Berikut Ini 7 Kebiasaan untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Sumbersehat.com – Memelihara kesehatan jantung merupakan suatu keharusan. Mengingat, jantung adalah organ terpenting bagi manusia, maka anda harus bisa membuatnya tetap sehat. Mengkonsumsi buah-buahan memang dapat menjadikan jantung sehat. Apalagi seiring bertambahnya usia.

Memiliki jantung yang sehat tentulah menjadi dambaan semua orang. Namun untuk mewujudkannya tidak bisa serta merta begitu saja tanpa adanya suatu usaha. Makan buah saja tentu tidak cukup, Anda perlu melakukan kebiasan-kebiasaan lainnya. Berikut kebiasan-kebiasan untuk memelihara kesehatan jantung!

Inilah Kebiasan-kebiasaan Untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Lakukan kebiasaan-kebiasaan ini sebagai usaha untuk menjaga kesehatan jantung, diantaranya :

Berolahragalah Secara Teratur

Kebiasaan untuk memelihara kesehatan jantung adalah berolahraga rutin. Jantung merupakan otot yang perlu dilatih secara teratur. Jika hal ini dilakukan maka menjadikan jantung menjadi kuat dan juga sehat. Para peneliti menganjurkan agar kita melakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggunya.

Baca juga : Ketahui 5 Cara Menghilangkan Benjolan di Kepala Belakang Sendiri di Rumah

Atau jika dirata-rata perhari adalah sekitar 10-20 menit. Banyak olahraga yang dapat dilakukan untuk menjadikan jantung lebih sehat, di antaranya yaitu berlari, bersepeda maupun berenang. Selain berolahraga fisik seperti di atas, jangan lupa untuk menyempatkan diri melakukan yoga ataupun tai chi.

Hal ini dapat membantu Anda untuk dapat fokus terhadap pernapasan, menenangkan pikiran sekaligus dapat menenangkan pikiran. Pilih jenis olahraga yang anda inginkan untuk menjaga kesehatan jantung dan organ lainnya.

Biasakan Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Jadikanlah sayur maupun buah menjadi menu wajib Anda dan itu makanan yang baik untuk penyakit jantung. Atau sebagai alternatifnya, Anda dapat menjadikan buah-buahan sebagai camilan yang bergizi. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi.

Hal ini dapat melindungi darah dari kolesterol, tekanan darah tinggi sekaligus gula darah tinggi. Jika Anda menjadikan sayur dan buah sebagai menu wajib untuk menjaga kesehatan jantung, maka anda bisa lebih sehat dan bugar.

Jagalah Kebersihan Gigi Anda

Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu indikator yang baik untuk kesehatan keseluruhan, termasuk organ jantung Anda. Orang-orang yang memiliki periodontal (penyakit gusi) biasanya cenderung berisiko memiliki penyakit jantung. Jadi, jika ingin memelihara kesehatan jantung, maka jasa kesehatan gigi.

Para peneliti mengungkapkan bahwasanya bakteri di mulut yang dapat menyebabkan penyakit gusi dapat berpindah ke aliran darah. Hal ini menyebabkan peningkatan pada protein C-reaktif sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, bahkan stroke.

Tidurlah yang Cukup

Selanjutnya, kebiasaan untuk menjaga kesehatan jantung adalah tidur dengan cukup. Ketika seseorang tidur dengan cukup, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Orang-orang yang memiliki jantung yang sehat, mereka cenderung memiliki jantung yang sehat.

Seseorang yang tidur kurang dari enam jam setiap malamnya, memiliki resiko untuk terkena stroke maupun serangan jantung dua kali lipat. Jadi pastikan waktu tidur Anda cukup untuk memelihara kesehatan jantung Anda. Idealnya, seseorang memiliki waktu tidur yang cukup antara 7-8 jam setiap malam.

Perhatikan Waktu Duduk Anda

Mengatur waktu duduk juga termasuk kebiasaan untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam hal ini, sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang duduk dalam waktu lama tidak baik untuk kesehatan. Meskipun Anda adalah orang yang rajin berolahraga.

Baca juga : Pengertian, Penyebab dan Ciri-Ciri GERD Kambuh!

Seseorang yang terlalu lama duduk atau sering disebut menjalani hidup sedentary, berisiko terserang penyakit jantung 147% dan meningkatkan kematian sebesar 90%. Hal ini sangat serius sekali untuk diperhatikan.

Berhentilah Merokok

Di dalam bungkus rokok, sering kita temui akibat dari seseorang yang merokok. Yaitu dapat menyebabkan kanker, impotensi bahkan serangan jantung. Kalau anda ingin memelihara kesehatan jantung, maka berhentilah merokok. Dengan berhenti merokok, anda pun bisa membuat keluarga anda lebih sehat karena terhindar dari asap rokok.

Batasi asupan makanan berkolesterol

Terakhir, anda harus membatasi asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Langkah ini dapat menjaga kesehatan jantung anda. Karena jika kolesterol dalam darah normal, maka pembuluh darah anda tidak akan tersumbat dan jantung pun tidak bekerja lebih keras. Jadi, itu bisa menghindarkan anda dari penyakit jantung.

Mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang membuat jantung sehat sangatlah penting. Maka dari itu, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat untuk memelihara kesehatan jantung anda. Selain itu, rutin melakukan cek kesehatan jantung juga bisa membuat anda umur panjang.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *