Jangan Khawatir Bunda, Ini Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Si Buah Hati

By

Jangan Khawatir Bunda, Ini Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Si Buah Hati. Sakit gigi adalah satu dari sekian penyakit yang tidak bisa disepelekan. Sebab rasa sakit yang ditimbulkannya bisa sangat mengganggu segala aktivitas yang dilakukan penderitanya. Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi, selain jenis makanan yang biasa dikonsumsi, sakit gigi juga dapat disebabkan oleh aktivitas-aktivitas fisik yang dikerjakan. Ya, penyakit yang ditandai dengan munculnya gejala-gejala seperti perasaan nyeri ketika membuka mulut, mengunyah makanan hingga pembengkakan gusi ini bukan hanya dikeluhkan oleh orang dewasa saja, tapi juga remaja hingga anak-anak.

Sakit gigi yang dialami anak seringkali membuat Bunda khawatir dan tidak tega melihatnya mengeluh kesakitan. Berbagai cara dan obat akan Bunda carikan demi bisa mengobati sakit yang diderita si kecil. Sebab sakit gigi tidak hanya membuat si kecil tidak bisa bermain dengan teman-temannya, karena biasanya, si kecil akan lebih rewel hingga bahkan tidak mau makan sama sekali. Karenanya, sangat disarankan supaya Bunda mempunyai persediaan berbagai obat-obatan termasuk obat pereda sakit gigi di rumah. Hal ini untuk mengantisipasi sewaktu-waktu si kecil mengeluhkan sakit gigi.

obat sakit gigi berlubang
obat sakit gigi berlubang

Obat sakit Gigi Berlubang untuk Anak

Ada banyak cara yang dapat dilakukan Bunda untuk mengobati sakit gigi berlubang yang dikeluhkan si kecil. Mulai dengan memilih menggunakan berbagai obat sakit gigi berlubang dari bahan tradisional maupun obat sakit gigi berlubang yang dapat Bunda beli di apotek. Meski begitu, jika tidak sempat menyiapkan berbagai obat tersebut di rumah, ada berbagai alternatif obat yang dapat Bunda berikan untuk mengurangi nyeri pada gigi berlubang si kecil. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan sebagai penanganan pertama untuk mengobati sakit gigi berlubang pada si kecil.

Berkumur dengan air hangat

Cara yang bisa dilakukan Bunda untuk penanganan pertama jika si kecil mengeluhkan sakit gigi berlubang adalah dengan berkumur menggunakan air hangat. Ini adalah cara tradisional yang turun temurun dilakukan untuk mengobati sakit gigi, tidak terkecuali sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang. Caranya pun tidak sulit, Bunda hanya perlu merebuskan air, lalu setelah kira-kira air sudah cukup hangat, Bunda bisa mematikan kompor dan memberikan air hangat tersebut pada si kecil untuk digunakannya berkumur.

Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, Bunda juga bisa melarutkan garam dapur pada air yang hangat tersebut. Hal ini dikarenakan larutan garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan dapat pula digunakan sebagai anti-bakteri. Ya, dengan memberikan larutan garam tersebut, gigi berlubang anak yang biasanya terasa nyeri karena terselip makanan itu maka bakteri-bakteri penyebab kerusakan gigi tersebut akan mati dan mengurangi nyeri berdenyut-denyut pada gigi berlubang anak. Oleh karenanya, air hangat dengan larutan garam dapat menjadi alternatif obat sakit gigi berlubang yang dapat Bunda dapatkan dengan mudah di rumah.

Bawang putih dan bawang merah

Selain berkumur dengan air hangat yang ditambahkan dengan garam, cara yang bisa dilakukan Bunda untuk penanganan pertama jika si kecil mengeluhkan sakit gigi berlubang adalah dengan memanfaatkan baput dan bamer. Ya, bawang putih dan bawang merah. Kedua jenis bawang yang biasanya digunakan sebagai penyedap masakan ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi. Hal ini karena bawang-bawang tersebut mengandung saripati berupa antimikroba dan antiseptik yang dapat menyembuhkan sakit pada gigi berlubang.

Cara memanfaatkan bawang putih maupun bawang merah untuk obat sakit gigi berlubang pun tidak sulit, Bunda hanya perlu menghancurkan bawang tersebut lalu menaruhnya pada bagian gigi si anak yang dirasa nyeri. Bakteri-bakteri yang ada pada gigi karena proses pembusukan makanan yang terselip di gigi si anak akan mati karena manfaat dari antimikroba yang dikandung oleh bawang merah maupun bawang putih tersebut.

Minum obat pereda nyeri

Cara yang dapat Bunda lakukan untuk mengobati sakit gigi berlubang si kecil adalah dengan memberikan obat pereda nyeri. Tapi dengan catatan bahwa obat pereda nyeri tersebut diberikan dengan dosis yang sesuai untuk anak-anak. Jika tidak demikian, memberikan si anak obat pereda nyeri dengan dosis tinggi ataupun dengan dosisnya orang dewasa bukannya berhasil menyembuhkan justru dapat mebuat si anak merasakan efek samping dari obat yang diminum tadi.

Mencegah Sakit Gigi Berlubang pada Anak

Beberapa cara di atas dapat Bunda lakukan jika si anak mengeluhkan sakit gigi, termasuk sakit gigi berlubang yang seringkali dikeluhkan. Hal ini karena usia anak-anak biasanya memang menolak diberitahu ajakan untuk merawat kesehatan gigi. Sementara jika gigi sudah rusak, barulah sedikit-sedikit si anak dapat diajak untuk merawat kesehatan gigi. Nah, untuk menghindari kerusakan pada gigi perlu adanya upaya pencegahan yang Bunda dan si anak lakukan supaya tidak sampai harus mengonsumsi berbagai obat sakit gigi berlubang. Berikut adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Rajin membersihkan gigi

Ada pepatah yang menyebutkan jika lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu pun yang berlaku untuk kesehatan gigi. Salah satu penyebab dari adanya gigi berlubang adalah sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi maupun rongga mulut. Makanan-makanan tersebut lama kelamaan akan membusuk dan bakteri-bakteri yang ada di mulut akan mengeluarkan zat asam yang dapat merusak gigi dan menjadikannya berlubang. Oleh karenanya, penting untuk Bunda mengingatkan si kecil untuk rajin menyikat gigi, minimal sebelum dan sesudah makan, juga sewaktu si kecil hendak tidur di malam hari.

Mengurangi makanan manis yang berlebihan

Makanan manis dan berwarna-warni adalah kegemaran anak-anak. Karenanya, berbagai olahan gula seperti permen atau pun gulali sangat disukai. Selain olahan tersebut, anak-anak juga menyukai makanan yang berbahan maupun dihiasi dengan coklat seperti donat, pisang coklat, dan lain sebagainya. Nah, seperti yang Bunda tahu, olahan-olahan manis yang dikonsumsi secara berlebihan tersebut ternyata tidak baik dan menjadi salah satu sebab munculnya gigi berlubang. Lubang yang semakin hari semakin melebar tersebutlah yang sewaktu-waktu menimbulkan rasa nyeri pada anak. Jika sudah demikian, maka si anak mau tidak mau harus mengonsumsi obat sakit gigi berlubang. Maka dari itu, penting juga Bunda mengingatkan si kecil untuk mengurangi konsumsi makanan manis yang berlebihan.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Rutin memeriksakan gigi ke dokter

Memeriksakan gigi si kecil pada dokter gigi adalah langkah yang tepat untuk Bunda lakukan. Dengan rutin memeriksakannya 6 bulan sekali, misal, maka kondisi kesehatan gigi si kecil akan terpantau oleh orang yang memang pakarnya di bidang kesehatan gigi. Pun, jika si kecil sering mengeluhkan nyeri pada gigi berlubangnya, maka dokter gigi juga akan memberikan saran treatment yang bisa Bunda lakukan hingga meresepkan obatyang aman untuk diminum oleh si kecil.

Demikian adalah pemaparan mengenai obat sakit gigi berlubang dan cara mencegah sakit gigi berlubang pada anak ya, Bunda. Pengobatan-pengobatan yang dilakukan dengan cara-cara tersebut dapat Bunda jadikan sebagai penangan awal jika si kecil mengeluhkan sakit pada giginya yang berlubang. Tentu saja, jika sakit yang diderita oleh si kecil masih terus berkelanjutan, sangat bijak jika Bunda mengonsultasikannya langsung dengan dokter gigi.

Tinggalkan komentar