Inilah 7 Manfaat Tumbuhan Herbal Untuk Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Tumbuhan Herbal Untuk Kesehatan. Tumbuhan herbal adalah kearifan tradisional yang dibawa oleh orang tua sejak zaman dahulu kala. Banyak dipercaya sebagai obat yang mampu menyembuhkan dengan efek samping yang tidak separah obat-obat kimia.

Selain digunakan sebagai obat-obatan, manfaat tumbuhan herbal untuk kesehatan juga banyak digunakan sebagai konsumsi sehari-hari. Biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan, seperti daun sirih yang digunakan untuk menjaga kesehatan mata ataupun temulawak yang dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Namun apakah Anda mengetahui apa sebenarnya tumbuhan herbal? Tumbuhan herbal sederhananya adalah tumbuhan yang dipercaya memiliki nilai kesehatan baik untuk dikonsumsi maupun untuk digunakan pada bagian luar tubuh. Nah, tumbuhan herbal sendiri ada yang sudah diteliti dan dapat dipertanggungjawabkan secara Ilmiah memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun ada juga yang hanya dipercaya turun temurun memiliki khasiat khusus.

Manfaat tumbuhan herbal
Manfaat tumbuhan herbal

Tenang saja tumbuhan herbal yang hanya dipercaya turun temurun tadi, sebenarnya masih banyak dalam proses penelitian. Untuk itu mengetahui manfaat tumbuhan herbal memang memerlukan pendapat para ahli dibidangnya, tanyakan pada dokter tumbuhan obat yang cocok untuk digunakan terlebih dahulu sebelum menggunakannya, supaya mendapat hasil maksimal.

Lantas apa keunggulan dari menggunakan tumbuhan herbal yang sudah dilakukan penelitian. Penelitian ini berguna untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada tumbuhan tersebut, sehingga dapat menentukan apa saja manfaatnya. Juga mengetahui apa penyebab tumbuhan tersebut memiliki manfaat demikian rupa. Selain itu ini membantu untuk mengetahui dosis pemakaiannya juga.

Manfaat tumbuhan herbal dalam bidang kesehatan memang sudah terbukti dari zaman dahulu kala, namun apa saja tumbuhan yang sering digunakan untuk herbal? Berikut ini akan menjelaskan beberapa tumbuhan yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Mengkudu

Selain daun sirih tumbuhan herbal satu ini juga tidak kalah terkenalnya karena bermanfaat untuk kesehatan, yaitu mengkudu. Buah yang jarang disukai orang karena tekstur, bau, dan rasanya ini sudah sejak lama juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat tumbuhan herbal dari buah mengkudu dipercaya dapat menjadi anti-kanker. Selain itu juga dipercaya mampu meredakan tekanan darah tinggi, karena mampu melancarkan peredaran darah. Juga meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi. Manfaat mengkudu yang banyak memang sesuai dengan perjuangan untuk mengonsumsinya.

Daun Sirih

Tumbuhan satu ini dipercaya memiliki khasiat yang beraneka ragam. Dimulai dari menghentikan mimisan hingga menghilangkan bau badan. Tumbuhan asli Indonesia ini memang sudah dipercaya banyak orang memiliki banyak manfaat, yang disertai pengujian klinis terhadap manfaat kesehatannya.

Daun Sirih memiliki kandungan Protein, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin B2 serta antioksidan, namun kandungan paling banyaknya adalah air sebesar 85%-90%. Maka dari itu daun sirih memiliki Manfaat tumbuhan herbal untuk menangani luka bakar dengan mempercepat penyembuhannya, sama halnya dengan mimisan tadi, juga menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Jambu biji

Tumbuhan satu ini memang sering dikonsumsi, namun apakah Anda tahu jika jambu biji memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tidak seperti mengkudu tadi dengan rasa yang kurang disenangi banyak orang, tentunya jambu biji dapat menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan ya.

Jambu biji memiliki kandungan vitamin, antioksidan, kalium, dan serat. Menyebabkan manfaat tumbuhan herbal untuk kesehatan satu ini adalah dapat memperbaiki kerusakan organ karena radikal bebas, menurunkan tensi, juga menurunkan kolesterol. Selain itu daun jambu biji sendiri dipercaya dapat mengobati malaria loh.

Jahe

Siapa yang tidak tahu bahwa jahe merupakan tumbuhan herbal. Di Indonesia sendiri jahe sering dibuat sebagai minuman hangat yang dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Juga sering dibuat sebagai campuran jamu atau racikan obat herbal yang dapat ditemukan di seantero wilayah Indonesia.

Jahe memiliki manfaat tumbuhan herbal untuk kesehatanmemang sudah dipercaya sejak dahulu, yaitu untuk mengobati saluran pernafasan supaya lebih segar. Selain itu juga dapat membantu mengatasi muntah, diare, sakit perut, dan mabuk kendaraan hanya dengan mengonsumsi jahe.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah yang dicari oleh para penjajah, karena salah satu komoditas rempah yang bermanfaat dan memiliki karakteristik tersendiri. Kayu manis yang biasa digunakan untuk campuran minuman, menjadikan tumbuhan ini populer karena mudah dihidangkan.

Manfaat tumbuhan herbal dari kayu manis ternyata dapat mencegah penyakit jantung dan juga mencegah kanker. Ini dikarenakan dalam kayu manis terdapat kandungan antioksidan. Selain itu kayu manis juga dipercaya dapat mengobati saluran pernafasan serta meringankan perut yang kembung. Dengan begitu kayu manis yang memberikan rasa menyegarkan cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Lidah Buaya

Tumbuhan satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan tumbuhan-tumbuhan herbal di atas. Lidah buaya sangat dikenal karena memiliki manfaat untuk kesehatan rambut karena ekstrak aloe-nya. Bahkan banyak sekali produk kesehatan rambut seperti shampoo yang menggunakan tumbuhan satu ini.

Ekstrak aloe dari lidah buaya sendiri ternyata memiliki manfaat tumbuhan herbal untuk kesehatan yang lain, selain menyehatkan rambut dan kepala. Ekstrak ini juga sering digunakan untuk melembabkan wajah supaya lebih sehat, serta untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai konsumsi yang menyegarkan, tentu memiliki manfaat yang beraneka ragam pula.

Mahkota Dewa

Anda pasti sering mendengar buah simalakama, nah buah itu sebenarnya adalah mahkota dewa. Tumbuhan satu ini sering kali dijadikan obat-obatan herbal ataupun jamu, tentunya dengan teknik pengolahan yang khusus, karena seperti namanya buah simalakama yang memiliki manfaat sekaligus racun.

Pengolahan mahkota dewa memang tidak boleh sembarangan demi mendapatkan manfaatnya saja. Manfaat tumbuhan herbal mahkota dewa untuk kesehatansatu ini adalah menstabilkan gula darah karena memiliki kandungan flavonoid. Kandungan tersebut juga dapat berfungsi untuk detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

Nah, tadi beberapa tumbuhan herbal yang sering digunakan sebagai obat-obatan maupun sekedar dikonsumsi untuk kesehatan. Tumbuhan-tumbuhan di atas memang sudah sangat terkenal, terutama di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sudah banyak dilakukan penelitian untuk menguji manfaatnya.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Saatnya Menggunakan Tumbuhan Herbal

Selain sebagai alternatif pengganti obat-obatan kimia, karena memiliki efek samping yang tidak begitu parah, juga sudah dipercaya dari dahulu. Faktor seseorang mengonsumsi tumbuhan herbal selain karena manfaat tumbuhan herbal juga dikarenakan mudahnya didapat.

Tumbuhan seperti jahe, jambu, lidah buaya seringkali ditanam di pekarangan rumah, untuk sekedar hiasan, untuk memasak, dan dikonsumsi sebagai makanan. Jelasnya tumbuhan tadi memang memiliki manfaat untuk kesehatan jika digunakan dengan baik.

Sudah dijelaskan mengenai tumbuhan herbal serta manfaat tumbuhan herbal. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan tumbuhan herbal, mintalah petunjuk dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Hal ini berguna memastikan khasiat tersebut cocok dengan masalah kesehatan yang dialami. Juga jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat, guna memaksimalkan manfaatnya.

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *