Kandung 7 Manfaat Tanaman Herbal untuk Jantung, Ini Manfaat Lain Konsumsi Teh Herbal Kulit Manggis

Kandung 7 manfaat tanaman herbal untuk jantung, ini manfaat lain konsumsi teh herbal kulit manggis. Jantung adalah organ yang harus dijaga kesehatannya. Hal ini karena jantung memiliki tugas penting untuk menyalurkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Jika ada kerusakan atau masalah pada jantung, maka akan dapat menimbulkan gangguan yang serius pada tubuh.

Banyak hal yang dapat menjadi sebab munculnya serangan jantung. Di antaranya ialah terhambatnya aliran darah ke otot jantung. Kondisi tersebut dapat diakibatnkan karena adanya menumpuk kolestrol yang membentuk plak pada pembuluh darah. Kondisi tersebut bisa lebih buruk lagi jika dalam pembuluh darah tersebut muncul gumpalan darah yang akan menghambat proses penyaluran darah ke jantung.

Serangan jantung dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Cara ini dilakukan dengan mempertimbangkan jenis makanan, jumlah makanan, dan jadwal makannya. Selain itu, gaya hidup sehat juga dilakukan dengan rutin berolahraga, hindari kebiasaan buruk seperti merokok atau minum-minuman beralkohol. Sebaliknya, anda diperbolehkan untuk konsumsi minuman yang kandung manfaat tanaman herbal untuk jantung, salah satunya adalah dari kulit manggis.

manfaat tanaman herbal untuk jantung
manfaat tanaman herbal untuk jantung

Kandungan Kulit Manggis yang Baik untuk Kesehatan

Manggis, buah yang memiliki nama latin Garcinia mangostana L. kini bukan hanya dikenal karena daging buahnya yang manis dan lembut, namun juga berbagai khasiat yang dikandung kulit buahnya. Ini karena di balik kulitnya yang keras, rupanya terkandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Ekstrak dari kulit manggis ini dapat dijadikan sebagai obat herbal yang efektif untuk sembuhkan berbagai penyakit.

Ekstrak kulit manggis mengandung xanthone yang bersifat antiradang, antidiabetesm antikangkerm hepatoprotektif, peningkat sistem imun tubuh, dan lain sebagainya. Sifat inilah yang membuat banyak orang sayang untuk membuang kulit manggis setelah dikonsumsi daging buahnya. Meski memiliki rasa yang sepat dan sedikit pahit, pengonsumsinya akan tetap meminumnya demi dapatkan manfaat tanaman herbal untuk jantung dan manfaat-manfaat lainnya.

Manfaat Konsumsi Teh Kulit Manggis

Sudah bukan rahasia lagi jika kulit manggis yang keras dan berserat rupanya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan konsumsi ekstrak atau teh kulit manggis:

Jaga kesehatan jantung

Meski menyegarkan, manfaat manggis bukan ada pada daging buahnya, namun justru ada pada kulit buahnya yang keras dan memiliki rasa pahit itu. Karena itulah, jangan langsung membuang kulit manggis setelah anda menandaskan daging buahnya yang lembut dan berair itu. Sebab dalam kalit manggis mengandung manfaat tanaman herbal untuk jantung, salah satunya.

Ini karena dalam kulit manggis terkandung senyawa xanthones yang dapat memperlancar pembuluh darah. Cara kerjanya yakni dengan menyusutkan timbunan lemak pada darah yang jadi pemicu serangan jantung koroner. Sehingga bagi anda yang berisiko mengidap penyakit jantung sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak kulit manggis ini. Begitu pula untuk mencegah penyakit jantung kambuh kembali.

Cegah kangker

Bukan hanya dapat manfaat tanaman herbal untuk jantung, mengonsumsi teh atau ekstrak kulit manggis juga dapat tangkal radikal bebas yang bisa sebabkan kangker. Meski tidak bisa dikatakan jika kulit manggis dapat bunuh sel kangker, minum teh atau ekstrak kulit manggis ini bisa cegah kangker semakin berkembang. Antioksidan yang dikandungnya dapat cegah proliferasi sel kangker, dan mendukung hasil yang diberikan dari kemo maupun radioterapi.

Tingkatkan sistem imun tubuh

Manfaat minum teh kulit manggis berikutnya yakni dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ini dilakukan oleh senyawa-senyawa yang terkandung dalam ekstrak manggis ketika aktivitas fagositosis sel untuk membunuh bakteri dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam ekstrak kulit manggis juga akan membuat tubuh secara otomatis mengaktifkan sistem imun kapan saja saat tubuh menemukan zat-zat berbahaya. Oleh karena itu pula, ramuan herbal ini sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi yang sedang sakit maupun orang yang memiliki riwayat alergi dengan makanan, obat, atau cuaca tertentu. Sebab selain dapat manfaat tanaman herbal untuk jantung, ramuan herbal ini dapat percepat kesembuhan.

Atasi diabetes dengan kontrol gula darah

Kulit manggis juga dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat inilah yang dalam tubuh berperan sebagai pengontrol gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi ekstrak kulit manggis ini sangat disarankan bagi pengidap diabetes. Sebab, selain manfaat tanaman herbal untuk jantung, tanaman herbal yang satu ini juga baik dapat mengendalikan diabetes.

Sebagaimana orang dengan diabetes yang dianjurkan untuk menjalankan diet diabetes yakni dengan 3J: mengatur jenis makanan, jumlah makanan, dan jadwal makanan, pengidap diabetes juga dianjurkan untuk konsumsi obat herbal ini. Langkah ini dilakukan sebab selain gaya hidup sehat dibarengi dengan olahraga cukup, konsumsi manfaat tanaman herbal untuk kesehatan jantung ini dapat mencegah diabetes pada kondisi yang semakin buruk lagi.

Pembuang racun dalam tubuh

Manfaat kulit manggis berikutnya yakni dapay bantu tubuh menghilangkan racun yang dikandungnya. Penimbunan racun dalam tubuh dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari makanan yang dikonsumsi, pemrosesan pencernaan dalam tubuh yang tidak sempurna dan lain sebangainya. Nah, antioksidan yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis dapat bantu tubuh mengeluarkan racun-racun tersebut.

Zat berbahaya dalam tubuh tersebut nantinya akan dikeluarkan bersama dengan air seni. Sementara senyawa baik dalam ekstrak kulit manggis akan mengaktifkan lendir pada usus ketika zat-zat racun berbahaya bagi tubuh tersebut masuk ke usus. Fungsi inilah yang membuat selain manfaat tanaman herbal untuk jantung, ekstrak kulit manggis juga dapat cegah penyakit radang hingga kangker usus.

Tingkatkan kesehatan tulang

Manfaat kulit manggis berikutnya berguna untuk kesehatan tulang dan mata. Ini karena dalam kulit manggis mengandung kalsium yang berperan penting untuk jaga kepadatan tulang. Selain itu, teh herbal dari kulit manggis juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada anak-anak di usia pertumbuhan

Teh herbal yang memiliki rasa sepat dan sedikit pahit ini selain kandung manfaat tanaman herbal untuk jantung juga kandung vitamin A yang baik untuk kesehatan organ penglihatan; mata. Sebab vitamin A yang dikandung kulit manggis ini dapat lindungi retina dan pertajam penglihatan. Ramuan obat herbal ini juga dipercaya dapat cegah xerophtalmia, gangguan penghlihatan yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan mata melihat dalam kondisi redup/gelap.

Simak juga artikel lainnya disini.

Anti radang dan antri alergi

Senyawa dalam kulit manggis terbukti mengandung senyawa anti radang dan anti alergi. Cara kerja senyawa ini yakni dengan memperbanyak zat prostaglandin yang ampuh dapat menghambat diproduksinya kadar histamin yang menyebabkan nyeri dan peradangan dalam tubuh. Sehingga bagi anda yang memilki masalah dengan rheumatic maupun masalah sendi lainnya, disarankan untuk konsumsi ramuan herbal ini.

Berbagai manfaat tersebut menunjukkan bahwa selain manfaat tanaman herbal untuk jantung, teh atau ekstrak kulit manggis juga mengandung banyak manfaat lainnya. Jadi, masih mau membuang kulit manggis setelah menghabiskan daging buahnya?

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *