14 Kegunaan Buah Apel untuk Kesehatan, Termasuk untuk Ibu Hamil

sumbersehat.com – Kegunaan apel tentu sangat banyak, terutama bagi kesehatan tubuh. Apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan gizi dengan rasa lezat dan juga aromanya yang khas. Sehingga, tidak heran jika banyak orang menyukainya. Apel juga bisa dimanfaatkan dalam beberapa sajian seperti jus, salad buah dan lain sebagainya.

Sebagaimana kita tahu kegunaan apel sebagai asupan vitamin C sudah diketahui orang sejak zaman dahulu. Selain itu, tingginya kadar antioksidan dalam buah lezat ini juga sudah banyak diteliti untuk dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Termasuk, dalam ulasan berikut ini mengenai ragam manfaat buah apel untuk kesehatan.

kegunaan apel
kegunaan apel

Inilah Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Kegunaan apel untuk kesehatan memang banyak. Karena buah kaya khasiat ini sudah menjadi sahabat pengobatan holistic sejak lama. Namun, dari sekian banyak kegunaannya, berikut ulasan dari beberapa manfaatnya yang luar biasa:

1. Meningkatkan Kesehatan Otak


Kegunaan apel untuk kesehatan otak telah dibuktikan melalui jurnal yang diaplikasikan di experimental Biology and Medicine, quercetin. Jurnal tersebut menyebutkan bahwa salah satu antioksidan yang terdapat pada buah apel dapat mengurangi risiko kematian sel saraf.

Manfaat apel lainnya juga disebutkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal Of Alzheimer Disease. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa asupan buah apel secara rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin di otak. Sehingga mampu memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko terjadinya alzheimer.

2. Mengurangi Risiko Kanker Payudara


Kanker payudara bisa terjadi disebabkan beberapa faktor. Namun, mengonsumsi buah apel setiap harinya akan menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Kegunaan apel untuk kesehatan payudara telah melalui beberapa penelitian. Sandingkan buah apel sebagai pelengkap makanan Anda setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal dalam jangka panjang. Selain kaya akan serat, juga bagus untuk pencegahan kanker.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Selanjutnya, manfaat apel yaitu untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya berlubang. Ketika Anda mengonsumsi buah apel merah, kandungan serat dan anti bakteri di dalamnya dapat menyingkirkan bakteri dan virus. Selain itu, mengonsumsi buah apel juga bisa merangsang pengeluaran air liur sehingga mengurangi produksi bakteri di dalam mulut.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C di dalam buah apel bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kegunaan apel sebagai daya tahan tubuh dapat menjaga Anda dari serangan berbagai macam penyakit. Sebab dalam buah apel berukuran sedang mengandung vitamin C sebesar 8 miligram, dan mampu memenuhi 14% kebutuhan harian Anda akan vitamin C yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh.

Apel merah maupun hijau, keduanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sehingga, bisa dipilih untuk dikonsumsi tergantung ketersediaan dan selera. Jadi, jangan ragu untuk konsumsi apel demi daya tahan tubuh lebih baik lagi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kegunaan apel untuk menjaga kesehatan mata dipercaya sebab kandungan vitamin A di dalamnya. Kandungan vitamin A di dalam apel tidak begitu banyak dan tidak pula sedikit. Apabila Anda rutin mengonsumsinya setiap hari, maka manfaat tersebut akan dirasakan. Lagi pula terlalu banyak asupan vitamin A bisa membuat sel-sel tulang menjadi rusak, jadi meski hanya sedikit tapi sudah mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A.

6. Sumber Energi Tubuh

Buah apel juga sebagai sumber energi tubuh. Ketika Anda memiliki aktivitas yang padat, asupan energi bagi tubuh sangat diperlukan. Anda bisa memenuhi asupan energi dengan rutin mengonsumsi buah apel. Kandungan vitamin B1 pada apel berguna untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Nah, itulah kegunaan apel sebagai penambah energi harian Anda. Hal ini dicirikan dari rasa manis yang artinya ada karbohidrat di sana.

7. Meningkatkan Kesehatan Jaringan Tubuh

Kandungan apel juga dipercaya untuk memperbaiki jaringan tubuh. Hal tersebut karena kandungan vitamin C pada buah apel berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Di antaranya yaitu kulit yang mudah rusak, sebab kondisi lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sedangkan vitamin E di dalam buah apel berguna untuk mempercantik kulit.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kegunaan apel, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena kandungan quercetin di dalam apel membantu mencegah pembekuan darah. Selain itu juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri yang menyebabkan serangan jantung. Quercetin juga mempunyai efek anti-inflamasi yang berfungsi menyembuhkan radang di arteri.

9. Turunkan Risiko Diabetes

Kegunaan apel untuk diabetes bisa Anda rasakan, karena buah apel bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Untuk mencegah terjadinya diabetes, konsumsilah apel merah setidaknya tiga kali dalam seminggu. Selain itu, jenis karbohidratnya juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, sehingga tetap aman.

Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Tak hanya bagi orang biasa, ternyata khasiat apel bagi ibu hamil cukup banyak. Maka disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah apel secara rutin. Karena ragam manfaatnya bisa digunakan oleh ibu hamil, sebagaimana dalam ulasan berikut ini.

1. Mencegah atau Mengatasi Kram Kaki

Terjadinya perubahan hormon, kenaikan berat badan serta kurangnya asupan mineral bisa menyebabkan ibu hamil rentan mengalami kram kaki. Kegunaan apel bagi ibu hamil, yaitu dapat mengatasi keluhan tersebut. Hal ini karena buah apel mengandung berbagai mineral penting, seperti kalsium, kalium dan magnesium.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Ketika hamil, volume darah meningkat hingga 45%, sehingga ibu hamil membutuhkan asupan cairan dan kalium lebih banyak. Sehingga, buah apel bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalium pada ibu hamil. Apel mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

3. Mengurangi Risiko Cacat Saat Lahir

Kegunaan apel untuk mencegah risiko janin cacat, yaitu dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan folat harian. Asupan folat sangat penting bagi ibu hamil. Kebutuhan folat yang tercukupi selama kehamilan terbukti menurunkan risiko bayi terlahir cacat, seperti spina bifida dan anensefalus.

4. Mengurangi Risiko Anak Terkena Asma dan Alergi

Khasiat apel selanjutnya yaitu mengurangi risiko anak terkena asma dan alergi. Berdasarkan sebuah studi, anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan, berisiko rendah terkena asma dan alergi. Hal tersebut karena kandungan polifenol, seperti flavonoid pada kulit apel yang mengandung aktivitas antioksidan.

Nutrisi dengan sifat antioksidan mempunyai kemampuan mengatur sistem imun. Sehingga kegunaan apel bagi ibu yang sedang hamil dapat mencegah terjadinya asma dan alergi. Bagi ibu hamil, jadikan buah apel sebagai camilan sehat. Jangan lupa mencucinya terlebih dahulu sebelum dimakan.

5. Mencegah Sembelit Pada Ibu Hamil

Biasanya ibu hamil rentan mengalami sembelit. Nah, manfaat apel juga dapat mengatasi atau mencegah terjadinya sembelit saat Anda sedang hamil. Hal tersebut karena tingginya kandungan serat pada buah apel, sehingga baik untuk saluran pencernaan. Bagi ibu hamil, sebaiknya penuhi kebutuhan serat harian untuk mencegah terjadinya sembelit.

Itulah kegunaan apel bagi kesehatan janin dan ibu. Selain mengonsumsi buah apel, bagi ibu hamil sebaiknya juga memenuhi asupan gizi dengan sayur dan makan bergizi lainnya. Agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi secara baik. Demikian kegunaan apel yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini memberi manfaat. Salam sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *