Inilah Manfaat Sayur Bagi Tubuh, Sebagai Ratu Sayur Inilah 10 Kehebatan Kale

Inilah Manfaat Sayur Bagi Tubuh, Sebagai Ratu Sayur Inilah 10 Kehebatan Kale – Ada sayuran-sayuran tertentu yang memiliki banyak manfaat dan disukai karena kandungannya yang lengkap dan baik bagi kesehatan. Nutrisi yang digemari adalah sayuran dnegan kandungan rendah kalori namun mengndung zat besi yang tinggi, nol kadar lemak, serta kaya akan antioksidan. Juga vitamin K yang baik untuk tulang. Sayuran-sayuran tersebut diantaranya adalah brokoli dan kale.

Kale mempunyai kandungan yang dicintai oleh para pencinta gaya hidup sehat. Karenanya di luar Indonesia sayuran ini sejak lama telah dianggap sebagai ratu sayur karena kandungannya yang begitu mempesona. Sedangkan di Indonesia sendiri kale baru beberapa tahun belakangan saja populer setelah sebelumnya brokoli menjadi salah satu primadona sayuran sehat. Kini dengan ramainya informasi tentang manfaat kale, maka sayuran satu ini pun perlahan mulai naik daun.

manfaat sayur bagi tubuh
manfaat sayur bagi tubuh

Kale dan manfaat sayur bagi tubuh

Ya manfaat sayur bagi tubuh dan kandungan sayur kale ini memang luar biasa, banyak sekali manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan. Bahkan untuk kecantikan pun, sayur kale ini juga dapat dimanfaatkan. Wah jadi pengen tahu kan apa saja sebenarnya manfaat hebat sayuran yang biasa disebut kailan ini. Nah, berikut akan dijabarkan beberapa manfaat sayur bagi tubuh. Dalam artikel ini khusus membahas tentang manfaat kale bagi tubuh. Ini dia beberapa di antaranya:

Anti Inflamasi

Pakar kesehatan telah menginformasikan bahwa kandungan omega 3 dan omega 6 sangat baik untuk antiinflamasi. Itulah kandungan yang terdapat dalam sayur kale. Karena itulah sayur kale berfungsi baik bagi antiinflamasi tubuh. So, gak usah ragu untuk mulai mencoba sayuran yang satu ini. Meski rasanya terkenal pahit namun bisa disiasati dengan mencampur dengan buah-buahan lain bila mengolahnya sebagai jus.

Membuat lingkaran hitam di bawah mata memudar

Ya bagi para wanita, faktor kelelahan membuat mata menjadi kurang bersinar. Selain itu kurangnya tidur juga membuat lingkaran hitam mata yang cukup mengganggu. Ini merupakan salah satu permasalahan yang sering menjadi momok bagi wanita dan kecantikannya. Karenanya manfaat sayur bagi tubuh dankandungan vitamin C yang banyak dalam sayur kale ini dapat menolong sebagian wanita yang selama ini bermasalah dengan kantung hitam di bawah mata.

Rambut menjadi lebih berkilau

Seperti telah disebutkan di atas bahwa kandungan sayur kale ini di antaranya adalah omega 3 dan omega 6. Ternyata dua kandungan tersebut sangat bagus bagi kesehatan rambut lho. Kulit rambut menjadi ternutrisi dan rambut menjad lebih kuat dan berkilau. Kabar baik lainnya yaitu masalah rambut lainnnya seperti ketombe, rambut rapuh sehingga mudah rontok, juga bisa diatasi dengan kandungan yang terdapat dalam sayur kale.

Terpenuhinya angka kebutuhan gizi harian

Manfaat sayur bagi tubuh, seikat daun kale nyatanya mampu memenuhi kebutuhan gizi harian. Dalam 67 gram kale , terdapat kandungan vitamin A sebanyak 206%. Kalium sebanyak 9%. Magnesium di angka 6%. Tembaga 10%. Vitamin lainnya yaitu B6, C, dan K berturut-turut memiliki kandungan 9%, 134%, dan 684%. Dengan total kalori sebanyak 33 kalori, karbohidrat sebanyak 6 gram dan dua di antaranya serat. Selain itu terdapat juga 3 gram protein.

Mengkonsumsi lebih banyak kale merupakan salah satu metode yang baik dalam rangka meningkatkan kandungan nutrisi total dari makanan sehari-hari. Kandungan lemak dalam kale sangat sedikit. Namun sebagian besar adalah asam lemak omega-3. Omega 3 sering disebut juga sebagai alfa linolenat. dengan kandungan kalori yang begitu rendah, maka kale dapat digolongkan sebagai makanan padat nutrisi.

Kandungan antioksidan yang kuat

Tingginya manfaat sayur bagi tubuh kandungan antioksidan dalam sayuran hijau seperti dalam kale ini rupanya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas. Seperti telah banyak disebutkan dalam berbagai penelitian bahwa radikal bebas dapat mengganggu keseimbangan dalam aliran darah dan membuatnya terhambat karena tumpukan radikal bebas tersebut.

Kale mengandung beta-karoten serta polifenol dan bermacam flavonoid. Flavonoid quercetin dan kaempferol dalam jumlah cukup besar dapat ditemukan dalam sayuran kale. Efek perlindungan terhadap jantung cukup kuat, selain itu penurunan tekanan darah, antivirus, antidepresi, juga antikanker merupakan manfaat dari kedua zat antioksidan ini. Mengkonsumsi kale akan membawa efek positif yaitu gangguan jantung tidak akan mudah menyerang. 

Banyak mengandung zat anti kanker

Kanker adalah salah satu penyakit pembunuh yang berada di urutan 5 besar di seluruh dunia. Banyak orang mencari berbagai cara untuk menghindari diri dari penyakit ini. Salah satu manfaat sayur bagi tubuh di antaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang aman bagi tubuh, banyak mengandung zat-zat antikanker. Salah satu di antara makan tersebut adalah sayur kale. Kandungan sulforaphane dalam kale dipercaya dan telah dibuktikan dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker pada tingkat molekuler.

Mengontrol kadar gula darah

Penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak mengasup makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Karenanya mereka membutuhkan asupan makanan yang sangat sedikit mengandung zat-zat tersebut. Nah kale bisa jadi sebagai salah satu solusinya. Kandungan karbohidrat yang sangat sedikit serta bebas gula merupakan kelebihan sayur kale. Itulah sebabnya saat ini penderita diabetes banyak yang mulai mengkonsumsi kale sebagai bentuk proteksi diri terhadap makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh mereka.

Dianjurkan untuk kesehatan kulit

Manfaat sayur bagi tubuh agar kulit tetap sehat dan selalu mulus, maka konsumsi kale dianjurkan karena kale mengandung vitamin A yang dapat dinikmati sebagai salad untuk kecantikan kulit. Kaum hawa adalah kaum yang mengagungkan kecantikan kulit sehingga hadirnya kale sepertinya merupakan kabar yang sangat menyenangkan untuk mereka. Dengan demikian salah satu masalah yang paling ditakuti dapat diatasi dengan rajin mengkonsumsi kale.

Membuat rongga mulut lebih sehat

Pencegahan sariawan bisa dilakukan dengan makan sayur kale. Baik dijus maupun dengan cara dimakan sebagai salad. Kondisi gusi juga dapat lebih terjaga dan enzim yang seimbang dalam rongga mulut akan lebih baik. Siapa yang tak ingin kesehatan mulutnya lebih baik. Tentunya dengan kesehatan mulut yang bagus maka akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat makan menjadi lebih nikmat. Bila kesehatan mulut baik, maka asupan makanan dapat lebih terjaga. Kesehatan tubuh juga lebih terjamin. Nah bermanfaat sekali ya sayur kale ini.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Detoksifikasi

Racun-racun dalam tubuh akibat konsumsi makanan yang tidak seimbang atau bisa juga disebabkan oleh tidak tercernanya makanan dalam tubuh dengan baik, dapat membahayakan tubuh. Karena itulah manfaat sayur bagi tubuh diperlukan untuk bantuan zat-zat penghilang racun alami yang dikonsumsi untuk menetralisir racun-racun tersebut. Kale salah satu sayuran yang bisa digunakan untuk menghancurkan racun dalam tubuh.

Itulah 10 manfaat sayur bagi tubuh. Sayur kale meskipun rasanya pahit namun tetap menjadi idola banyak orang. Itu karena manfaatnya lebih menggoda dibandingkan rasanya yang unik. Sayur ini tidak tahan lama jadi sebaiknya belilah secukupnya untuk sekali pengolahan saja. Nah setelah tahu manfaat kale yang begitu berlimpah, tentunya kini anda berminat untuk mengkonsumsinya untuk kesehatan tubuh.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *