Kenali 13 Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol Sejak Kini

Kenali 13 Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol Sejak Kini. Kolesterol adalah lemak yang terdapat pada tubuh kita dan sangat bermanfaat, tetapi jika kolesterol terlalu tinggi itu sangat berbahaya. Karena bisa menyebabkan Anda terkena penyakit yang serius. Seperti penyakit jantung yang terjadi karena peredaran darah menuju jantung terganggu, hal ini di sebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Penyebab kolesterol tinggi adalah kita memakan makanan yang tidak sehat dan banyak mengandung lemak.

Sedangkan tumbuhan herbal sendiri adalah tumbuhan atau tanaman yang bisa dijadikan obat. Karena di dalam tumbuhan itu mengandung zat yang bisa mengobati penyakit, seperti kolesterol. Tumbuhan herbal juga tidak sulit untuk di dapatkan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah pedesaan yang masih asri. Itu sangat mudah bagi Anda mendapatkan tumbuhan herbal. Dengan mengonsumsi tumbuhan herbal kadar kolesterol Anda bisa berkurang dan bisa mencegahnya.

Jika Anda ingin mencegah atau pun mengobati kolesterol maka konsumsilah Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol. Walaupun mungkin proses penyembuhannya sangat lama tapi tumbuhan herbal tidak akan menyebabkan efek samping. Seperti obat – obatan yang pada umumnya digunakan untuk menyembuhkan penyakit kolesterol. Jika tumbuhan herbal ini dikonsumsi banyak maupun sedikit malah tubuh Anda akan sehat. Untuk itu Anda perlu tahu apa saja tumbuhan herbal yang bisa dikonsumsi.

Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol
Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol

Berikut Ini Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol

Bawang Putih

Bawang putih adalah tumbuhan herbal yang mudah didapatkan. Karena termasuk bumbu dapur yang mungkin tersedia setiap hari di rumah Anda. Bawang putih sangat cocok untuk Anda yang punya kolesterol tinggi.Karena mengandung senyawa phytochemicalyang bermanfaat untuk mencegah reaksi oksidatif di dalam pembuluh darah. Tanaman ini juga bisa mencegah kolesterol karena mengandung allicin.Selain untuk kolesterol bawang putih juga bisa meredakan pilek ataupun yang lainnya.

Kunyit

Mungkin kunyit merupakan Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol yang tidak asing untuk Anda. Kunyit sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol karena kunyit mengandung kurkumin yang bersifat bisa mencegah peradangan. Sehingga kunyit juga bisa mencegah Anda untuk terkena penyakit yang lebih berbahaya, yaitu jantung. Jadi,sangat jelas kalau kunyit bisa menurunkan kolesterol Andamaka dari itu mulailah mengonsumsinya dari sekarang.

Jahe

Jahe juga merupakan salah satu bumbu dapur yang pasti Anda kenal. Ternyata jahe juga bisa menurunkan kolesterol juga loh! Jadi untuk Anda yang punya kolesterol bisa menurunkannya dengan rempah – rempah yang satu ini. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu hanya dicampurkan dengan air hangat saja. Mendapatkan jahe juga mudah, yaitu bisa di beli di pasar yang dekat ataupun Anda bisa menanamnya sendiri di rumah supaya lebih hemat.

Seledri

Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol yang lainnya adalah seledri. Seledri mengandung asparagin,manit, lendir, tirosin, dan masih banyak lainnya yang bisa menurunkan kolesterol Anda. Jadi, konsumsilah seledri jika ingin menurunkan kolesterol tinggi Anda. Seledri bisa di beli di pasar, jika ingin lebih nyaman atau lebih segar Anda bisa menanamnya di rumah. Karena jika akan mengonsumsinya bisa langsung mengambilnya.

Jeruk

Selain rempah – rempah ternyata buah – buahan bisa juga menurunkan kolesterol. Seperti buah yang satu ini , yaitu jeruk. Selain rasanya yang enak dan kaya akan vitamin c. Ternyata jeruk jugamengandung substansi atau fitosterol di dalamnya. Buah jeruk sendiri sangat mudah di temukan, seperti di toko buah dan alfamart. Untuk mengonsumsinya Anda bisa membuatnya menjadi jus jeruk supaya lebih nikmat lagi menikmatinya.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat enak jika dikonsumsi baik di konsumsi saat sudah matang atau di buat untuk rujukan. Ternyata pepaya juga termasuk Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol. Karena pepaya mengandung likopen, vitamin c, dan vitamin e yang bisa menurunkan kolesterol Anda yang tinggi. Mendapatkan buah ini pun sangat mudah, Anda bisa membelinya di alfamart atau di toko buah jika tidak ada di rumah.

Alpukat

Buah yang satu ini siapa sih yang tidak tahu. Hampir semua orang tahu buah inikan karena rasanya yang enak apalagi saat di buat jus. Ternyata selain enak buah ini juga termasuk buah yang bisa menurunkan kolesterol. Karena buah ini mengandung vitamin b, vitamin c, zat besi, kalsium, fosfor, dan lemah baik. Tetapi Anda jangan terlalu sering mengonsumsi buah ini karena jika sering bisa membuat Anda terkena penyakit lainnya, yaitu darah tinggi.

Wortel

Wortel juga termasuk salah satu Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol. Selain wortel baik untuk mata, wortel juga bisa menurunkan kolesterol Anda. Karena wortel mengandung selulosa, hemiselulosa, dan lignin sehingga membuat kolesterol menurun. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus wortel supaya lebih enak dinikmati. Wortel bisa di tanam di rumah jika Anda suka bercocok tanam jika tidak bisa membelinya di pasar.

Terong

Siapa sih yang tidak tahu ke terong? Semua orang mungkin tahu dengan yang satu ini. Terong bisa di konsumsi saat makan bersama dengan sambal, sekarang sudah banyak produk yang berbahan terong karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang enak terong juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Karena terong mengandung antioksidan, kalsium, fosfor, kalsium, zat besi, zink, mangan, dan lainnya yang membuat kolesterol menurun.

Angkak

Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol selanjutnya adalah angkak. Karena di dalam angkak ada kandungan yang di percaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Tetapi, tidak semua angkak mengandung kandung tersebut. Jadi jika ingin menurunkan kolesterol konsumsi angkak. Selain untuk menurunkan kolesterol angkak juga bisa digunakan untuk obat demam dengue dan demam berdarah dengue.

Apel

Selanjutnya adalah buah apel. Selain rasanya yang enak di makan secara langsung maupun di olah lebih dulu. Apel juga bisa menurunkan kolesterol Anda. Karena di dalam apel ada kandungan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol makan apel setiap hari 1 buah karena itu sangat membantu. Anda bisa menyetok persediaan buah apel sebanyak – banyaknya untuk di konsumsi setiap harinya.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Daun Salam

Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol ini juga sangat tidak asing bagi Anda karena termasuk rempah – rempah dapur. Cara mengonsumsinya pun juga mudah, yaitu dengan merebus air lalu tambahkan sepuluhdaun salam.Jika Anda menginginkan manfaat daun salam secara optimal. Sebaiknya Anda meminum air daun salam ini setiap hari. Selain untuk menurunkan kolesterol daun salam juga bisa mencegah  penyakit stroke.

Kayu Manis

Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol karena di dalamnya mengandung kalsium, serat, danmineral. Selain untuk menurunkan kolesterol, kayu manis juga bisa mencegah Anda terkena penyakit jantung. Dan juga kayu manis cocok untuk sistem pencernaan dan usus Anda.

Demikianlah artikel yang berjudul Kenali Tumbuhan Herbal untuk Kolesterol Sejak kini yang saya buat. Untuk bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan juga bisa mengenal apa saja tumbuhan yang bisa di konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Memang mungkin sulit untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan kolesterol. Tetapi, jika tidak di hindari itu berarti Anda menyakiti diri Anda sendiri. Marilah dari sekarang kita semua jaga makanan untuk terhindar dari penyakit kolesterol.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *