sebagai salah satu manfaat buah naga merah juga dapat mencegah Anda untuk mengalami kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang digolongkan sebagai penyakit dengan rasio tingkat sembuh yang cukup rendah. Oleh sebab itu, penyakit ini bisa dikategorikan sebagai penyakit kronis.

Buah naga merah juga memiliki kandungan hytoalbumin, salah satu antioksidan yang dapat mengurangi aktivitas pembentukan radikal bebas yang berpotensi untuk menyebabkan kanker muncul di dalam tubuh. Kandungan tersebut akan membuang zat-zat racun karsinogenik dari dalam tubuh sehingga Anda dapat mengoptimalkan kesehatan tubuh.

Buah naga merah membantu sistem pencernaan

Serat adalah zat utama dalam proses pencernaan dalam tubuh. Apabila tubuh Anda kekurangan serat, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam menjalankan ekskresi tubuh secara normal. Akibatnya, Anda akan mengami kesulitan Buang Air Besar. Tapi, manfaat buah naga merah siap membantu Anda sebelum mengalami hal yang tidak menyenangkan tersebut.

Telah kami bahas di atas, buah naga merah adalah salah satu varian buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi. Sehingga, serat-serat tersebut dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh Anda.

Selain itu, salah satu manfaat serat di dalam manfaat buah naga merah juga dapat menstimulus protein yang terdapat di dalam tubuh Anda. Sehingga, dengan konsumsi yang rutin dan stabil, maka Anda akan merasakan tubuh yang lebih sehat dan segar.

Buah naga merah mencegah obesitas

Dengan kandungan serat yang sangat tinggi tersebut, maka Anda dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh secara optimal. Dampaknya? Anda dapat secara konsisten menurunkan risiko mengalami masalah berat badan atau obesitas. Anda mungkin salah satu di antaranya.

Anda tidak perlu khawatir, dengan manfaat buah naga merah dalam kandungan seratnya yang tinggi, maka Anda bisa mengurangi berat badan dengan baik dan sehat. Tentu saja, hal ini harus diikuti dengan pola hidup sehat dengan makan yang stabil sekaligus olahraga yang rutin dalam waktu ke waktu.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Buah naga merah menjaga kecantikan

Awet muda adalah keinginan bagi banyak orang. Oleh sebab itu, banyak sekali treatment yang cukup mahal rela dilakukan oleh orang-orang tersebut agar menjaga kualitas kulit dan tubuh. Padahal, hanya dengan mengonsumsi buah naga merah, Anda dapat dibantu dalam masalah awet muda tersebut.

Seperti yang kami jelaskan di atas, manfaat buah naga merah bisa didapatkan mengenai hal ini karena buah naga merah mengandung multivitamin sekaligus antioksidan yang tinggi. Dua hal tersebut cukup untuk memberikan Anda kecantikan yang awet dengan cost yang murah.

Demikian beberapa manfaat buah naga merah yang bisa Anda dapatkan. Hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan secara optimal apabila diikuti dengan konsumsi rutin, pola makan sehat, sekaligus olahraga yang rutin.

About Ibnu Khamill

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *