5 Kegiatan Pagi Hari untuk Ibu Hamil Paling Disarankan Oleh Dokter dan Ahli Kesehatan

Olahraga di pagi hari memang disarankan untuk semua kalangan baik itu anak kecil, dewasa hingga lansia. Terlebih lagi bagi ibu hamil, lantas kegiatan pagi hari untuk ibu hamil apa saja yang disarankan?

Namun, sebelum kita membahas ke inti pembahasannya. Tahukah Anda apakah aktivitas ibu hamil harus diisi dengan istirahat atau bergerak? Dilangsir dari situs kesehatan dunia, aktivitas ibu hamil harus di sesuaikan dengan kondisi tubuhnya.

Jika ibu hamil sering merasakan kelelahan baiknya istirahat dengan cukup adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika kehamilan dinyatakan normal, sehat secara fisik dan dalam kondisi yang prima maka bumil bisa tetap beraktivitas. Namun, tetap dan frekuensi normal ya.

Dikutip dari situs kesehatan studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwasanya olahraga dengan teratur tidak hanya baik untuk ibu hamil namun juga baik untuk janin yang dikandungnya. Perlu diketahui bayi yang lahir dari ibu yang aktif semasa kehamilannya memiliki detak jantung yang lebih stabil.

A. Manfaat Tetap Aktif Bergarak Selama Kehamilan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat kegiatan pagi hari untuk ibu hamil. Simak dengan baik ya agar tetap produktif meskipun saat hamil, berikut ini adalah manfaatnya :

  • Meringkan beberapa gejala yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil seperti sembelit dan sakit punggung
  • Bisa meningkatkan pasokan oksigen bagi ibu hamil dan janin
  • Bisa mengatasi cemas dan stres
  • Membantu lebih cepat pulih setelah melahirkan
  • Membuat lebih segar meski saat hamil tua
  • Mencegah strecth mark atau pembekuan darah dan varises
  • Membantu membuat anda lebih tidur nyeyak, sehingga terhindar dari rasa kantuk di siang hari
  • Mengurangi risiko diabetes

B. Tips Agar Tetap Aktif Semasa Kehamilan

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaatnya diatas. Tentunya, bunda merasa lebih semangat bukan untuk beraktivitas meskipun saat hamil. Jadi, tips apa saja agar tetap aktif semasa kehamilan?

Bagi ibu hamil anda tidak perlu pergi ke tempat gym ataupun kelas tertentu untuk menjaga tubuh tetap bugar. Yang perlu bunda lakukan hanya melakukan perubahan kecil di setiap aktivitasnya.

Bunda bisa memulai dengan berjalan kaki selama 15 menit 3 kali dalam seminggu. Jika berjalan selama 15 menit sudah terbiasa, bunda bisa meningkatkan 30 menit 5 kali dalam seminggu. Namun, jika hal ini cukup sulit dilakukan, cari cara lain yang lebih sederhana.

Yang terpenting dalam setiap aktivitas adalah membuat jantung berdetak lebih cepat. Misalnya, bunda bisa menggunakan tangga untuk naik turun ketimbang menggunakan lift dirumah ataupun ditempat kerja.

C. Yang Harus Diperhatikan Bagi Ibu Hamil Saat Ingin Berolahraga

Dan jika bunda ingin berolahraga saat hamil, berikut ini harus diperhatikan antara lain;

  • Periksalah kesehatan bunda dan janin jika ingin memulai olahraga baru
  • Berhenti jika ada bagian yang terasa sakit
  • Hindarai cuaca yang terlalu panas
  • Minum banyak air

D. Olahraga yang disarankan untuk Ibu hamil

Selain ada beberapa jenis kegiatan pagi hari untuk ibu hamil, juga ada sejumlah olahraga memang ada yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Namun, ada beberapa aktivitas yang disarankan untuk ibu hamil. Menjaga kesehatan saat masa kehamilan tidak hanya baik bagi ibu hamil melainkan juga baik bagi janin.

Melakukan Yoga

Melakukan yoga waktu hamil dapat mengurangi kekhawatiran yang sering dirasakan oleh bumil terlebih yang memiliki kandungan bayi pertama kali. Gerakan dalam yoga yang tidak begitu berat menjadi faktor mengapa aktivitas fisik ini dianjurkan untuk bumil.

Lakukan Yoga 30 menit, 2 kali dalam satu minggu menurut dokter kandungan dapat kurangi ketegangan untuk bumil, menjaga mood serta membuat lancar proses persalinan. Janin yang dikandung juga menjadi lebih bahagia persaaanya.

Senam yophytta

Senam yophytta merupakan gabungan dari beberapa olahraga dari yoga, pilates, dan tai chi. Olahraga ini bisa meningkatkan kekuatan memikir positif dan menghilangkan depresi serta menjaga konsistensi emosi pada bumil.

Berjalan kaki

Salah satu jenis kegiatan pagi hari untuk ibu hamil adalah dengan berjalan kaki. Meskipun sederhana, aktivitas fisik ini benar-benar bagus untuk kesehatan ibu hami. Menurut dokter kandungan, usahakan berjalan kaki selama 15-30 menit, 3x dalam satu minggu bisa menjadi latihan yang pas untuk kesehatan jantung janin yang dikandung.

Meskipun begitu, ada juga wanita yang mengalami bengkak dibagian kaki apabila terlalu banyak berjalan, jika hal ini terjadi pada anda sebaiknya mengurangi durasi berjalan agar tidak ada hal – hal yang tidak di inginkan.

Pilates

Waktu hamil beberapa ibu hamil sering merasakan ngilu atau kram dibagian perut. Dengan melakukan pilates dengan teratur, bumil dapat mengurangi sakit otot perut, ngilu punggung, serta membantu memperlancar proses persalinan.

Senam kegel

Senam kegel diketahui bisa menguatkan otot-otot dasar panggul. Dokter kandungan menjelaskan, waktu hamil badan menghasilkan hormon yang disebut relaksin sepanjang kehamilan. Hormon ini bisa melemaskan sendi serta ligamen yang membuat proses kelahiran lebih gampang.

Renang

Kegiatan Pagi Hari untuk Ibu Hamil selanjutnya adalah berenang. Berenang adalah langkah terbaik untuk mengurangi resiko kecelakaan waktu hamil. Menurut dokter kandungan, dorongan di air memberikan kemudahan bagi bumil untuk bergerak.

E. Olahraga Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Tetap berolahraga meskipun saat hamil merupakan hal positif yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi ibu maupun janin dalam kandungan.

Bagi ibu yang sedang hamil, olahraga dapat membuatnya tidur yang lebih nyanyak, memiliki daya tahan tubuh lebih kuat, dan suasana hati yang lebih tenang.

Namun terdapat beberapa olahraga yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Apa saja olahraga yang dimaksud? Berikut diantarnaya :

Olahraga berat dan kasar

Olahraga yang berat serta kasar seperti sepak bola, bola basket, dan bulu tangkis mempunyai resiko tinggi pada kandungan Anda. Jauhi olahraga ini sesudah trimester pertama dan saat perut Anda mulai membesar.

Olahraga yang memerlukan keseimbangan

Resiko lebih besar dibanding manfaat saat Anda melakoni kegiatan yang memerlukan banyak keseimbangan, seperti ski dan menunggang kuda. Bahkan juga bersepeda pun cukup beresiko bila Anda sulit untuk menyeimbangkan perut Anda.

Sesudah kehamilan di minggu 12 atau 14, lakukan mengayuh di sepeda stasioner yang tidak memerlukan keseimbangan. Jika Anda mengendarai sepeda untuk transportasi, konsultasilah sama dokter mengenai bagaimana untuk menjaga diri dan bayi Anda supaya selalu aman.

Olahraga yang memaksa mendorong atau menarik

Menggerakkan suatu hal bisa meningkatkan performa atletik, tapi saat Anda sedang hamil, hal itu bisa mengurangi saluran darah ke rahim Anda. Sepanjang olahraga, misalkan Anda harus bisa menyanyikan 1 perputaran lagu yang simpel tiada kekurangan napas. Jika Anda tidak bisa, itu berarti Anda mendorong begitu keras, dan beresiko untuk kehamilan Anda.

Itulah beberapa kegiatan pagi hari untuk ibu hamil yang bisa diterapkan. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh anda dengan mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil serta makanan yang tidak disarankan. Olahraga bagi ibu hamil ini memang sangat dibutuhkan, namun dalam porsi yang harus dibatasi.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *