Kandung 9 Manfaat Tanaman Herbal untuk Jantung, Ini Manfaat Lain Konsumsi ekstrak daun Sirsak

Kandung 9 manfaat tanaman herbal untuk jantung, ini manfaat lain konsumsi ekstrak daun sirsak. Jantung adalah organ yang wajib dijaga kesehatannya. Hal ini karena jantung memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Yakni selain memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh, jantung juga memiliki tugas untuk mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh..

Namun yang perlu anda ketahui, jantung bukan hanya dapat diidap oleh orang tertentu yang kebetulan memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung. Sebab penyakit jantung dapat diidap oleh siapa saja, terutama mereka-mereka yang berisiko tinggi mengidap penyakit jantung, di antaranya ialah orang dengan berat badan berlebih, orang lanjut usia, orang dengan gaya hidup tidak sehat dan lain sebagainya.

manfaat tanaman herbal untuk jantung
manfaat tanaman herbal untuk jantung

Sebagaimana adanya pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, maka sudah sepatutnya anda melakukan berbagai upaya pencegahan penyakit jantung. Terutama bagi anda yang merasa berisiko tinggi mengidap penyakit yang satu ini. Cara pencegahan diantaranya dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-minuman beralkohol, cukup olahraga, tidak tidur larut malam, dan lain sebagainya. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan minum ekstrak daun sirsak agar dapatkan manfaat tanaman herbal untuk jantung.

Kandungan Ekstrak Daun Sirsak

Mengapa daun sirsak? Ini karena daun tanaman yang memiliki nama Latin Annona muricata ini mengandung banyak khasiat dipercaya dan terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Jika selama ini anda hanya hanya memanfaatkan daging buah yang memiliki rasa manis dan sedikit masam ini, maka anda wajib tahu berbagai kandungan dari daun sirsak yang membuat anda akan memanfaatkan daunnya juga.

Acetogenin adalah kandungan daun sirsak yang paling banyak dikenal orang. Acetogenin ini merupakan senyawa yang sifatnya dapat membunuh racun dalam tubuh dengan kemampuannya menghambat pertumbuhan Adenosina trifosfat yang menjadi pemasok energi bagi berkembangnya kangker. Karena itulah, selain manfaat tanaman herbal untuk jantung, manfaat lain daun sirsak adalah dapat cegah kangker.

Manfaat Konsumsi Teh Ekstrak Daun Sirsak

Berikut ini adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi teh ekstak daun sirsak.

Tingkatkan kesehatan jantung

Daun sirsak mengandung mineral berupa kalium dengan kadar yang tinggi. Sebagaimana fungsi mineral yakni untuk mengatur tekanan darah, kandungan ini juga dapat bantu pengidap hipertensi menurunkan tekanan darahnya secara signifikan. Sehingga risiko penyakit jantung akan kambuh karena tekanan darah yang melonjak tinggi bagi pengidap hipertensi akan menurun.

Cegah kangker

Selain manfaat tanaman herbal untuk jantung, manfaat lain dari daun sirsak adalah dapat mencegah berkembangnya kangker. Ini karena daun sirsak dikenal sebagai penghambat sel kangker yang lebih efektif dibandingkan dengan kemo. Hal ini bisa terjadi karena dalam sirsak terkandung acetogenin yang dapat sembuhkan penyakit kangker. Fungsi acetogenin ini adalah untuk menghambat tumbuhnya sel kangker dan menghambat berkembangnya sel tumor yang resisten terhadap obat-obatan tertentu.

Kelola kolestrol dalam tubuh

Memiliki kolektrol yang tinggi dalam tubuh tentunya akan membuat was-was setiap hari. Hal ini karena kolekstrol tinggi rentan menyebabkan komplikasi. Namun jika anda memiliki masalah dengan kolestrol, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat mengatasinya dengan obat murah meriah dan mudah didapatkan. Yup, daun sirsak. Selain dapat manfaat tanaman herbal untuk jantung, manfaat lain mengonsumsi ekstrak daun sirsak yakni dapat mengelola kadar kolestrol tubuh.

Mengonsumsi secara rutin segelas air rebusan daun sirsak setiap pagi dan sore hari akan dapat bantu menyeimbangkan kolestrol dalam tubuh. Keuntungannya, ramuan herbal ini bisa anda konsumsi dalam keadaan hangat maupun dingin. Pun ramuan yang dibuat dari ekstrak daun sirsak ini tidak terasa pahit merkipun memiliki warna seperti teh yang sedikit kemerahan.

Obati penyakit kista

Kista dapat digolongkan sebagai tumor jinak yang berada pada indung telur atau ovarium wanita. Tumor jinak ini dapat berpotensi menjadi kangker. Namun penyakit ini dapat dicegah supaya tidak berkembang. Salah satunya adalah dengan gunakan manfaat tanaman herbal untuk jantung dan kista dengan mengonsumsi secara rutin air rebusan daun sirsak.

Cegah diabetes

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena kurang optimalnya kerja insulin dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan insulin yang seharusnya bekerja untuk mengatur kadar gula dalam tubuh tidak dapat bekerja maksimal. Hal inilah yang membuat kadar gula dalam darah meningkat dan dapat menyebabkan gumpalan-gumpalan dalam pembuluh darah.

Kandungan metanolik dalam daun sirsak akan dapat merangsang pangkreas memproduksi lebih banyak insulin. Bertambahnya kadar insulin ini akan dapat menyeimbangkan kembali gula darah. sehingga bagi pengidap diabetes atau orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit gula ini sangat dianjurkan untuk konsumsi teh daun sirsak. Rutin mengonsumsi teh ekstrak daun sirsam sebelum dan bangun tidur akan dapat berika manfaat yang lebih besar bagi pengonsumsinya, termasuk manfaat tanaman herbal untuk jantung.

Cegah asam urat

Asam urat adalah gangguan kesehatan yang dapat dialami siapa saja. Tidak hanya laki-laki, namun perempuan juga berpotensi mengidap penyakit yang disebabkan karena tidak maksimalnya proses reabsorbsi pada ginjal. Gula daram darah maupun cairan yang dikonsumsi tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Kondisi ini akan diperburuk dengan kegemaran pengidap diabetes maupun orang yang berpotensi mengidap diabetes terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Mengonsumsi teh ekstrak daun sirsak akan selain dapat manfaat tanaman herbal untuk jantung juga dapat kurangi rasa nyeri akibat asam urat. Hal ini karena daun sirsak bersifat antiinflamasi nonstreoid alami yang dapat kurangi rasa nyeri. Mengonsumsi ramuan yang dibuat dari ekstrak daun sirsak ini secara rutin dua kali sehari dapat atasi masalah nyeri akibat asam urat ini lebih maksimal.

Sembuhkan infeksi

Selain beberapa khasiat daun sirsak di atas, khasiat daun sirsak yang lain adalah dapat meredakan berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun penyakit. Bukan hanya itu saja, daun yang kandung manfaat tanaman herbal untuk jantung ini juga dapat digunakan untuk mengibatu herpes, batuk, dan muntah yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur.

Lancarkan sistem pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa daun sirsak mengandung berbagai zat dan senyawa yang baik untuk tubuh. DI antaranya ialah vitamin, mineral, kalsium, antiinflamasi dan antimikroba. Karena itulah, mengonsumsi teh herbal yang dibuat dari manfaat tanaman herbal untuk jantung ini yakni dapat atasi sembelit, diare, kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Simak juga artikel lainnya disini.

Obati nyeri punggung dan rematik

Daun sirsak mengandung antiinflamasi alami yang dapat meredakan nyeri. Hal inilah yang membuat nyeri punggung atau rematik yang anda derita akan perlahan-lahan reda dan sembuh dengan rutin mengonsumsi teh herbal yang dibuat dari ekstrak daun sirsak. Selain meminumnya, khasiat daun sirsak juga bisa didapatkan dengan menumbuk daun sirsak hingga halus dan membalurkannya pada sendi maupun otot yang terasa nyeri.

Banyaknya manfaat tanaman herbal untuk jantung dan manfaat-manfaat lainnya ini setidaknya menunjukkan bahwa selain daging buahnya, daun sirsak juga mengandung banyak khasiat, di antaranya yakni sebagai antikangker, antiinflamasi, antidiabetes, dan lain sebagainya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *