Ketahui 17 Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya Masing-Masing

Sumbersehat.com – Anda perlu mengetahui jenis-jenis minyak essensial dan manfaatnya masing-masing agar bisa tepat dalam penggunaanya. Manfaat minyak essensial bisa memberikan efek menenangkan dan meredakan ketegangan otot jika digunakan untuk pijat. Selain itu juga bisa sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit.

Minyak esensial atau disebut juga minyak atsiri didapatkan dengan cara penyulingan dari tanaman, bunga, akar, kayu ataupun biji buah. Namun, untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis minyak esensial dan manfaatnya, simak penjelasan berikut ini!

Inilah Jenis-Jenis Minyak Essensial dan Manfaatnya

Berikut jenis-jenis minyak essensial dan manfaatnya yang perlu anda ketahui, diantaranya:

Sweet Basil atau Ocimum Basillicum

Pertama, minyak sweet basil merupakan salah satu jenis minyak essensial yang berfungsi untuk membantu mengobati kelelahan. Baik itu kelelahan secara mental maupun secara fisik. Bahkan, sweet basil juga membantu meningkatkan kesadaran dan konsentrasi.

Baca juga : Inilah Gejala dan Faktor Penyebab Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh

Basil Tulsi atau Ocimum Sanctum

Selanjutnya, adalah minyak basil tulsi yang merupakan jenis minyak essensial dan manfaatnya untuk menajamkan ingatan. Bahkan, esensial yang satu ini sangat berguna untuk mengencerkan dahak dan mengobati salema. Jadi, bisa untuk membantu meredakan batuk berdahak dan pilek.

Neem atau Azadirachta Indical

Minyak neem atau azadirachta indical termasuk jenis minyak essensial dan bermanfaat dalam mengobati salesma dan mencegah kerontokan rambut. Selain itu, neem juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Eucalyptus atau Eucalyptus Globulus

Minyak Eucalyptus berguna  untuk mengatasi problem pernapasan. Bahkan bisa membantu otot menjadi lebih rileks dan menyegarkan pikiran. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah jauhkan Eucalyptus dari jangkauan anak-anak ya!

Kayu Manis

Tak hanya bisa sebagai penguat rasa di masakan, tapi kayu manis bisa dijadikan sebagai minyak essensial. Aromanya itulah yang membuatnya termasuk jenis minyak essensial dan manfaatnya untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, kayu manis juga dipercaya dapat meredakan rasa sakit.

Tea Tree atau Melaleuca Alternifolia

Pernahkah mendengar minyak pohon teh? Tea tree atau pohon teh bisa dijadikan sebagai minyak essensial. Jenis minyak essensial ini memiliki manfaat sebagai anti fungal dan antibakteri.

Serai

Serai juga merupakan salah satu jenis minyak esensial dan manfaatnya adalah membantu mengobati infeksi dan demam. Selain itu, serai juga dapat membantu Anda ketika mengalami jet lag dan kelelahan.

Melati atau Jasminum Sambac

Berikutnya, ada minyak melati yang termasuk jenis minyak essensial dan manfaatnya untuk meringankan stres dan depresi. Bahkan melati dipercaya dapat menjadi afrodisiak yang baik lho.

Kenanga atau Cananga Odorata

Kenanga memiliki aroma seperti melati, sangat eksotik. Sehingga, bila dijadikan sebagai minyak essensial, kenanga bermanfaat untuk afrosidak sekaligus antidepresan. Selain itu, kenanga juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan menstabilkan mood.

Bunga Sedap Malam atau Poloanthes Tuberosa

Mungkin, anda tidak pernah menyangka bahwa bunga sedap malam bisa dibuat menjadi minyak essensial. Manfaat minyak essensial bunga sedap malam, selain sebagai aroma terapi pada ruangan juga berfungsi untuk mengobati impotensi atau frigiditas.

Safron atau Crocus Sativus

Bila anda ingin menjaga kesehatan lambung, maka pilihlah minyak safron yang termasuk jenis minyak essensial dan manfaatnya menguatkan lambung. Selain itu, sangat baik sebagai perangsang dan meningkatkan libido.

Baca juga : Berikut Ini 7 Kebiasaan untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Rosemary atau Rosematinus Officinalis

Jika ingin membuat tubuh lebih bersemangat dalam beraktivitas, maka pilih minyak rosemary. Itu juga termasuk jenis minyak essensial dan manfaatnya untuk membuat anda lebih bersemangat dan meningkatkan mood.

Rosewood atau Aniba Roseodora

Sedangkan kalau dalam kondisi sering merasa stres atau depresi, anda bisa memanfaatkan minyak rosewood. Jenis minyak essensial ini memiliki manfaat sebagai afrodisiak dan juga antridepresan.

Mawar atau Rose Damascena

Selanjutnya, ada minyak mawar yang memiliki aroma mawar yang romantik dan disukai oleh kaum hawa. Karena aroma mawar dapat menenangkan sekaligus menyegarkan.

Peppermint atau Mentha Piperita

Peppermint oil atau minyak peppermint juga termasuk jenis minyak essensial dan manfaatnya dapat meringankan gejala migrain. Saat sedang sakit kepala, anda bisa menghirup aromanya dan mengoleskannya ke kepala agar cepat sembuh.

Patchouli atau Pogostemon Parchouli

Masalah pada kulit bisa juga dibantu diobati dengan minyak essensial. Salah satu jenis minyak essensial dan manfaatnya untuk membantu meringankan gejala eksim serta jerawat adalah minyak patchouli. Minyak essensial ini dapat bertindak sebagai antiinflamasi.

Jeruk atau Citrus Aurantium

Aroma jeruk sangat familiar bagi kita. Ketika kita menghirup aroma jeruk maka akan timbul suasana segar dan ceria. Maka, anda tak heran bila jeruk dijadikan minyak essensial.

Demikianlah jenis-jenis minyak esensial dan manfaatnya yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda di manapun Anda berada.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

pexels photo 351448 min

Grow Local Business With Online Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *