Inilah 9 Obat Sakit Gigi yang Paling Manjur di Apotek

Inilah 9 Obat Sakit Gigi Yang Paling Manjur Di Apotek. Sakit gigi merupakan salah satu jenis sakit gigi yang ada di dalam  rongga mulut disebabkan oleh aktivitas bakteri jahat. Rasa yang timbul dari sakit gigi adalah rasa nyeri terutama pada bagian gusi. Gigi berlubang merupakan salah satu petunjuk terjadinya gangguan pada bagian gigi kita.

Rasa sakit yang ditimbulkan bisa bertambah apabila juga terjadi pembengkakan yang membuat pipi kita terlihat membesar. Rasa sakit itulah yang kemudian membuat orang-orang sangat terganggu dalam beraktivitas setiap harinya. Orang yang sakit gigi juga terkadang sangat mudah marah. Untuk menanggulangi rasa sakit tersebut berikut kami sarankan beberapa obat medis yang dapat membantu kamu menyembuhkan sakit gigi :

Obat Medis yang Dapat Menyembuhkan Sakit Gigi

Asam Mefenamat

Obat sakit gigi ini terbilang sangat manjur dan sangat mudah didapatkan di apotek terdekat. Harga dari obat ini tidak begitu mahal. Ada banyak berbagai merk dagang yang menjual jenis obat seperti ini. Kamu dapat menggunakannya untuk mengobati rasa nyeri akibat sakit gigi yang sudah cukup menganggu aktivitas keseharian kamu.

obat sakit gigi
obat sakit gigi

Asam mefenamat sangat bergunan untuk membantu meredakan rasa nyeri pada gigi yang sudah akut, sedang dan kronis. Cara kerja dari obat ini adalah dengan menghambat kinerja dari suatu enzim yang menyebabkan inflamasi. Tidak hanya berguna menyembuhkan sakit gigi, ternyata asam mefenamat juga berguna untuk meredakan inflamasi setelah operasi atau persalinan.

Kalium Diclofenac

Kallium diclofenac merupakan sebuah obat sakit gigi berikutnya yang kami rekomendasi buat kamu. Obat ini termasuk dalam golongan jenis obat OAINS atau anti inflamasi non steroid. Sama seperti asam mefenamat obat ini membantu meredakan inflamasi akibat sakit gigi. Manfaat dari obat ini juga berfungsi untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi.

Cara kerja dari obat ini adalah perpaduan antara dua senyawa yaitu diclofenac dan garam kalium menjadi sebuah obat yang meredakan inflamasi. Hal ini sangat membantu untuk meredakan rasa nyeri pada penderita sakit gigi baik dengan tingkat ringan, sedang dan berat. Penghambatan biosintesa progstaglindin oleh obat ini berfungsi agar tidak terjadi peradangan oleh tubuh.

Paracetamol

Parasetamol, siapa yang tidak kenal dengan obat ini yang sering digunakan oleh orang-orang sebagai penurun badan panas. Kamu perlu khasiat lainnya dari parasetamol ini, yaitu dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Hal ini dikarenakan parasetamol memiliki kandungan analgesik yang terkenal dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Parasetamol bekerja dengan menghambat kegiatan produksi prostaglandin. Prostaglandin adalah suatu senyawa atau enzim yang mempunyai tugas untuk mengirim respon rasa sakit ke otak. Dengan cara kerja seperti itu, rasa sakit yang ditimbulkan oleh sakit gigi berangsung akan hilang sendiri. Penggunannya harus menggunakan resep dokter, dikarenakan memiliki efek samping yang serius.

Natrium Diclofenac

Obat selanjutnya kami sarankan buat kamu adalah natrium diclofenac. Ini adalah obat sakit gigi yang masih satu jenis dengan obat OAINS dan sangat manjur untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Walaupun dapat mengobati sakit gigi. Umumnya obat ini digunakan untuk peradangan sendi. Namun, tak masalah juga untuk dipakai mengobati sakit gigi.

Cara kerja dari obat  yang satu ini adalah dengan mengurangi terjadinya peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh sehingga rasa sakit akan hilang dengan sendirinya. Penggunaan dari obat ini perlu dengan resep dokter, karena kontradiksi dan efek sampingnya tidak main-main. Salah satu efek sampingnya adalah dapat menyebabkan lambung menjadi terganggu.

Antalgin

Antalgin merupakan salah satu obat sakit gigi yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai penyembuh sakit gigi. Banyak apotek yang menjual obat jenis ini, karena penggunaannya sudah umum di masyarakat. Antalgin termasuk dalam jenis obat analgetik yang dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit pada gigi. Namun, penggunaanya harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Obat yang satu ini memiliki cara kerja dengan menghentikan inflamasi dan peradangan pada gigi. Sehingga rasa sakit akibat inflamasi akan segera hilang. Selain untuk penyembuhan sakit gigi, antalgin juga dapat digunakan untuk meredakan inflamasi lainnya seperti setelah operasi atau setelah mengalami cedera.

Clindamycin

Obat ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sakit gigi. Obat sakit gigi ini mempunyai sifat antibiotik. Termasuk dalam golongan antibiotik microlide yang dapat dengan mudah dibeli di apotek. Penggunaan obat ini kebanyakan untuk permasalahan yang terjadi pada saluran penncernaan, dan juga permasalahan pada tulang atau sendi.

Cara kerja dari ini adalah dengan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Dengan hilangnya bakteri penyebab sakit gigi, maka peradangan yang ditimbulkan akan segera terhenti.  Orang yang memiliki alergi serta gangguan lambung tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi obat ini. Karena dapat menimbulkan masalah yang serius seperti sakit perut dan mual.

Dexamethasone

Dexamethasone merupakan sebuah obat sakit gigi yang dapat menyembuhkan rasa nyeri pada gigi. Obat ini seperti obat anti inflamasi lainnya yang memiliki tugas untuk menghentikan peradangan yang terjadi pada bagian tubuh manusia. Dexamethaose bekerja dengan cara menghentikan aktivitas produksi dari prostaglandin yang mengirim rasa sekit pada otak.

Obatini memiliki efek samping yang serius. Orang yang memiliki gangguan luka pada lambung, orang yang dengan diabetes, dan juga penderita TBC tidak boleh mengonsumsi obat ini. Dikarenakan obat ini dapat memicu terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Selain itu, efek samping lainnya dari obat ini adalah peningkatan terjadinya pengoroposan tulang.

Ibuprofen

Ibuprofen termasuk salah satu obat sakit gigi yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk menyembuhkan sakit gigi. Obat ini banyak tersedia dalam berbagai bentuk seperti sirup, tablet, dan kapsul. Obat ini termasuk obat analgetik yang dapat mampu mengurangi peredangan dalam tubuh. Sehingga rasa sakit akan hilang dengan cepat.

Selain sebagai penyembuh sakit gigi,, obat ini juga banyak digunakan sebagai obat demam penurun panas. Penggunaan yang tidak sesuai resep dokter akan menyebabkan efek samping seperti perut kembung dan mual, ulu hati akan terasa sakit, menyebabkan diare. Intinya orang yang memiliki gangguan pencernaan tidak disarankan untuk mengonsumninya.

Ponstan

Ponstan adalah obat sakit gigi  yang manjur untuk menyembuhkan rasa nyeri akibat peradangan pada gigi dan gusi. Ponstan masih dalam satu golongan dengan asam mefenamat dan memiliki analgesik untuk mengurangi peradangan. Ponstan bekerja layaknya asam mafenamat, yang menghambat produksi enzim prostaglandin yang mengirim sinyal rasa sakit ke otak.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Efek samping dari ponstan diantaranya menimbulkan rasa mual pada lambung, menimbulkan rasa gatal pada bagian kulit, bahkan dapat menyebabkan sesak nafas. Maka dari itu orang yang memiliki gangguan pencernaan dan pernafasan tidak diperkenankan mengonsumsi obat ini. Obat ini juga sangat tidak diperbolehkan uga untuk ibu hamil.

Itulah beberapa obat sakit gigi di apotek yang manjur untuk mengatasi rasa nyeri atau peradangan pada gigi. Namun, harus diingat bahwa penggunaan obat-obatan tersebut harus melalui konsultasi dokter. Nantinya kamu akan diberikan resep yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping. Semoga segera sehat dari sakit gigi yang sekarang kamu alami.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pexels photo 351448 min

Grow Local Business With Online Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *