Kalian Meat Lovers? Inilah 5 Resep Makan Malam Untuk Diet Berbahan Dasar Daging!

Kalian Meat Lovers? Inilah 5 Resep Makan Malam Untuk Diet Berbahan Dasar Daging! – Menu diet biasanya identik dengan menu-menu dari produk nabati seperti sayur-mayur, buah-buahan dan biji-bijian. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat ketiganya yang tinggi, yang dapat mengerem nafsu makan dengan membuat kalian kenyang lebih lama. Pun, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian juga rendah dalam hal jumlah kalori dan lemak. Namun, untuk kalian yang tidak terlalu suka sayuran, makanan diet berbahan dasar demikian pastilah menjadi momok tersendiri.

Terlebih lagi jika kalian merupakan meat lovers yang rasa-rasanya tidak akan senang memakan makanan diet berbahan dasar sayuran melulu. Satu hal yang perlu kalian ketahui, daging bukanlah hal terlarang untuk dikonsumsi ketika diet. Asalkan kalian memilih daging yang tepat yakni daging tanpa lemak, maka olahan daging tersebut bisa jadi menu diet yang sehat. Selain stigma daging tidak cocok untuk menu diet, stigma lain seputar diet adalah tidak diperbolehkannya makan malam karena menyebabkan kegemukan. Padahal, makan malam dengan menu dan porsi yang pas dalam kurun waktu pukul 17.00-19.00 tidak akan bikin gemuk, lho.

makan malam untuk diet
makan malam untuk diet

Berikut 5 Resep Berbahan Dasar Daging Sebagai Menu Makan Malam Untuk Diet

Sandwich Daging

Menu makan malam untuk diet yang pertama ini sangat simpel sekali mulai dari segi bahan sampai cara pembuatannya. Adapun yang perlu kalian perhatikan di sini adalah pemilihan jenis rotinya. Sebaiknya untuk kalian yang tengah diet, pilihlah roti gandum karena lebih kaya serat dan lebih rendah kalori. Selain itu, hal lainnya yang perlu diperhatikan pula adalah pemilihan daging isiannya. Pastikan kalian memilih daging yang tak berlemak banyak atau tanpa lemak sama sekali.

Nah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sandwich daging ini adalah roti gandum, daging iris, keju, margarin rendah lemak, dan mayonaise. Jika kalian suka pedas, kalian bisa tambahkan sambal sesuai selera. Cara pembuatannya yang pertama adalah panaskan margarin di atas teflon lalu panggang daging iris. Selanjutnya, letakkan keju dan daging iris yang sudah terpanggang di atas setangkup roti, lalu tambahkan mayonaise sedikit saja. Setelah itu, tutup tumpukan isi tadi dengan setangkup roti lainnya dan pangganglah hingga kecoklatan.

Steik Lean Beef (Daging Sapi Tanpa Lemak)

Berikutnya dalam daftar menu diet kali ini ada olahan steik dari lean beef. Lean beef atau daging sapi tanpa lemak diketahui dapat membantu proses pembakaran kalori. Selain itu, kandung protein dan vitamin B di dalamnya dijamin bikin kamu kenyang tahan lama, guys. Oleh karenanya, menu satu ini pas banget dijadikan makan malam untuk diet agar kalian tidak kelaparan tengah malam. Bahan-bahan yang diperlukan disini adalah daging sapi tanpa lemak, bawang putih yang sudah dihaluskan, minyak goreng, mentega, gula, garam.

Proses pembuatannya yang pertama adalah siapkan air rendaman dari bawang putih yang sudah dihaluskan serta gula dan garam ke dalam air. Kemudian, rendam daging dalam air rendaman berbumbu yang sudah dibuat tersebut. Setelah itu, panaskan teflon dan pangganglah daging yang sudah direndam tadi sampai airnya keluar. Oleskan mentega lalu panggang lagi hingga matang. Jika kalian pecinta pedas, kalian bisa menambahkan lada hitam di atasnya.

Daging Sapi Lada Hitam

Makan malam untuk diet selanjutnya yang bisa kalian coba adalah daging sapi lada hitam. Menu satu ini cocok banget buat kalian para meat lovers yang suka pedas! Bahan dan cara pembuatannya pun tergolong mudah didapat dan dilakukan sehingga bisa kalian coba sendiri di rumah. Untuk bahan yang dibutuhkan adalah daging iris, bawang bombay, bawang putih, paprika merah, jahe, dan margarin rendah lemak. Sementara untuk bumbunya kalian butuh lada hitam bubuk, saos tiram, kecap manis, kecap asin, gula pasir, air, dan kaldu bubuk.

Selanjutnya untuk tahap memasaknya, pertama-tama kalian tumis terlebih dahulu bawang putih dan cabe yang sudah di geprek. Lalu masukkan semua bumbu yang sudah dilarutkan dalam air tadi dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, masukkan daging, aduk-aduk dan masak hingga matang. Selanjutnya, masukkan irisan bawang bombay dan paprika ke dalamnya. Nah, sekarang daging sapi lada hitam sudah bisa dihidangkan di piring saji dan disantap sebagai menu diet yang oke punya!

Sup Daging

Jika kalian sedang malas memakan menu yang digoreng dan ingin menyantap menu berkuah yang hangat, kalian bisa memilih sup daging. Menu makan malam untuk diet yang satu ini juga tergolong salah satu menu diet sehat karena bebas dari minyak-minyakan. Selain itu, karena menu ini berkuah, maka menu ini akan cepat bikin kamu kenyang, guys! Adapun bahan yang diperlukan adalah daging sapi, telur, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan sereh. Pun, kalian juga butuh jahe, cabe rawit, garam, dan kaldu jamur.

Langkah pertama untuk membuat sup daging ini adalah potong-potong dan rebus daging selama 15 menit. Kemudian, buang air rebusan tersebut dan rebuslah kembali daging dengan air baru. Tambahkan sereh, jahe, bawang putih dan bawang merah yang sudah dicincang ke dalam rebusan tersebut. Ketika air sudah mulai menyusut, masukkan cabe rawit, garam, dan kaldu jamur. Setelah itu, masukkan telur lalu kocok-kocok dan tunggu sampai kuah rebusan mengental sebelum disajikan.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Salad Daging

Terakhir, sebagai menu makan malam untuk diet, kalian bisa mencoba salad daging. Dari namanya saja kalian sudah bisa menebak jika menu satu ini pasti melibatkan sayuran di dalamnya. Kendati demikian, menu ini merupakan menu yang sehat banget karena ada sumber protein dan serat dalam satu porsi hidangan. Jika kalian ingin membuat menu ini, bahan yang perlu kalian persiapkan di antaranya sirloin steak, selada, timun, dan bawang bombay. Kemudian kalian juga perlu menyiapkan jeruk nipis, bubuk bawang putih, unsalted butter, dan minyak zaitun.

Masuk ke proses pembuatannya yang pertama yakni cuci bersih daging di bawah air mengalir. Kemudian, rendam daging tersebut di dalam campuran air jeruk nipis, dan bubuk bawang putih. Jika kalian suka pedas, kalian bisa tambahkan bubuk cabe dalam air rendaman tersebut. Selanjutnya, tumis bawang bombay menggunakan unsalted butter sampai wangi, lalu masukkan daging dan sedikit air dan tunggu sampai matang. Jika sudah matang, campurkan daging dengan potongan selada dan timun ke dalam mangkuk, lalu tambahkan minyak zaitun sebagai dressing.

Demikianlah resep-resep makan malam untuk diet dari bahan dasar daging. Semoga pembahasan kali ini membantu kalian yang tengah ingin mengkreasikan daging sebagai menu diet. Kemudian sebagai catatan, meskipun daging yang kalian gunakan sudah rendah kalori dan lemak, kalian tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *