Jerawat di Jidat Mengganggu Penampilan? Terapkan Tips Ini!

By

sumbersehat.com – Jerawat di jidat kadang kala memang membuat penderitanya merasa kurang percaya diri. Pasalnya jerawat di bagian wajah atas itu memang terasa cukup mencolok. Terlihat langsung dan membuat penampilan terlihat kurang elok. Sebagian berusaha menutup jerawat di wajah dan di jidat. Dalam jangka pendek mungkin hal ini memang menjadi solusi cepat dan paling mudah.

Salah satu cara yang cukup populer menutupi jerawat di jidat adalah menutupnya dengan poni. Sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Sayangnya alih-alih membuat penampilan lebih cantik, cara ini malah akan membuat jerawat semakin parah dan dapat berkembang dengan lebih cepat. Lalu apa sih penyebab dan bagaimana mengatasi jerawat yang cukup mengganggu. Mari simak penjelasannya.

jerawat di jidat

Penyebab Jerawat di Jidat

Ada beberapa penyebab terjadinya jerawat di bagian wajah atas ini. Untuk mengatasinya sebaiknya memang mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini tidak lain agar penangan yang tepat dapat dilakukan sehingga hasilnya lebih optimal. Berikut penyebab-penyebab yang perlu diketahui:

1. Hormon

Kondisi hormon yang tidak stabil bisa jadi merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat pada jidat. Kondisi ini bisa dialami oleh anak-anak remaja yang sedang masa pubertas. Bisa juga wanita yang sedang dalam kondisi bulanan atau bahkan wanita hamil yang kondisi hormonnya memang tidak stabil. Walau demikian hal ini tidak dapat disamakan tiap orangnya.

2. Produk Perawatan Rambut

Kondisi selanjutnya jerawat di jidat disebabkan oleh produk-produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Sebagian orang memang tidak bermasalah dengan hal ini, namun sebagian yang sensitif kulitnya, hal ini dapat menjadi penyebab timbul jerawat. Kandungan kimia produk perawatan rambut tersebut bila terkena area dahi dapat bereaksi dan efek buruknya munculnya jerawat.

3. Sebum Yang Berlebih

Sebum atau yang lebih dikenal dengan minyak merupakan kondisi alami yang diproduksi tubuh. Tujuannya untuk melindungi wajah dan menjaga kelembaban alami. Namun terkadang produksi minyak dapat berlebih pada kondisi tertentu. Juga pada sebagian orang karena faktor yang berbeda-beda. Kelebihan produksi minyak ini bila tidak dibersihkan secara teratur dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Sel-Sel Kulit Mati Yang Menyumbat Pori-Pori Kulit

Sel-sel kulit mati apabila tidak beregenerasi dengan baik akan dapat menyebabkan jerawat di jidat. Sel-sel yang terdapat dalam pori dapat menyumbat pori dan terkena kuman atau kotoran. Hal ini dapat mengganggu kondisi normal wajah. Akibatnya bintik-bintik jerawat muncul dan makin subur. Baca juga Pilih Sabun Cuci Muka untuk Jerawat? Perhatikan 9 Hal Ini!

1. Bakteri

Selanjutnya jerawat di jidat disebabkan oleh bakteri. Ya bakteri menghinggapi bagian tubuh manapun. Normalnya ada bakteri baik untuk membantu keseimbangan dan kesehatan tubuh. Namun bakteri jahat juga dapat muncul pada bagian wajah karena terpapar benda yang tidak bersih dan tidak segera dibersihkan. Akibatnya terjadilah jerawat.

2. Kebersihan Rambut

Berikutnya yang juga perlu diketahui adalah pengaruh kebersihan rambut. Jangan mengira bahwa kebersihan rambut hanya membawa akibat bagi kesehatan dan kesuburan rambut saja. Hal lainnya yang juga berpengaruh adalah kesehatan wajah. Dengan rambut yang kotor sangat beresiko mengotori wajah karena terkena rambut. Efeknya tentu saja wajah menjadi ikut kotor dan jerawat ikut muncul.

Menyentuh Wajah

Siapa yang sering menyentuh wajah dalam keadaan tangan tidak bersih? Memang seringkali hal ini terjadi tidak disengaja. Karenanya, akan lebih baik bila keadaan tangan selalu diusahakan dalam kondisi bersih. Bukan hanya jerawat di jidat yang enggan muncul, penyakit lain pun tidak hendak mampir mengunjungi bila tangan dalam kondisi bersih. Risiko terkena penyakit lain dapat lebih diminimalisir.

Cara Menghilangkan Jerawat di Jidat

Jerawat di jidat tandanya ada keadaan yang tidak seimbang dan tidak seharusnya. Kemungkinan iritasi bahkan infeksi. Sebagian orang tidak mau repot dan memilih pergi ke dokter. Namun sebagian lebih memilih perawatan alami. Nah apa saja ya cara alami dan non alami yang dapat menjadi pertimbangan? Simak beberapa cara berikut yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan jerawat di wajah.

Manfaatkan Bahan Alami

Jangan sepelekan manfaat bahan-bahan alami yang mudah ditemui di sekitar rumah ya. Andai rajin dan disiplin, banyak penyakit yang dapat diatasi dengan mengolah bahan alami. Di antaranya adalah sari lemon, cuka apel, jeruk nipis, dan lidah buaya. Bahan-bahan ini cenderung mudah sekali didapatkan.

Masih banyak lagi sebenarnya bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat di jidat. Biasanya bahan yang digunakan adalah bahan alami yang memiliki kandungan antibakteri. Selain itu memiliki sifat antioksidan, dan sifat anti peradangan. Untuk kondisi ringan dapat mengompres jerawat dengan air hangat untuk mengurangi peradangan.

Memang menggunakan bahan alami biasanya yang terjadi adalah jerawat akan sembuh tidak secepat pengobatan dengan resep dokter. Namun memang biaya yang dikeluarkan lebih murah dan efek samping cenderung lebih sedikit bahkan nyaris tidak ada. Memeng diperlukan ketelatenan lebih untuk mencoba perawatan dengan bahan alami.

Menggunakan Obat Jerawat Pasaran

Banyak obat pasaran mengatasi jerawat yang dijual bebas. Anda dapat memilih salah satu yang berbentuk lotion, gel, atau krim. Umumnya obat-obat ini dapat mengurangi jerawat kondisi ringan. Obat-obat pasaran tersebut rata-rata mengandung resorsinol, retinol, benzoil peroksida, dan asam salisilat.

Jangan Mencungkil Jerawat

Memang jerawat cenderung lebih cepat kempes bila dicungkil atau dikorek-korek paksa. Namun tindakan ini beresiko akan menimbulkan iritasi bahkan infeksi. Alih-alih mengobati, yang ada malah memperburuk kondisi jerawat selanjutnya. Bukan hanya itu jerawat di jidat dapat menimbulkan bekas yang sulit hilang bila dilakukan pengobatan secara paksa seperti memencet, mengorek, dan mencungkilnya.

Lakukan Perawatan Dengan Prosedur Yang Tepat

Jerawat di jidat artinya memang telah terjadi kondisi yang bermasalah pada wajah. Sudah dipaparkan sebabnya di atas. Bila telah melakukan cara alami dan prosedur mandira lainnya namun jerawat masih membandel, ada baiknya mengunjungi dokter. Memang tentunya akan mengeluarkan biaya lebih. Namun bisa jadi malah lebih hemat dan mempersingkat waktu kesembuhan.

Bayangkan bila melakukan prosedur pengobatan mandiri yang kurang tepat, akibatnya bisa jadi akan membuat biaya perawatan selanjutnya lebih besar. Dokter mungkin akan menyarankan prosedur perawatan seperti chemical peeling.

Bisa juga diberikan terapi sinar. Untuk jerawat dengan ukuran yang lebih besar dokter dapat melakukan drainase. Prosedur ini merupakan prosedur mengeluarkan isi jerawat dengan teknik tertentu.

Apapun keadaannya memang kebersihan adalah salah satu solusi sehat dalam kehidupan termasuk jerawat di jidat. Baik kebersihan lahir maupun batin sangat perlu dijaga.

Jangan salah kondisi batin yang gembira juga dapat menangkal masuknya kuman penyakit lho. Keadaan bahagia dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. So, jangan lupa untuk selalu menjaga keseimbangan keduanya, ya.

Jerawat di jidat sesungguhnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Semoga beberapa cara yang telah disebutkan di atas semoga dapat membantu mengatasi jerawat di bagian yang paling terlihat. Terapkan saja cara-cara di atas agar tidak perlu risau dengan masalah penampilan lagi. Namun dua hal yang perlu diperhatikan adalah selalu jaga kebersihan dan disiplinlah melakukan perawatan setelah jerawat hilang.

Tinggalkan komentar