10 Jenis Olahraga Sehat di Rumah, Murah dan Menyenangkan

10 Jenis Olahraga Sehat di Rumah, Murah dan Menyenangkan – Masa pandemi covid-19 telah membawa banyak perubahan dalam kebiasaan masyarakat. Pemerintah menyerukan social distancing bagi seluruh warga tanpa terkecuali. Saat pemerintah telah memberi kelonggaran pada masa new normal, social distancing masih tetap harus dilakukan. Menjaga jarak aman dengan orang lain harus dilakukan terutama di area-area publik. Salah satu perubahan karena adanya pandemi ini adalah kebiasaan dalam hal berolah raga.

Olah raga di rumah tidak kalah menyenangkan dengan berolah raga di pusat-pusat kebugaran. Kegiatan olah raga di rumah dapat dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga. Selain menyehatkan, berolah raga bersama tentu saja akan semakin membangun kedekatan dan kebersamaan antar anggota keluarga. Banyak jenis olah raga yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, bahkan tanpa biaya alias gratis.

olahraga sehat di rumah
olahraga sehat di rumah

10 Jenis Olahraga Sehat di Rumah

Meski dilakukan di rumah, jenis-jenis olah raga ini memberi manfaat yang sama dengan olah raga yang dilakukan di pusat-pusat kebugaran atau di tempat-tempat olah raga lainnya. Meski olah raga hanya dilakukan di dalam rumah, namun sebaiknya tetap memperhatikan kenyamanan dan keselamatan saat berolah raga. Berikut adalah 15 jenis olahraga sehat di rumah yang dapat dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

Peregangan atau Stretching

Peregangan atau stretching sebaiknya rutin dilakukan setiap hari agar tubuh siap untuk melakukan aktivitas lainnya. Meski terlihat sederhana, peregangan atau stretching memiliki peran penting untuk menyiapkan tubuh agar tidak terkejut saat melakukan olah raga lainnya. Peregangan yang dilakukan secara benar akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Lakukan peregangan pada pagi hari setelah bangun tidur sehingga tubuh akan menjadi lebih  bugar.

Sit Up

Sit up merupakan jenis olahraga sehat di rumah yang murah meriah. Olah raga sit up tidak memerlukan alat bantu sehingga dapat dilakukan kapanpun dikehendaki. Jika push up bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot lengan, maka sit up berfungsi untuk memperkuat dan mengencangkan otot-otot perut. Melakukan sit up secara rutin dapat membantu otot-otot perut semakin kencang sehingga perut akan terlihat lebih ramping.

Push Up

Jenis olah raga yang satu ini tidak membutuhkan alat bantu apapun. Push up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kondisi masing-masing orang. Meski terlihat sederhana namun push up memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Olah raga satu ini jika dilakukan secara rutin maka dapat membantu memperkuat otot-otot tangan dan membantu menjaga kesehatan jantung. Gerakan push up memiliki beragam variasi. Untuk mengetahui aneka variasi dalam melakukan push up, cukup mencarinya pada laman pencarian di internet dan ikuti yang sesuai dengan situasi serta kondisi tubuh.

Lompat Tali

Lompat tali dahulu merupakan salah satu permainan yang digemari anak-anak. Siapa sangka bahwa permainan yang kini jarang dimainkan oleh anak-anak ini merupakan salah satu jenis olahraga sehat di rumah. Lompat tali atau skipping dapat dilakukan di dalam atau di luar rumah. Perlu sedikit tempat yang cukup longgar agar tali tidak tersangkut saat melakukan lompat tali. Pembakaran kalori akan terjadi secara intensif saat melakukan olah raga lompat tali. Selain ini, dengan rutin melakukan lompat tali, detak jantung akan semakin terlatih. Kekuatan otot kaki dan paha juga dapat dilatih dengan olah raga skipping ini.

Menari

Siapa sangka bahwa menari dapat menjadi salah satu alternatif olah raga saat di rumah. Pilihlah jenis tarian yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Beberapa jenis tarian memerlukan gerakan yang cukup mampu menguras energi. Menari selain menyehatkan tubuh juga dapat mendatangkan rasa bahagia serta membuat pikiran menjadi rileks. Tingkatkan metabolisme tubuh dan bangkitkan suasana hati yang menyenangkan dengan melakukan tarian favorit.

Squat

Salah satu jenis olahraga sehat di rumah ini tidak memerlukan peralatan dan tempat khusus. Squat dapat dilakukan di manapun bahkan di area yang cukup sempit di dalam rumah. Olah raga ini memeiliki gerakan dasar hanya berdiri dan jongkok sehingga cukup mudah dilakukan. Squat akan melatih otot-otot bagian bawah dan juga punggung. Melakukan olah raga squat secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak dan juga membantu membakar kalori dalam tubuh. Fleksibilitas tubuh dapat dilatih dengan melakukan squat. Lakukan olah raga ini secara benar dan teratur agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Plank

Olah raga murah meriah lainnya yang dapat dilakukan di rumah adalah plank. Olah raga ini hanya memerlukan tempat selebar tubuh. Mesksi gerakan plank terlihat sederhana, namun olah raga ini dapat melatih otot-otot pada seluruh tubuh. Saat melakukan gerakan plank, otot kaki dan perut akan terlatih kekuatannya. Dalam waktu yang bersamaan, otot-otot lengan dan juga juga dada ikut terlatih. Bagi pemula, durasi waktu melakukan plank dapat dilatih secara bertahap. Pada permulaan, lakukan plank selama 15 detik saja, Durasi ini dapat terus ditambah setiap harinya sesuai kemampuan.

Naik Turun Tangga

Naik turun tangga seringkali tidak disadari sebagai salah satu jenis olahraga sehat di rumah. Bila rumah terdiri dari dua lantai atau terdapat tangga yang kokoh di area rumah, maka naik turun tangga dapat menjadi alternatif olah raga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Olah raga ini tidak memerlukan keahlian khusus karena hanya berjalan naik dan turun tangga. Lakukan kegiatan naik turun tangga ini selama beberapa kali sesuai kemampuan. Naik turun tangga jika dilakukan secara teratur dan dalam durasi waktu yang cukup lama efektif untuk membakar kalori dalam tubuh dan juga memperkuat otot-otot kaki.

Senam

Saat sanggar-sanggar senam masih ditutup pada masa pandemi, olah raga ini masih tetap bisa dilakukan di rumah. Pilihlah jenis senam sesuai dengan kondisi fisik tubuh, jangan memaksakan diri melakukan jenis senam yang cukup berat jika kondisi tidak memungkinan. Saat ini banyak tersedia tutorial senam dengan instruktur berpengalaman yang dapat dilihat di internet. Pilihlah musik favorit yang dapat menemani saat melakukan olah raga senam agar lebih bersemangat. Tersedia banyak jenis senam yang dapat dipilih untuk dilakukan secara rutin di rumah.

Baca artikel lain disini

Angkat Beban

Olahraga sehat di rumah yang layak dicoba adalah angkat beban. Tidak perlu risau jika di rumah tidak tersedia barble atau dumble seperti layaknya di pusat-pusat kebugaran. Manfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk melakukan olah raga ini. Beban yang diangkat sebaiknya disesuaikan dengan kekuatan tubuh. Secara bertahap berat beban dapat ditambah agar otot lengan semakin kuat. Selain melatih kekuatan otot lengan, olah raga angkat beban juga akan melatih otot area dada.

Pada dasarnya, jenis-jenis olah raga yang dapat dilakukan di rumah tidak memerlukan peralatan dan perlengkapan khusus. Hal ini mempermudah seseorang untuk dapat melakukan olahraga sehat di rumah kapanpun sesuai dengan keinginan masing-masing. Pembatasan sosial atau social distancing bukanlah alasan untuk tidak melakukan olah raga. Lakukan olah raga secara teratur meski sedang di rumah saja agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Siap untuk berolah raga hari ini?

About Aziza Linda Verra

Check Also

Olahraga sehat pagi hari

8 Manfaat Olahraga Sehat Pagi Hari yang Bisa Dirasakan Secara Langsung

8 Manfaat Olahraga Sehat Pagi Hari yang Bisa Dirasakan Secara Langsung – Kesempatan melakukan olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *