14 Kandungan Pisang dan Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

sumbersehat.com – Kandungan pisang perlu Anda ketahui karena ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, lho. Buah bercita rasa manis ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya khasiat. Ada beberapa jenis pisang yang biasa kita temui seperti pisang raja, pisang susu, pisang kepok, dan pisang ambon. Buah pisang bisa dimakan langsung atau dijadikan olahan baik makanan maupun minuman.

Tekstur yang padat namun lembut menyebabkan pisang cocok digunakan sebagai pengganjal lapar. Pisang tumbuh dengan baik di Indonesia sehingga buah ini termasuk paling banyak dikonsumsi. Berbagai tempat belanja mulai pasar tradisional hingga swalayan besar mempunyai komoditas dagang berupa buah pisang, tentu dengan harga variatif.

kandungan pisang
pisang

Inilah Kandungan Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi Anda pecinta buah pisang sungguh beruntung sebab Anda menikmati makanan lezat sambil memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Nah, bagi Anda yang kurang menyukai pisang, yuk, simak ulasan di bawah agar Anda berubah pikiran. Banyak sekali kandungan pisang yang perlu Anda ketahui.

Nutrisi yang dikandung buah pisang terdiri dari beberapa zat yang berguna untuk metabolisme tubuh. Secara lebih rinci, dalam 126 gram pisang atau setara dengan satu buah pisang berukuran sedang terdapat kandungan sebagai berikut:

  1. Kalori total : 110 kal
  2. Karbohidrat : 30 gr
  3. Protein : 1 gr
  4. Vitamin A : 81 IU
  5. Vitamin B6 : 5 mg
  6. Vitamin C : 9 mg
  7. Potassium : 450 mg
  8. Manganese : 3 mg
  9. Serat : 3 gr
  10. Magnesium : 34 mg
  11. Folate : 25.0 mcg
  12. Iron : 3 mg
  13. Riboflavin : 1 mg
  14. Niacin : 8 mg

Setiap zat memiliki peran masing-masing bagi tubuh. Buah pisang tidak mengandung kolesterol, lemak, serta natrium sehingga tidak berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Agar lebih jelas, ini penjelasan mengenai kelebihan kandungan pisang.

Kelebihan Kandungan Pisang untuk Kesehatan

Adapun kelebihan dan manfaat kandungan nutrisi pisang adalah:

Kalori pisang termasuk rendah

Belakangan ini tren diet kalori cukup banyak dipakai untuk menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang sedang menjalani diet kalori, buah pisang bisa menjadi pilihan menu karena kandungan kalorinya yang rendah. Pisang sering ditawarkan sebagai makanan utama maupun snack pendamping dalam program diet kalori.

Pisang termasuk sumber karbohidrat yang baik

Asupan karbohidrat mempengaruhi kadar gula darah. Kenaikan kadar gula darah dapat memicu penyakit diabetes melitus. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kandungan karbohidrat pada makanan Anda agar gula darah terkendali. Karbohidrat dalam kandungan pisang bisa dipilih sebagai sumber karbo yang aman untuk tubuh.

Mengonsumi pisang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Tubuh mencerna pisang secara perlahan sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat. Makanan jenis ini menghasilkan rasa kenyang lebih lama jika dibandingkan makanan dengan karbohidrat yang mudah berubah menjadi gula darah.

Pisang termasuk buah tinggi protein

Protein termasuk nutrisi penting untuk memasok energi tubuh saat beraktivitas. Sumber protein nabati yang familiar di antaranya adalah tempe dan tahu. Namun ternyata, selain bahan-bahan tersebut, kandungan protein pisang termasuk tinggi lho. Anda bisa mulai mengonsumsi pisang untuk membantu mencukupi kebutuhan protein harian.

Kandungan protein pisang sebesar 1 gr dapat menyumbang total kebutuhan protein harian Anda. Lagi pula, protein nabati memiliki beberapa kelebihan dari pada protein hewani. Protein nabati dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, serta menjaga berat badan.

Pisang mengandung tinggi serat

Pada keterangan di atas tertulis pisang mengandung 3 gram serat. Jumlah ini termasuk tinggi untuk membantu memenuhi kebutuhan serat Anda. Ada beberapa peran serat bagi tubuh. Serat mampu melancarkan pencernaan sehingga menghindarkan Anda dari sembelit. Bukan hanya melancarkan, serat juga mampu mencegah terjadinya infeksi pada pencernaan.

Manfaat pisang lainnya adalah serat bisa mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolestrol. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti pisang memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, pola makan Anda dapat lebih terjaga.

Pisang memiliki kandungan zat besi

Selain nutrisi yang dipaparkan di atas, kandungan pisang lainnya adalah zat besi. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan kekurangan hemoglobin dalam darah. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab anemia. Oleh sebab itu, buah pisang baik untuk Anda yang menderita anemia.

Kandungan vitamin C pada buah pisang juga turut berperan dalam menyembuhkan anemia. Vitamin C dapat membantu menyerap zat besi yang berguna untuk pembentukan hemoglobin. Jenis pisang yang cocok dikonsumsi dengan tujuan menyembuhkan anemia adalah pisang ambon.

Kandungan magnesium pada pisang bermanfaat bagi kesehatan

Magnesium sebagai salah satu kandungan pisang memberikan banyak sekali manfaat. Kesehatan organ penting seperti jantung, otot, tulang, serta sistem metabolisme tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium. Kandungan magnesium dalam pisang sebesar 34 mg memenuhi hampir 10% kebutuhan magnesium harian Anda.

Pisang mengandung potasium untuk mengontrol tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit berbahaya lain seperti stroke. Kandungan pisang berupa potassium mampu membuang natrium berlebih dalam tubuh sebagai salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Tidak hanya mengontrol tekanan darah, asupan potasium yang tercukupi dapat menjaga kesehatan jantung.

Pisang merupakan buah dengan kandungan antioksidan tinggi

Antioksidan dalam kandungan pisang dikenal sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Tubuh Anda terpapar radikal bebas dari berbagai sumber seperti polusi dan pestisida yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

Zat antioksidan yang dikandung pisang cukup tinggi sehingga bisa membersihkan tubuh Anda dari radikal bebas. Tetapi perlu diingat Anda harus memilih pisang alami tanpa sentuhan pestisida agar khasiatnya maksimal.

Kandungan pisang bisa mencegah penuaan dini

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kandungan pisang juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Penuaan dini menjadi salah satu momok bagi usaha Anda menjaga kecantikan. Munculnya keriput, flek hitam, dan kulit menjadi kendur merupakan pertanda wajah Anda mengalami penuaan dini. Buah pisang bisa menjadi solusi atas permasalahan ini.

Kandungan Vitamin B6 dan vitamin C pada pisang mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Buatlah masker pisang dengan cara menghaluskan daging pisang secukupnya. Kemudian tambahkan satu sendok teh yogurt plain dan satu sendok teh jeruk. Aplikasikan masker pisang rutin seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Kulit pisang bisa menghilangkan jerawat

Ternyata, kandungan pisang tidak hanya ditemukan pada dagingnya tetapi juga kulitnya. Anda patut mencoba manfaat kulit pisang untuk jerawat. Kulit pisang mengandung zat anti inflamasi dan antiseptik yang mampu menghilangkan jerawat.

Agar Anda mendapatkan manfaat kulit pisang untuk jerawat, usap sambil pijat wajah yang berjerawat menggunakan kulit pisang bagian dalam. Biarkan selama 20 menit sebelum membersihkannya dengan air bersih.

Itulah berbagai kandungan pisang untuk kesehatan dan kecantikan. Mulailah hidup sehat dengan makan pisang secara rutin tapi jangan berlebihan. Selamat mencoba, ya. Tetaplah simak artikel-artikel sumbersehat.com untuk mendapatkan beragam info terupdate tentang kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *