Kamu Menderita GERD,Tapi Ingin Diet Sehat? Simak 4 Tipsnya di Sini!  

By

Kamu Menderita GERD, Tapi Ingin Diet Sehat? Simak 4 Tipsnya di Sini! Dewasa ini, setiap orang tentu ingin sehat dan juga memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Berbagai macam pola hidup sehat mulai diberdayakan, program diet sehat pun gencar dicari sebagai salah satu solusi, namun pada orang-orang tertentu yang menderita sakit, tentu tidak akan cocok dengan banyak program diet.Terlebih lagi jika sakitnya adalah, Gastroesophageal reflux disease atau yang biasa disingkat GERD. GERD juga sering disebut penyakit asam lambung.

Orang yang terserang GERD membutuhkan pola makan khusus. Jika Anda sering mengalaminya, Anda sangat perlu untuk memperhatikan diet yang khusus bagi penderita GERD supaya tidak kambuh secara terus-menerus . Dengan begitu, Anda harus menghindari pola makan yang kiranya dapat memicu kambuhnya GERD.

Tentu bagi penderita Gerd, tidak semua makanan ramah bagi lambung. Makanan dan minuman tertentu bisa saja menjadi penyebab Anda terserang gejala GERD. Oleh karena itu, dianjurkan diet sehat dengan cara memodifikasi menu makanan harian. Diet ini diharapkan nantinya dapat mengurangi gejala-gejala tertentu seperti regurgitasi (cairan yang naik ke atas lambung, ini umum terjadi dan merupakan gejala sakit maag), mulas, dan gejala-gejala GERD lainnya yang timbul secara signifikan.

diet sehat
diet sehat

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Diet Sehat Bagi Penderit GERD

Tidak ngemil, kecuali saat Anda benar-benar lapar

Saat perut merasa kenyang, otomatis makan berlebih dapat meningkatkan tekanan pada lambung. Maka dari itu, sebaiknya pada pemderita GERD, terlebih untuk yang sedang menjalani diet, agar jangan sampai tergoda ngemil ketika perut dalam keadaan kenyang. Makanlah hanya untuk berupaya menjaga berat badan sehat. Tidak makan berlebihan dan berhenti sebelum kenyang. Ini tentu dianjurkan untuk semua orang, tidak hanya bagi penderita GERD, namun, khusus pada penderita GERD, hal ini dapat menghilangkan tekanan di dalam lambung Anda.

Makan tidak perlu banyak, yang penting sering.

Bagi para penderita asam lambung atau GERD, jika ingin diet sehat,  dianjurkan untuk mengurangi porsi makan lebih sedikit, tapi intensitasnya dianjurkan untuk lebih sering. Hal ini karena dapat mengurangi tekanan dalam perut. Tekanan perut yang tinggi bisa mengakibatkan LES relaks, ini memungkinkan isi perut mengalir ke esofagus. Jika terbiasa dengan pola makan yang biasa 3 kali sehari, maka dapat mengubahnya dengan frekuensi makan yang lebih sering, tapi tentu dengan porsi yang lebih kecil. Karena porsi makan yang besar hanya akan membuat otot esofagus kewalahan, sehingga akan menyebabkan refluks.

Ingat! Untuk tidak berbaring setelah makan.

Posisikan badan Anda dengan tegak selama kurang lebih 2-3 jam setelah selesai makan, dapat mengurangi risiko terjadinya refluks. Pada saat Anda duduk tegak atau berdiri, gravitasi akan  berperan menjaga isi perut untuk tidak mengalir ke atas. Hal sebaliknya terjadi apabila Anda berbaring setelah makan, ini akan sangat mudah membuat isi  perut naik ke esofagus.

Minumlah ketika selesai makan, bukan bersamaan saat makan.

Cara minum demikian ini, berguna untuk mencegah terjadinya perut kembung. Perut kembung menjadi salah satu faktor yang sering memicu terjadinya refluks asam lambung disebabkan lambung yang berlebihan terisi air. Jadi perhatikan hal kecil seperti ini sebagai salah satu cara diet sehat, agar lambung tidak kembung dan dapat memicu GERD.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan, ketika menjalani diet untuk penderita GERD. Tips-tips tersebut diberikan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti yang terkenal akan fokusnya di bidang penyakit lambung. Selain hal-hal di atas, soal makanan pun tidak boleh abai. Berikut di bawah ini daftar makanan apa saja yang boleh maupun yang tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung.

Protokol Kosumsi Untuk Diet Sehat Bagi Penderita Gerd

Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Penderita GERD.

Dari sekian banyak, upaya agar GERD tidak mudah kambuh, salah satu cara ini terbukti ampuh mencegah GERD agar tidak muncul. Cara ini adalah dengan memilah makanan tertentu yang ramah untuk lambung. Selain cara itu, Anda juga dapat mengupayakan agar GERD tidak timbul dengan mengindari makanan dan minuman berikut ini ketika menjalani diet sehat.

Pertama mengenai minuman. Misalnya adalah kelompok minuman bersoda, alkohol, yang mengandung kafein, jus tomat, buah jeruk, cokelat dan makanan lainnya yang berbahan dasar tomat, bawang putih serta peppermint. Sedangkan untuk makanan, penderita GERD sebaiknya menghindari makanan pedas, makanan berlemak dan gorengan.

Pada makanan yang berlemak, cokelat, peppermint, serta alkohol, terbukti dapat memperburuk gejala asam lambung atau GERD dengan merelaksasi sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter/ LES, yaitu cincin pada otot yang berfungsi memisahkan perut dari esofagus. Lain dari itu, penderita GERD harus diet sehat cokelat, karena kadar lemak yang terkandung  dalam coklat cukup tinggi, begitupun kadar kafein.

Selanjutnya adalah makanan yang dikenal juga sebagai pantangan penderita GERD yang acapkali menimbulkan keluhan adalah makanan berlemak lainnya, misal, daging berlemak, produk susu yang berlemak tinggi, dan juga daging olahan seperti burger maupun hot dog. Jadi tahan diri untuk tidak mengkosumsinya ya. Jika kondisi terdesak tidak ada makanan lain, makan sedikit saja dan sekadar pemenuh jam makan saja.

Jika di atas tersebut makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi penderita GERD yang ingin menjalankan diet sehat, maka di bawah ini adalah makanan yang dianjurkan bagi penderita GERD. Penasaran seperti apa saja daftar makanan yang ramah untuk penyakit lambung satu ini? Mari simak dalam penjelasan berikut ini.

Daun wortel, daun kari serta daun seledri, dipercaya sangat membantu dalam mengendalikan kadar keasaman pada lambung. Seledri terbukti memiliki kandungan magnesium dan zat besi yang tinggi. Sayuran lain seperti wortel dan bit, juga tak kalah berkhasiat untuk menghilangkan asam pada lambung.

Dan untuk makanan pokok, menu Diet sehat Anda bisa dimodifikasi dengan cara mengganti nasi dengan barley, gandum, atau jowar (sejenis gandum putih). Jika ingin mengonsumsi buah,  bisa dengan delima, apel, kurma, dan buah ara atau buah tin dalam menu harian. Buah-buahan lokal seperti semangka, timun dan pisang, juga dapat membantu mengurangi kadar asam pada lambung. Almond juga sangat baik dikonsumsi karena dapat menghilangkan mulas dan juga membantu menurunkan keasaman pada lambung.

Untuk lauk-pauk, bisa mengolah bahan dari makanan yang mengandung protein sedang seperti telur atau daging tanpa lemak. Jangan lupa untuk mencampurkan daun basil. Karena dapat membantu proses pembakaran dalam tubuh, serta berfungsi mengurangi mual dan kadar gas pada lambung. Sehingga meminimalis risiko datangnya GERD.

Itulah beberapa tips diet sehat bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung atau GERD. Penyakit yang diderita tidak seharusnya menghalangi Anda untuk mengupayakan pola hidup sehat dan juga memiliki bentuk tubuh yang indah. Namun, alangkah baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter Anda ketika akan memulai diet tersebu. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan komentar