7 Kandungan Gizi Tauge Paling Bermanfaat, Jarang Orang Tahu

Semua orang tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya tauge. Jenis sayuran satu ini sering dijumpai di berbagai menu masakan. Rasanya memang hambar apabila dimakan mentahan, tetapi saat sudah dimasak akan menimbulkan sensasi sangat unik. Selain itu, ada banyak sekali kandungan gizi tauge yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Melalui berbagai gizi dan nutrisi yang dimiliki oleh tauge, setiap orang bisa hidup sehat dengan cara yang mudah. Proses pengolahannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dimakan mentah, ditumis, ataupun direbus, semuanya bisa dipilih sesuai dengan selera. Hal yang terpenting, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam proses mengonsumsi tauge, sangat dianjurkan dalam jumlah yang sedang saja. Pasalnya apabila terlalu banyak memakan jenis sayur satu ini juga akan membuat tubuh menjadi kurang bagus. Tauge yang dikonsumsi berlebih akan membuat selera makan menjadi menurun.

Macam Kandungan Gizi Dalam Tauge

Di luar cara memasaknya yang sangat beragam, tauge memiliki kandungan gizi yang sangat kaya akan manfaat. Sumber protein nabati yang terkandung di dalamnya ternyata mampu menghasilkan mineral ataupun vitamin yang melimpah.

Memang gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam tauge bisa dibilang sangat banyak. Hal ini karena tauge masuk dalam jenis kacang-kacangan. Meski begitu, semua varian tauge memiliki manfaat yang sangat kaya. Umumnya yang paling sering dijumpai adalah tauge dari kacang hijau.

Dilansir dari Departemen Pertanian AS (USDA), pada ukuran satu mangkuk tauge mengandung nutrisi yang sangat kompleks. Beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Lemak: 0,2
  • Karbohidrat: 6,2g
  • Gula: 4,3g
  • Kalori: 31
  • Sodium: 6.2 mg
  • Protein 3.2g
  • Serat: 1.9g

Rincian Kandungan Gizi Tauge

Setelah mengatahui betapa kompleksnya kandungan gizi dan nutrisi di dalam tauge, saatnya untuk mengetahui detail dari kandungan tersebut. Mengetahui tentang apa saja kandungan gizi tauge akan sangat mengedukasi siapapun untuk tidak menyepelekan jenis sayuran satu ini.

Meskipun ukurannya kecil dan rasanya hambar, tetapi ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dan belum tentu bisa di dapatkan dari tempat lainnya. Untuk itu langsung saja simak beberapa manfaat kandungan gizi yang terdapat di dalam tauge.

Karbohidrat

Karbohidrat bisa menjadi salah satu sumber tenaga di dalam tubuh asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dalam satu mangkuk kecil tauge terkandung karbohidrat sebesar 6,2g. Artinya tidak terlalu banyak gula yang terkandung di dalamnya sehingga risiko terkena diabetes ataupun reaksi insulin akan sangat rendah.

Lemak

Di dalam kandungan gizi sayur ini memang terdapat lemak, tetapi kali ini bukan lemak jahat seperti pada gorengan. Sedikit lemak yang terdapat pada sayur satu ini tetap baik dikonsumsi tubh dan tidak akan membuatnya gemuk. Tentunya, dalam satu kali konsumsi juga tidak mungkin memakan tauge dalam jumlah sangat banyak.

Protein

Seluruh keluarga kacang-kacangan memang memiliki kandungan protein sangat melimpah. Hal ini juga berimbas pada kandungan gizi tauge yang memang sangat banyak proteinnya. Protein tersebut nantinya akan sangat bagus dalam meningkatkan kadar imun di dalam tubuh.

Vitamin dan Mineral

Secara umum, selain lemak, karbohidrat, dan protein, masih ada kandungan gizi tauge berupa vitamin dan mineral. Keduanya merupakan sumber nutrisi yang cukup penting untuk tubuh. Untuk bisa mendapatkan vitamin dan mineral yang maksimal di dalam tauge, bisa mengonsumsi sebanyak 100 gram.

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan

Melalui kandungan gizi tauge, terdapat banyak manfaat yang siap membuat tubuh menjadi sehat. Meskipun ada orang masih menganggap remeh jenis sayuran kecil ini, manfaat di dalamnya tidak akan pernah bisa dipungkiri. Baik diolah mentah ataupun dimasak terlebih dahulu, tauge tetap kaya akan kandungan manfaat.

Berikut ini akan diulas apa saja manfaat yang dimiliki oleh tauge. Setidaknya terdapat 9 manfaat utama yang bisa dinikmati oleh setiap orang.

Antioksidan

Kandungan vitamin yang paling banyak terdapat di dalam tauge adalah jenis vitamin E. Fungsinya adalah sebagai antioksidan yang siap menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, adanya kandungan vitamin E yang melimpah juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan para pria.

Menurunkan Berat Badan

Jika bingung memilih menu diet yang tetap nikmat, maka sangat disarankan untuk memilih jenis sayuran satu ini. Kandungan gizi tauge yang sangat rendah kalori membuatnya aman dikonsumsi meski dalam jumlah banyak. Menariknya, tauge juga dapat menghambat keinginan tubuh untuk makan berlebih.

Meningkatkan Kesuburan

Perlu diketahui bahwa manfaat toge mentah untuk promil akan sangat maksimal apabila dikonsumsi dengan cara yang benar. Tauge yang dikonsumsi memang harus mentah, tentunya setelah dicuci dengan bersih. Selain meningkatkan kesuburan, memakan tauge mentah juga mampu menetralkan tubuh dari penyakit.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Di dalam kandungan gizi tauge, terdapat zat besi yang siap menyuplai darah sehat ke dalam tubuh. Penyerapan zat besi secara optimal akan membuat produksi sel darah merah semakin meningkat. Hasilnya, sirkulasi darah menjadi lancar tanpa adanya hambatan.

Melancarkan Pencernaan

Apabila memiliki permasalahan terkait pencernaan, mengonsumsi tauge bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hal ini karena kandungan gizi dalam tauge berupa serat yang cukup banyak saat mengonsumsi sekurang-kurangnya 100g. Serat tersebut akan secara langsung merangsang bagian asam lambung agar bisa lancar mencerna.

Meningkatkan Fungsi Jantung

Belum banyak orang mengetahui apabila tauge merupakan sumber asam lemak omega-3. Secara umum, omega-3 mampu menyaring kolesterol jahat di dalam darah dan membuangnya ke dalam sistem pencernaan. Tidak hanya itu, ada juga sedikit kandungan kalium yang siap melebarkan pembuluh darah agar tekanan darah stabil.

Meningkatkan Imun

Aktivitas seharian yang padat sangat berpotensi membuat tubuh menjadi lelah. Akhirnya sistem imun menjadi turun dan peluang penyakit masuk semakin tinggi. Cara mengatasi paling sederhana adalah dengan mengonsumsi setidaknya 100g tauge tiap harinya. Dengan begitu, penyerapan vitamin A akan sangat maksimal.

Mengatasi Masalah Jerawat

Mungkin banyak yang tidak percaya apabila tauge mampu menjadi solusi dari masalah jerawat. Manfaat toge untuk jerawat terwujud karena di dalamnya terdapat kandungan omega-3 dan vitamin B. Keduanya kandungan nutrisi tersebut akan secara alami mengempeskan jerawat dan membuatnya hilang perlahan.

Menyeimbangkan Hormon

Manfaat kandungan gizi di dalam tauge selanjutnya adalah mampu menyeimbangkan hormon. Kemampuan tauge dalam meningkatkan kapasitas hormon testosteron dan menurunkan estrogen sangatlah bagus dan jarang dimiliki oleh jenis sayuran lainnya. Menariknya, gairah seks juga bisa meningkat drastis dengan mengonsumsi tauge.

Demikianlah beberapa kandungan gizi tauge yang sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Melalui berbagai kandungan gizi yang dimiliki, tauge dapat bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh. Selama mengonsumsinya dalam kondisi tauge yang segar dan bersih, baik dimakan mentah ataupun dimasak, kandungan manfaat di dalamnya tetap maksimal.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *