Jerawat Di Kepala: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegahnya!

By

sumbersehat.com – Seperti kulit wajah, jerawat di kepala yang biasanya muncul di garis rambut ini diakibatkan pori-pori kulit kepala yang tersumbat. Memang jerawat merupakan salah satu masalah yang umum terjadi. Namun jerawat di kepala ini dapat menyebabkan rasa sakit juga gatal saat Anda menyisir rambut. Bahkan jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, jerawat ini dapat terinfeksi dan menjadi semakin parah.

Apakah Anda tahu? Jerawat pada kepala dapat mengakibatkan kerontokan rambut, koreng hingga kebotakan! Inilah mengapa sangat penting untuk Anda segera melakukan perawatan untuk mengatasi jerawat ini yang bikin pusing. Karena itu, yuk simak cara mengatasi jerawat di kepala berikut ini!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di Kepala

Ini Tipe Jerawat Di Kepala

Jerawat di bagi menjadi 3 tipe yaitu tipe ringan, tipe sedang, dan tipe parah. Jerawat di kepala tipe ringan akan berbentuk seperti komedi atau seperti jerawat di wajah pada umumnya. Sementara jerawat tipe sedang biasanya berbentuk lebih besar, menonjol, dan  rasa nyeri. Selain itu jerawat pada kulit kepala tipe sedang juga nampak kemerahan dengan nanah di ujungnya yang menyebabkan rasa gatal.

Sementara jerawat di jidat dan kepala tipe parah biasanya akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan meningkatkan resiko sakit kepala. Jerawat tipee ini menandakan adanya kista atau nodul di bawah kulit kepala. Bahkan tipe ini dapat meninggalkan bekas koreng, luka permanen juga kerontokan.  

Ini Penyebab Timbulnya Jerawat Di Kepala

Timbulnya jerawat di bagian kepala dapat disebabkan oleh beragam faktor. Namun penyebab utama timbulnya jerawat di kepala diantara adalah faktor kebiasaan dalam merawat rambut dan kondisi medis seseorang. Untuk lebih jelasnya simak beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala berikut ini.

1.Tidak Segera Keramas Setelah Berolah Raga

Penyebab muncul jerawat di jidat dan kepala dapat dipengaruhi oleh kesalahan saat keramas. Misalnya dengan tidak membilas rambut dengan bersih. Hal ini menyebabkan sisa sisa sampo menumpuk dan menyumbat pori-pori kepala. Demikian halnya saat Anda selesai berolahraga dan rambut terasa lembab. Kulit kepala akan rentan berjerawat karena keringat. Karena itu, jangan menunda-nunda keramas setelah berolahraga.

2.Menggunakan Berbagai Produk Rambut Dengan Berlebihan.

Beberapa produk rambut, seperti hairspray atau gel rambut, dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di kepala. Ini karena produk-produk tersebut dapat merangsang produksi minyak di kepala menjadi berlebihan yang kemudian menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari penggunaan hairspray, minyak rambut, dan produk lainnya terlalu sering.

3.Menggunakan Penutup Kepala Terlalu Lama

Penyebab timbul jerawat di rambut selanjutnya adalah  penggunaan penutup kepala yang terlalu lama. Contohnya topi, helm atau ikat kepala. Hal ini dapat menghambat sirkulasi oksigen di kulit kepala. Sehingga akan membuat kulit kepala menjadi berkeringat dan kelenjar minyak memproduksi sebum dalam jumlah yang lebih banyak.

4.Kondisi Medis Dan Penggunaan Obat tertentu

Jerawat di kepala juga dapat diakibatkan karena kondisi medis yang rentan terhadap infeksi,. Contohnya HIV/AIDS, diabetes, leukemia kronis, dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan obat-obatan tertentu seperti antibiotik berbentuk salep yang digunakan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit kepala.

Cara Mengatasi Jerawat Di Kepala

Anda dapat menangani jerawat di bagian kepala dengan beberapa cara berikut ini. Kendati demikian jika jerawat di kepala sudah parah tentunya anda lebih disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk merawat jerawat tersebut.

  1. Jerawat yang ringan dan sedang dapat diatasi dengan produk sampo yang tepat. Misalnya produk sampo yang mengandung minyak jojoba, tera tree oil, asam glikolat, serta asam salisilat. Kedua asam tersebut berfungsi untuk mengelupas sel sel kulit mati serta menghilangkan bakteri.
  1. Cuci rambut secara teratur 2 kali sehari menggunakan air hangat dan sampo. Anda juga dapat menggunakan sabun anti bakteri. Jangan memencet jerawat dengan jari atau alat apa pun. Karena hal ini dapat menyebabkan jerawat terinfeksi parah. Hindari penggunaan produk rambut seperti pomade, hairspray, minyak rambut, yang dapat menyumbat pori pori kulit kepala.
  1. Jangan menggosok rambut terlalu kencang. Gunbakan ujung jari untuk memijat kulit kepala. Jangan menggunakan kuku untuk menggaruk atau menggosok rambut saat keramas. Sebaiknya anda menghindari mengeringkan rambut derngan cara di gosok. Keringkan rambut dengan casra meremasnya dengan handuk secara perlahan lahan.
  1. Kompres kulit kepala dengan menggunakan air garam hangat campurkan 1 sendok the garam kedalam air hangat lalu usapkan ke kulit kepala sebelum keramas. Anda juga dapat menggunakan cuka putih sebagai pengganti air garam hangat. Sebaiknya hindari iritasi pada kulit kepala yang diakibatkan penggunaan pisau cukur, pelurus atau pengeriting rambut, maupun produk perawatan rambut berbahan kimia.
  1. Anda dapat menggunakan air perasan lemon untuk mengatasi jerawat di kepala. Caranya mudah anda cukup memeras 1 buah lemon kemudian mencampurkannya dengan 1 sendok makan air. Setelah itu siramkan ke bagian kulit kepala yang berjerawat lalu diamkan selama 15 menit.

Cara Mencegah Jerawat Di Kepala

Faktanya penyebab muncul jerawat di kulit kepala lainnya selain yang telah dijelaskan di atas, adalah pola hidup yang buruk. Misalnya, stress, kurang tidur, pola makan tidak sehat dan tidak teratur serta perasaan cemas berlebihan. Simak ulasan lengkap mengenai cara mencegah jerawat di kepala berikut ini.

1.Segera Keramas Jika Rambut Berkeringat

Cara mencegah jerawat pada kulit kepala yaitu dengan rutin membersihkan rambut menggunakan produk sampo yang berbahan ringan dan lembut., setelah anda bekerja, atau berolah raga maupun menggunakan penutup kepala atau berkegiatan dibawah sinar matahari umumnya kulit kepala cenderung berminyak dan berkeringat.

2.Menjaga Kebersihan

Cara mencegah jerawat di kulit kepala selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan . Gantilah sarung bantal juga sprei secara berkala dan jangan lupa untuk membersihkan riasan make up wajah sebelum tidur. Selain itu bersihkan secara teratur helm atau topi maupun penutup kepala lainnya yang sering anda gunakan. Baca juga 14 Manfaat Sengatan Lebah bagi Tubuh Manusia, Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

3.Menjaga Pola Makan Sehat

Salah satu makanan penyebab jerawat di kepala adalah produk susu dan karbohidrat yang terlalu banyak. Karena itu sebaiknya anda membatasi asupan makanan yang mengandung kedua bahan ini. Perbanyak konsumsi vitamin A , D, asam lemak omega 3, maknan berserat, anti oksidan, juga seng atau zinc. Semua nutrisi tersebut banyak terkandung dalam sayur sayuran dan juga buah buahan.

4.Menggunakan Penutup Kepala Yang Tidak Ketat

Penutup kepala seperti topi yang longgar akan membuat sirkulasi oksigen di kulit kepala menjadi lebih lancar. Hal ini akan menjadikan kulit kepala tetap kering sehingga pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat di kulit kepala pun tidak muncul.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi jerawat di kepala. Setelah menyimak semua pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi jerawat tersebut, Anda harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.  Di samping itu, tentunya Anda juga harus memiliki pola makan yang juga sehat.

Tinggalkan komentar