Kenali 9 Jenis Penyakit Cancer yang Menyerang Wanita

Sumbersehat.com –Ada beberapa jenis penyakit cancer yang menyerang wanita. Cancer dan itu harus diwasapdai. Kanker atau cancer merupakan salah satu penyakit yang sering membuat wanita khawatir. Jumlah kematian orang yang terkena cancer cukup tinggi.

Sebab, sebagian besar jenis cancer menunjukkan gejala ketika sel-sel cancer sudah menyebar luas ke organ lain. Meskipun menyeramkan, Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengetahui gejala sejak awal akan membantu pengobatan. Maka dari itu, Anda sebaiknya paham dengan setiap perubahan tubuh yang terjadi.

Jenis Penyakit Cancer yang Menyerang Wanita

Ada banyak jenis cancer yang menyerang wanita dengan berbagai gejala yang muncul. Namun, hanya ada beberapa jenis cancer yang umum menyerang wanita, berikut daftarnya.

Cancer Payudara

Cancer payudara merupakan jenis penyakit cancer yang menyerang wanita paling banyak daripada yang lain. Cancer payudara terjadi saat sel-sel tumbuh tidak wajar secara terus-menerus. Kondisi ini memicu terbentuknya benjolan daging yang disebut tumor. Secara umum, cancer payudara sulit terdetekasi hingga benjolan berukuran besar.

Baca juga : 5 Cara Mengobati Penyakit Benjolan pada Dubur secara Alami

Cancer Serviks

Berikutnya ada kanker serviks yang termasuk jenis penyakit cancer yang menyerang wanita dengan gejala pendarahan, nyeri saat berhubungan dan mudah lelah. Selain itu, gejala kanker serviks juga termaduk keputihan secara tidak normal, dan sembelit. Namun, biasanya gejala cancer serviks tidak tampak pada tahap awal.

Gejala muncul saat kondisi cancer telah menyebar pada sel-sel di leher rahim. Penularan cancer seriks umumnya melalui hubungan seksual oleh infeksi Human papillomavirus (HPV) dan penyakit menular seksual. HPV menginfeksi sel-sel kulit alat kelamin dan anus.

Selain itu, HPV juga dapat menginfeksi tenggorokan dan mulut. Sedangkan penyakit menular seksual yang biasanya menyebabkan cancer serviks adalah sifilis, klamidia, kutil kelamin, dan gonore. Maka, selain melakukan gaya hidup sehat, anda pun harus waspada saat berhubungan intim. Sehingga, terhindar dari jenis penyakit cancer yang menyerang wanita.

Cancer Ovarium

Cancer ovarium juga termasuk jenis penyakit cancer yang menyerang wanita. Kanker ini terjadi pada indung telur yang kebanyakan terjadi pada wanita lanjut usia. Sama seperti dengan jenis cancer lain, gejala cancer ovarium juga sulit dideteksi pada fase awal.

Biasanya, gejala baru terlihat saat cancer serviks sudah menyebar ke organ lain. Gejala-gejala yang muncul adalah perut kembung, sakit perut, penurunan berat badan, keluar darah dari vagina, nyeri saat berhubungan intim, dan lainnya. Cancer serviks dengan gejala tersebut dapat sempuh lebih awal jika Anda segera periksa ke dokter. 

Cancer Rahim

Jenis penyakit cancer yang menyerang wanita selanjutnya adalah cancer rahim. Kanker rahim biasanya menyerang wanita di atas 50 tahun atau masa menopause. Cancer rahim terjadi karena adanya sel-sel dalam rahim yang tumbuh tidak normal dengan membentuk benjolan menyerupai daging.

Baca juga : 7 Gangguan Sistem Pencernaan, Hati-hati Jangan Sembarangan Makan

Gejala kanker rahim yang terlihat pada penderita cancer rahim adalah pendarahan secara terus menerus di luar menstruasi. Bahkan pendarahan bisa terjadi selama 2 minggu yang disertai dengan sakit kepala, kurang darah dan lemas. Untuk penyebabnya, sampai saat ini belum ada penelitain yang memberikan jawaban pasti.  

Cancer Usus Besar

Cancer usus besar berawal dari tumor jinak hingga menjadi tumor ganas. Gejala pada fase awal pun jarang terlihat, hingga Anda buang air besar yang bercampur darah baru diketahui kalau Anda kemungkinan kanker usus besar. Agar Anda tidak kecolongan, periksa rutin tahunan pada seluruh tubuh.

4 Jenis Penyakit Cancer yang Menyerang Wanita Lainnya

Selain cancer yang sudah disebutkan, masih ada beberapa jenis cancer yang biasanya menyerang wanita. Meskipun tidak sebanyak penderita jenis cancer tersebut, Anda tetap harus waspada.Berikut jenis cancer lain yang dapat menyerang wanita.

  • Kanker lambung
  • Kanker paru-paru
  • Kanker kolorektal
  • Kanker tiroid

Nah, setelah mengetahui jenis penyakit cancer yang menyerang wanita Anda wajib selalu waspada dan mengenali perubahan pada tubuh sekecil apapun. Apabila Anda merasa terganggu dengan perubahan atau gejala kanker yang muncul, segera periksakan ke dokter. Deteksi sedini mungkin dapat menyegerakan penyembuhan.

Dapatkan info lebih banyak lagi tentang kesehatan dan berbagai penyakit dengan simak website Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *