2 Jenis Kayu Bajakah, Manfaat Dan Fakta Menarik Yang Jarang Orang Tahu

Kekayaan Indonesia tak hanya dilihat dari keberagaman budaya tapi dilihat juga dari keberagaman flora dan faunanya. Kayu menjadi salah satu hasil tanaman yang banyak di cari di Indonesia, ternyata kayu juga banyak macamnya contohnya kayu bajakah. Beirkut adalah penjelasan dan jenis jenis kayu bajakah yang katanya bisa mengobati kanker.

1. Pengertian

Disebutkan bahwa kayu bajakah adalah jenis kayu khas Kalimantan Tengah. Meski begitu, tanaman bajakah bisa ditemukan di banyak tempat pada kawasan Asia. Jarang diketahui oleh banyak orang karena memang jarang ditemukan di pasaran. Kayu bajakah digunakan sebagai obat tradisional bagi masyarakat Dayak.

2. Kandungan

Jenis jenis kayu bajakah memang sangat banyak, tapi kandungan didalamnya ada beberapa yang sama dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kira – kira apa saja kandungan didalamnya? Setidaknya ada 8 kandungan yang telah penulis rangkum dan berikut adalah penjelasannya.

Saponin

Kandungan saponin banyak ditemukan pada flora. Jika kamu mencicipinya, maka kamu akan merasakan pahit sampai manis. Sifat lainnya dari kandungan ini adalah mengheolisis darah jadi bisa berbahaya jika disuntikkan.

Mempunyai sifat beracun tapi bagi binatang berdarah dingin saja, jika pada manusia tidak ada efek bahayanya. Bentuknya ini menyerupai buih. Manfaat dari saponin adalah mencegah kolestrol, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagai antioksidan.

Terpenoid

Ciri ciri umum terpenoid adalah tidak memiliki warna, bisa dikatakan minyak atsiri karena cairan yang dihasilkan harum, dan mudah menguap. Manfaat bagi tumbuhan yaitu untuk membantu pertumbuhan pada batang, mempercepat perkecambahan dan lainnya. Sedangkan fungsi untuk manusia ada banyak seperti dijadikan parfum, kosmetik, obat kumur dan sebagai antiseptic.

Flavonoid

Termasuk kedalam bioaktif, biasa ditemukan pada makanan yang berasal dari tanaman.  Manfaat yang dihasilkan pun luar biasa seperti membantu kinerja vitamin c, memperbaiki sel rusak, mengobati alergi, mengobati peradangan dan masih banyak lagi.

Fitonutrien

Jenis jenis kayu bajakah juga biasanya mengandung fitonutrien. Kandungan ini memang biasa berasal dari tanaman dan mengandung antioksidan juga anti inflamasi. Manfaat secara gamblangnya yaitu mencegah penykit jantung, penurunan risiko kanker payudara, dan bisa mencerahkan kulit.

Tannin

Tanin bagian dari kelompok polifenol dan biasa diproduksi oleh tanaman sebagai perlawanan terhadap hama yang menyerang. Efek yang terjadi jika kamu mengkonsumsi tannin adalah sulit menyerap zat besi dan menyebabkan mual bagi beberapa orang.

3. Manfaat Kayu Bajakah

Setelah membicarakan kandungan, akan lebih baik kita mengetahui manfaat secara keseluruhan dari jenis jenis kayu bajakah yang ada. Hal itu dilakukan agar kamu bis menggunakan kayu ini dengan maksimal tapi tetap bijak. Berikut beberapa manfaatnya.

Meningkatkan daya tubuh

Jika kamu telah menyimak kandungan yang ada di dalam kayu bajakah tadi pasti tahu bahwa kayu ini mengandung banyak anti oksidan. Karena adanya anti oksidan itulah kekebalan tubuhmu meningkat dan membuat kamu jadi jarang sakit.

Mengobati rasa pegal

Masyarakat di Kalimantan percaya bahwa kayu bajakah berkhasiat dalam mengobati pegal. Karena kepercayaan itulah masyarakat sana sering mengkonsumsi kayu bajakah jika pega dan tentunya dengan takaran yang sesuai. Mengkonsumsinya adalah air rebusan kayunya.

Sebagai obat kanker

Kanker menjadi penyakit yang sangat berbahaya, tapi untungnya  kayu bajakah bisa membantu mengobati penyakit ini. Klaim ini tidak main – main karena pernah dilakukan penelitiannya di Universitas Lambung Mangkurat pada tikus putih dan menghasilkan sel tumor hilang dalam dua minggu.

Mencegah penuaan dini

Manfaat bajakah satu ini juga sangat disukai banyak orang karena kayu bajakah bisa membuat si pengonsumsinya awet muda. Antioksidan yang terkandung akan mencegah adanya keriput – keriput pada wajah dan menjadikan kulit terasa kencang.

Mempercept penyembuhan luka

Ada yang ingat senyawa yang terkandung tadi? Ya, diantaranya ada tannin dan fenolik yang memang bisa mengobati luka luar. Kamu tinggal mengoleskan saja air rebusannya ke luka atau menggunakan produk dengan bahan kayu bajakah.

4. Jenis Jenis Kayu Bajakah Termasuk yang Beracun

Seperti tertera pada judul, jenis kayu bajakah ada sekitar 200 dan beberapa diantaranya ada yang beracun. Jadi, kamu perlu bisa membedakan mana akar kayu bajakah yang beracun atau yang aman untuk dikonsumsi. Berikut keterangannya.

Akar kayu bajakah beracun

Kayu bajakah beracun merupakan jenis tuba. Biasanya digunakan oleh nelayan yang ingin menangkap ikan di sungai. Ciri lebih jelasnya yaitu jika dipegang kulit akarnya maka akan terasa lengket dan ketika kulitnya dikerik terasa sulit karena lengket tadi, guratan lebih halus

Akar kayu bajakah aman

Jika kamu ingin mengkonsumsi bajakah maka pastikan membelinya pada orang yang benar-benar mengerti tentang jenis jenis kayu bajakah. Ciri kayu yang aman adalah kebalikan yang tadi yaitu akar tidak lengket, kulit mudah dikerik dan guratannya jelas atau nampak.

5. Fakta Menarik Seputar Kayu Bajakah

Menariknya jenis jenis kayu bajakah ini memiliki fakta menarik dan pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut 4 fakta menarik kayu bajakah yang pernah ada.

Dilarang diedarkan keluar Kalimantan Tengah

Faktanya pemeritnah provinsi Kalimantan Tengah pernh mengeluarkan surat edaran dimana isinya menegaskan bahwa kayu bajakah tidak boleh dijual keluar KalTeng baik melalui jalur darat, laut maupun udara. Peraturan itu dibuat karena pemerintah mengklaim bahwa tidak ingin mengeksloitasi kayu bajakah secara berlebihan karena permintaan juga terus meningkat.

Ada jenis yang beracun

Selama ini kayu bajakah selalu dicari karena terkenal bisa mengobti berbagai penyakit. Menariknya, tak semua jenis kayu tersebut bermanfaat loh karena ada yang beracun. Ketika seseorang mengkonsumsinya maka orang tersebut pasti keracunan dan perlu diobati segera sebelum terlambat.

Dijual Bebas di Banjarmasin

Sebelum dikeluarkannya surat edaran tentang dilarangnya penjualan jenis jenis kayu bajakah keluar Kalimantan Tengah, di Banjarmasin kayu ini dijual secara bebas. Tapi, menghormati keputusan pemerintah, akhirnya para penjual di Banjarmasin pulang ke daerahnya kembali dan menuruti pemerintah untuk menjual di daerah Kalimantan Tengah saja.

Untungnya menggiurkan

Kamu pasti tahu jika kayu bajakah ini bisa mengobati kanker dimana obat kanker itu sangat mahal dan prosesnya juga lama. Jadi, ketika banyak orang yang mencari kayu ini untuk pengobatan maka harganya juga pasti tinggi, sesuai lah dengan kegunaannya. Ukuran besar bisa dijual hingga ratusan ribu sedangkan ukuran kecil masih dibawah seratus ribu.

Mulai viral tahun 2019

Entah darimana asal mulanya, kayu bajakah mulai dikenal masyrakat Indonesia pada tahun 2019. Bisa populer karena dipercaya bisa menyembuhkan kanker. Karena hal tersebutlah tiba – tiba harganya melonjak selangit dan pemerintah pun mengeluarkan kebijakan tadi

Itulah jenis-jenis kayu bajakah beserta dengan manfaatnya serta tidak lupa kayu bajakah seperti apa yang bisa dikonsusi. Ternyata banyak fakta menarik tentang kayu bajakah yang belum terekspos ke publik. Jika kamu sangat membutuhkan kayu bajakah bisa langsung datang ke Kalimantan Tengah.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat daun binahong untuk luka

4 Manfaat Daun Binahong untuk Luka Cepat Sembuh, Simak Apa Aja!

sumbersehat – Manfaat daun binahong untuk luka sudah terbukti. Tanaman ini sudah lama dipercaya sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.