8 Macam Jamu Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

By

8 Macam Jamu Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya – Jerawat memang menjadi masalah klasik pada kulit, baik perempuan maupun laki-laki. Sejak zaman pertama puber, jerawat sudah menjadi momok menakutkan untuk kulit. Beragam cara dilakukan oleh orang untuk menghalau jerawat, baik dari kosumsi obat-obatan khusus, skincare hingga jejamuan yang resepnya sudah diwariskan sejak zaman kuno. Saking bandelnya, jerawat kadang menyisakan bekas yang menganggu tampilan kulit. Sehingga harus turut dibersihkan juga. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini mengenai beragam jamu yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya.

Bahan alami dan Jamu Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

Air putih

Siapa yang tidka kenal air putih? Komponen utama kehidupan ini sangatlah penting peranannya. Bagi oang yang sedikit minum air putih,  haruslah segera berubah dan berhati-hati. Lantaran kurangnya asupan air putih,  ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat di kulit wajah. Hem, mengerikan sekali bukan? Seperti yang diketahui, tubuh manusia komponen utamanya didominasi oleh air. Jika kekurangan air, sel-sel yang ada di tubuh akan akan terganggu proses metabolismenya. Termasuk sel kulit wajah, yang sangat rentan karena terpapar sinar matahari langsung dan radikal bebas di udara.

jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya
jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya

Kebaikan Madu dan Yogurt

Dua bahan ini memang sejak lama dikenal kebaikannya sebagai jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Adapun cara untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yaitu dengan menggunakan kedua bahan tersebut sebagai kosumsi harian yang dimasukkan secara oral, juga sebagai masker yang digunakan tiga hari sekali. Kandungan vitamin C, mikroba baik, asam laktat dan asam alfa hidroksi pada kedua bahan tersebut, akan berguna untuk mengatasi penyebab jerawat serta menghilangkan penumpukkan sel-sel kulit mati, sebum dan bakteri penyebab jerawat yang menempel.

Jamu Kunyit Asam

Siapa tidak kenal dengan jejamuan satu ini? rasanya yang segar dan lezat, memang cocok untuk dijadikan minuman berkhasiat yang bisa dikosumsi oleh anak-anak, dewasa maupun lansia. Namun siapa sangka ternyata jamu yang terbuat dari campuran parutan kunyit, asam jawa dan gula aren ini memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit. Misalnya saja kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit, memiliki manfaat sebagai anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan akibat infeksi bakteri penyebab jerawat. Tidak itu saja, jamu untuk menghilangkan jerawat ini memiliki kandungan vitamin C yang juga bagus untuk membantu proses regenerasi sel-sel tubuh.

Perasan Air Lemon

Resep tradisional ini sudah sejak lama digunakan sebagai resep jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Baik dikosumsi secara oral juga bisa secara topikal untuk membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya di permukaan kulit. Kadungan vitamin C dan anti bakterinya, efektif untuk mencegah dan mengobati jerawat. Cara pemakaiannya pun mudah, tinggal peras airnya, kemudian campur dengan air hangat untuk kosumsi secara oral. Sedangkan untuk topikal, bisa menggunakan sisa perasan dan rendam dengan air panas. Selanjutnya gunakan air rendaman untuk cuci muka secara teratur. Jangan mengoleskan langsung pada kulit, karena sifat asam ini iritatif.

Teh Hijau

Minuman kaya antioksidan satu ini juga dikenal sebagai resep untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain dikosumsi secara oral juga bisa secara topikal untuk membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya di permukaan kulit. Untuk pemakaian secara oral, tinggal seduh dengan air panas dan kosumsi secara teratur untuk menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Kemudian, selain antioksidannya yang baik, juga terdapat kandungan etanolik yang bersifat anti bakteri sehingga mampu menghambat tumbuhnya kuman penyebab jerawat. Gunakan sisa rendaman teh yang sudah diseduh untuk masker dan gunanakan secara berkala untuk hasil terbaik.

Air Jeruk Nipis

Kelompok jejerukan memang nggak ada matinya, selalu punya cara untuk membantu tubuh untuk menjaga kesehatan. Manfaatnya pun sangat beragam dan juga bisa digunakan sebagai jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Pemakaiannya sama seperti perasan air lemon, hanya saja jika lemon cenderung lebih sulit dijumpai di pasaran, sedangkan jeruk nipis lebih mudah. Lantaran jeruk lokal ini bisa ditemui di berbagai daerah dan pasar-pasar tradisional, sehingga lebih mudah dipakai untuk sehari-hari. Harganya pun lebih murah dibandingkan jeruk lemon.  

Jus Timun dan Lemon

Sudah terbayang bagaimana segarnya minuman satu ini? Perpaduan rasa timun yang ringan namun segar, bercampur dengan asamnya perasan air lemon, semakin menambah kaya rasa segar yang dihasilkan. Baik dikosumsi sehari-hari untuk minuman dan serat pangan, ramuan satu ini ternyata memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit dalam mengatasi jerawat. Cara kosumsinya juga mudah, selain diminum langsung juga ampas sisa jus bisa digunakan sebagai masker. Kandungan timun yang mampu menghidrasi kulit akan berpadu cantik dengan manfaat air lemon yang kaya anti bakteri dan vitamin C. Sehingga, kulit bebas jerawat pun bisa terwujud.

Bawang putih

Bumbu dapur ini selain membuat aroma dan rasa makanan menjadi lebih lezat, ternyata juga mampu mengobati beragam penyakit yang diderita tubuh. Misalnya saja berguna sebagai jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.  Kandungan anti bakteri dan zat aktif lainnya, membuat daya tahan tubuh meningkat dan juga jika digunakan secara topikal, bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, dalam pemakaian harus hati-hati, karena sifatnya yang iritatif. Cukup parut dan letakkan pada bagian jerawat yang tengah muncul, dan biarkan hingga mengering. Lakukan berulang secara teratur dan jerawat pun akan segera mengecil.

Kulit Pisang dan Kunyit

Selesai makan pisang, jangan buang kulitnya. Karena bagian dalam kulit pisang memiliki banyak kandungan baik yang bisa menstimulus sel-sel kulit untuk aktif beregenerasi. Apalagi jika kerokan bagian dalam kulit pisang, dicampur dengan parutan kunyit segar, lalu aplikasikan sebagai masker. Niscaya, jerawat-jerawat bandel akan segera mengecil dan kulit pun lebih halus serta segar. Namun, untuk penggunaan kunyit jangan terlalu banyak ya, agar warna kuningnya tidak terlihat aneh di wajah setelah masker dibersihkan. Cukup 1 bagian kunyit dibanding 3 bagian dalam kulit pisang.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Jamu Beras Kencur

Jejamuan satu ini selain berguna untuk mengahangatkan badan, meredakan batuk dan juga manfaat lain, ternyata memiliki manfaat sebagai jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Kosumsinya bisa dilakukan secara oral dan rutin setiap minggu untuk hasil terbaik. Jika membuat sendiri, maka ampas bekas kencur dan sari tumbukan beras yang digunakan, bisa dipakai sebagai masker wajah. Kandung anti bakteri pada kencur dan vitamin yang ada di dalam tumbukan beras, bisa bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Tertarik untuk mencoba rangkaian jamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, tersebut? Bahan-bahan yang dibutuhkan dapat dijumpai dengan mudah di sekitar dan proses pembuatannya juga sangat sederhana, sehingga siapa saja bisa melakukannya sendiri. Namun, sebelum memakai, pastikan kondisi kulit dan kosultasikan dengan dokter untuk hasil terbaik. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar