Inilah 5 Jenis dan Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kecantikan Yang Ampuh, Simak Yuk !

Inilah 5 Jenis dan Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kecantikan Yang Ampuh, Simak Yuk !. Ternyata tanaman herbal memiliki segudang manfaat yang bisa kita gunakan untuk kecantikan. Menjadi cantik memang keinginan setiap orang baik dari kaum muda maupun kaum tua. Mulai dari harga yang murah dan mahal sekarang banyak sekali yang memburu tanaman herbal tersebut. Namun, untuk kalian yang suka tanam-menanam bisa membudidayakan tanaman herbal sendiri. Selain lebih ekonomis dan murah, jika kita membudidayakan tanaman tersebut bisa  untuk kesehatan dan kecantikan pastinya lagi memiliki banyak khasiat.

Hal ini juga bisa membuat halaman rumah kita lebih indah dan suasana di perkarangan rumah pun jadi cantik. Jika kamu memiliki perkarangan rumah yang sedikit lebar ini bisa kamu jadikan peluang untuk bisa membudidayakan tanaman herbal. Karna sayang sekali jika kamu membiarkan perkarangan rumah milik kamu kosong begitu saja. Nah tanaman dibawah ini bisa menjadi referensi untuk kalian dalam membudidayakan perkarangan rumah kamu. Dan manfaatnya pun akan kita jelaskan jadi untuk kamu yang belum tahu jadi bisa lebih tahu.

Manfaat tanaman herbal untuk kecantikan
Manfaat tanaman herbal untuk kecantikan

Tanaman Kunyit Untuk Jerawat

Dari zaman dulu hingga sekarang kunyit memang sudah banyak dikenal sebagai tanaman herbat yang dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Terdapat puluhan jenis penyakit yang dapat diobati melalui kunyit ini. Kunyit yang berwarna orange ini memiliki berbagai macam kandungan. Manfaat tanaman herbal untuk kecantikan ini sudah dikenal sangat ampuh dalam mengobati penyakit seperti diare, hipertensi, batuk, masuk angin dan masih banyak yang lainnya.

Kunyit ini memiliki kandungan berupa bahan antiseptik yang dapat bekerja menjadi bahan aktif yang mencegah terjadinya peradangan pada jerawat maupun luka di wajah. Bahkan, kunyit juga mampu menghilangkan kerutan pada wajah yang digunakan sebagai masker. Dengan mencampurkan 2 sendok makan kunyit yang sudah menjadi bubuk lalu bisa ditambahkan dengan 1 sendok makan tepung beras. Bisa juga dengan 1 sendok makan susu dan tomat. Kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan wajah kamu secara merata dan bisa diamkan selama 20 menit saja.

Lalu kamu bisa membilas wajah kamu sampai benar-benar bersih bisa menggunakan air hangat. Selain manfaat tanaman herbal untuk kecantikan bisa menjaga kesehatan kunyit ini juga dijadikan sebagai bahan rempah-rempah.Kunyit yang termasuk tanaman herbal ini memang banyak sekali dijumpai di Indonesia. Kunyit juga banyak digunakan sebagau bahan pembuatan jamu herbal yang bisa digunakan untuk meningkatkan stamina serta menjaga kecantikan wanita yang maksimal.

Manfaat lainnya kunyit bisa mencegah terjadinya kanker kulit dan bisa menjadi obat antiseptik ketika kalian mengalami luka. Untuk kamu yang ingin diet atau punya masalah berat badan bisa menggunakan kunyit ini. Dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan bisa kalian barengi dengan olahraga yang seimbang. Dengam begitu ini akan membantu kalian dalam menurunkan berat badan.

Tanaman Daun Waru Untuk Rambut

Daun waru ini biasa di gunakan sebagai lambang cinta, karena bentuknya hati makanya daun ini digunakan  manfaat tanaman herbal untuk kecantikan rambut. Daun ini akan diolah menjadi ramuan yang bisa digunakan dalam mencegah dan mengobati kerontokan rambut. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya membutuhkan 10 lembar daun waru yang masih mudah dan segar dengan dicampurkan segenggam daun urang-aring.

Lalu 5 lembar daun mangkokan dan daun pandan satu lembar saja. Kemudian , kalian harus mencuci semua bahan tersebut dengan memotong-motong daunnya sepanjang satu sentimeter. Selanjutnya, kalian bisa memasukkan semua bahan ke wadah atau panci. Kalian bisa menambahkan minyak wijen, minyak kemiri, dan juga minyak kelapa setengah cangkir saja. Kemudian kalian bisa memanaskan ramuan tersebut sampai keadaan mendidih.

Lalu manfaat tanaman herbal untuk kecantikan daun tersebut bisa diangkat, dan di dinginkan jika sudah dingin bisa kalian saring. Nah, hasil dari saringan ini yang bisa kalian jadikan sebagai olesan untuk kulit kepala kalian. Kalian bisa menggunakannya di malam hari lalu diamkan semalaman dan bisa kalian cuci rambutnya keesokan harinya saat kalian mandi pagi. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa melakukan metode ini setiap harinya dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Tanaman Daun Pandan Untuk Jerawat

Jerawat yang menyerang manusia tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Jerawat ini yang menjadi salah satu masalah kulit yang sangat sering dialami. Khususnya pada wanita yang memasuki periode menstruasi pasti akan muncul jerawat. Nah, jika dirumah kamu ada daun pandan maka sangat tepat sekali jika dijadikan masker untuk mengusir jerawat kamu. Caranya pun sangat mudah hanya menyiapkan daun pandan secukupnya, lalu bisa ditambahkan dengan madu.

Bisa juga ditambahkan dengan pisang dan minyak zaitun bahkan bisa juga dengan jeruk nipis. Kemudian kamu bisa memeras daun pandan tersebut dengan perasan jeruk nipis. Lalu kamu bisa mencampurkan air perasan daun pandan tersebut dengan madu. Selanjutnya, manfaat tanaman herbal untuk kecantikan ini kamu bisa mengaduknya secara merata lalu kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis tersebut ke dalam campuran pada  daun pandan juga pisang.

Kemudian, kamu bisa mendiamkan masker tersebut selama kurang lebih 5 menit saja. Lalu kamu bisa memasukkan minyak zaitun tersebut ke dalam campuran yang sudah dibuat tadi. Selanjutnya masker  daun pandan tersebut sudah bisa digunakan.

Tanaman Sirih Merah Untuk Bau Badan

Untuk kamu yang memiliki masalah bau badan tidak perlu khawatir lagi karena ada daun sirih merah yang akan membantu kamu untuk mengatasi bau badan. Dengan adanya manfaat tanaman herbal untuk kecantikan kandungan minyak asiri, polifenol, euganol, saponin, karvonal yang bersifat desinfektan dan masih banyak lainnya. Daun sirih ini memang bisa untuk menghilangkan bau badan yang alami. Caranya pun sangat mudah hanya dengan menumbuk dua lembar daun sirih merah.

Selanjutnya, kamu bisa mengoleskannya pada ketiak kamu dan bisa kamu diamkan beberapa saat terlebih dahulu. Daun sirih merah ini juga bisa mencegah sekaligus bisa menghilangkan jerawat. Hanya dengan mengaplikasikan air rebusan pada daun sirih tersebut setiap kali kamu ingin mencuci wajah setiap paginya dan malam hari.

Baca juga artikel lain disini

Tanaman Lidah Buaya Untuk Wajah Kusam

Jika kamu memiliki masalah kulit kusam ataupun kering kamu bisa menggunakan ekstrak gel lidah buaya. Karena manfaat tanaman herbal untuk kecantikan lidah buaya ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang sangat berfungsi dalam melembapkan kulit. Serta bisa mencerahkan kulit, selain itu gel ini juga mengandung zat anti mikroba. Yang bisa mencegah timbulnya masalah pada kulit wajah yang jerawat ataupun komedo. Karena bisa menyerap adanya timbunan lemak pada kulit wajah sehingga jerawat maupun komedo yang dapat dihindari.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai manfaat tanaman herbal untuk kecantikan. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa memberikan wawasan yang lebih. Untuk bisa memulai membudidayakan tanaman herbal di rumah kalian masing-masing.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *