Inilah 8 Manfaat Buah Naga Untuk Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 8 Manfaat Buah Naga Untuk Bayi yang Perlu Anda Ketahui. Tumbuh kembang bayi memang sangat perlu untuk terus diperhatikan. Maka dari itu sangat penting bagi seorang bayi untuk dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang membantu menambah laju pertumbuhan juga perkembangannya.

Salah satu makanan yang patut dikonsumsi bayi adalah buah naga. Ada banyak sekali manfaat buah naga untuk bayi, sehingga buah ini cukup sering dijadikan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) bagi bayi yang baru mulai belajar makan.

manfaat buah naga untuk bayi
manfaat buah naga untuk bayi

Buah naga yang merupakan keluarga dari tumbuhan kaktus memang dikenal dengan berbagai macam kandungan baik, bahkan jumlah kandungan yang tidak seperti buah lainnya, membuat buah ini menjadi unik. Inilah kenapa buah satu ini cukup sering dijadikan rekomendasi untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan.

Nah, manfaat buah naga untuk bayi sendiri memang cukup banyak. Namun tetap perlu untuk berkonsultasi kepada dokter, supaya manfaat yang didapat menjadi optimal. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari buah naga terkhusus untuk seorang bayi.

Kaya Akan Antioksidan

Buah naga memang sudah terkenal dengan kandungan antioksidannya. Antioksidan sendiri sangat berguna bagi bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan sehingga mudah terkena penyakit. Antioksidan akan meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi sehingga dapat menjadikan anak yang sehat.

Manfaat buah naga untuk bayi yang satu ini memang sangat perlu diperhatikan. Karena kandungan antioksidan pada buah naga juga akan melindungi sel-sel si kecil supaya terhindar dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, yang sudah banyak di lingkungan saat ini.

Membantu Perkembangan Tulang Si Kecil

Selain kaya akan antioksidan, buah naga juga dikenal kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Karena mengkonsumsi buah naga akan membantu perkembangan tulang bayi. Juga memberikan tulang yang padat dan kuat, karena kandungan fosfor dengan flavonoid dan fenolik.

Manfaat buah naga untuk bayi dalam perkembangan tulang ini, memang membuat buah naga diincar sebagai asupan buah bagi bayi. Dengan perkembangan tulang yang baik, nanti saat dewasa bayi akan lebih mudah terhindar dari penyakit tulang, seperti radang sendi.

Kandungan Serat Yang Membantu Pencernaan

Kandungan lain yang bermanfaat bagi seorang bayi adalah serat. Buah naga memiliki serat sebanyak 3 gram per 100 gramnya. Ini akan membantu bayi menambah kebutuhan serat hariannya. Serat sendiri memang sangat diperlukan untuk menjaga sistem metabolisme pada tubuh.

Hal ini akan membuat bayi terhindar dari sembelit, selain itu manfaat buah naga untuk bayi dari seratnya juga dapat mengatur berat badan bayi, agar terhindar dari obesitas. Karena serat dapat menstabilkan gula dalam tubuh hingga memberikan rasa kenyang, supaya bayi tidak makan berlebihan.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat lain dari buah naga berasal dari kandungan zat besinya. Buah naga juga sudah terkenal kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri dapat membantu meningkatkan jumlah dari sel darah merah, sehingga perkembangan bayi akan menjadi lebih optimal.

Manfaat buah naga untuk bayi yang satu ini dapat mencegah si kecil dari anemia, atau kekurang sel darah merah. Jika terkena ini, perkembangan bayi akan terhambat karena menyebabkan banyak gangguan pada pada bayi. Menjadikan buah naga semakin dicari sebagai asupan untuk si kecil.

Memiliki Vitamin A dan C Untuk Membantu Perkembangan

Buah naga juga dikenal kaya akan vitamin A dan C, kedua vitamin ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sang bayi. Vitamin A sendiri memiliki manfaat pada penglihatan, membantu perkembangan penglihatan pada bayi, supaya selalu memiliki mata yang sehat.

Sedangkan manfaat buah naga untuk bayi dari vitamin C adalah untuk kesehatan kulit dan juga tulang serta otot. Vitamin C membantu perkembangan dan pertumbuhan kulit bayi agar mendapatkan kulit yang sehat. Ini akan membantu melindungi dari polusi nantinya.

Menjaga Ginjal Bayi

Buah naga juga memiliki fungsi detoksifikasi yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Buah naga akan membantu ginjal bayi untuk menghilangkan racun-racun yang diserap oleh tubuh, sehingga menjadikan bayi lebih sehat dan kuat. Juga menambah optimal laju tumbuh kembangnya.

Manfaat buah naga untuk bayi yang satu ini sangat berguna bagi bayi yang memiliki tubuh yang masih berkembang. Detoksifikasi dapat mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh melalui sistem ekskresi seperti kemih. Artinya memiliki manfaat untuk menjaga kelancaran sistem ekskresi pada bayi juga.

Meningkatkan Perkembangan Saraf

Perkembangan sistem saraf bayi merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan pada bayi. Buah naga yang di dalamnya terdapat kandungan kalsium, sodium, dan fosfor dapat membantu perkembangan saraf bayi. Ini karena ketiga kandungan ini membantu memastikan berfungsinya sistem saraf.

Manfaat buah naga untuk bayi dengan membantu perkembangan sistem saraf dapat membuat kemampuan sensorik dan motorik bayi meningkat. Sehingga bauh naga memang direkomendasikan untuk dikonsumsi bayi demi membantu perkembangannya menjadi orang yang pandai.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung baik bayi maupun orang dewasa memang perlu untuk terus diperhatikan. Ini juga karena banyak sekali kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit jantung. Dengan memiliki jantung yang sehat, maka pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih optimal.

Salah satu manfaat buah naga untuk bayi adalah melindungi jantung dan menyehatkan jantung. Ini karena buah naga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk membuat jantung sehat. Maka itu buah naga sangat penting dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi.

Itulah sedikit manfaat dari buah naga, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain. Tentunya, manfaat itu menjadi rekomendasi untuk memberikan si kecil asupan buah naga. Perhatikan juga saran dokter mengenai cara mengkonsumsi buah naga bagi bayi, tentunya berbeda dari orang dewasa.

Untuk mengoptimalkan manfaat buah naga untuk bayi memang sering dijadikan MPASI sekaligus memperkenalkan bayi dengan makanan. Ada baiknya buah naga dihaluskan terlebih dahulu supaya gampang dikunyah sang bayi. Baru secara bertahap diberikan buah naga yang berupa potongan-potongan kecil.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Jangan jadikan buah naga jus dengan menambahkan gula atau lainnya, cukup dihaluskan saja. Ini untuk menjaga kandungan-kandungan tadi tetap optimal. Jika sudah mulai kenal dan memiliki gigi, baru berikan bayi buah naga yang dipotong-potong, bagaimanapun asupan yang terbaik adalah buah yang utuh.

Untuk lebih mengoptimalkan manfaat buah naga untuk bayi, sebaiknya langsung berkonsultasi kepada dokter. Ini juga supaya porsi konsumsi disesuaikan dengan kebutuhan sang bayi, mengingat kebutuhan dan perkembangan setiap bayi memang berbeda-beda. Jangan asal kasih, karena kelebihan juga berbahaya.

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah naga untuk bayi, memang ada baiknya untuk mulai diberikan buah unik satu ini. Demi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang lebih baik, ayo mulai berikan asupan buah naga. Namun tetap perlu untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai konsumsi buah naga ini.

About Ibnu Khamill

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *