Inilah 12 Macam Obat Sakit Gigi Terampuh (Medis dan Tradisional)

By

Inilah 12 Macam Obat Sakit Gigi Terampuh (Medis dan Tradisional). Siapa yang tidak pernah mengalami sakit gigi? Setiap orang baik yang tua, muda, anak-anak, dan dewasa semuanya pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Nyeri yang ditimbulkan oleh sakit gigi sangatlah menganggu aktivitas kita setiap harinya. Kalau tidak segera ditangani maka akan terjadi gangguang yang serius terhadap kesehatan rongga mulut.

Sakit gigi terkadang merupakan sebuah gejala dari sebuah penyakit., baik yang terjadi pada rongga mulut ataupun pada bagian tubuh lainnya. Namun, secara khusus sakit gigi yang terjadi pada rongga mulut terjadi karena beberapa alasan seperti gigi berlubang, tumbuh gigi, gigi patah, gigi tanggal, peradangan pada gusi, gigi busuk, gusi bengkal dan sebagainya.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami sakit gigi? Ketika kita sedang mengalami sakit gigi maka sebaiknya segera lakukan penanganan untuk menyembuhkannya. Rasa nyeri yang ditimbulkan sungguh menyiksa diri kita, dimana kepala gigi, gusi, dan pipi mengalami rasa sakit yang luar biasa. Tapi tenang sakit gigi bisa diobati dengan obat sakit gigi baik yang tradisional dan medis.

obat sakit gigi
obat sakit gigi

Ada banyak obat baik dari tradisional dan medis yang dapat menyembuhkan sakit gigi ini.  Kamu tidak perlu pusing lagi, karena sekarang kamu berada di tempat yang tepat. Karena kami akan merokomendasikan beberapa obat yang dapat menyembuhkan sakit gigi baik dari sisi tradsional dan sisi medis. Berikut ulasannya :

Obat-obatan Medis

Jika kamu sedang mengalami sakit gigi, banyak beragam obat sakit gigi yang bertebaran di apotik yang dapat meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan ketika sakit gigi. Namun, sebelumnya kamu harus benar-benar konsultasi ke dokter gigi sebelum mengonsumsi berbagai obat-obatan medis yang akan kami rekomendasikan. Berikut beberapa obat-obatan medis yang dapat menyembuhkan sakit gigi :

Naproxen

Naproxen merupakan sebuah obat medis yang ampuh dalam menyembuhkan sakit gigi. Obat ini berbentuk semacam kaplet dan dapat kamu beli di apotek terdekat. Namun, perlu diketahui obat ini memiliki efek samping diantaranya seperti perut mulas, perut kembung, diare, dan gangguan penglihatan. Maka dari itu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengonsumsinya.

Acetaminophen

obat sakit gigi berikutnya bernama Acetaminophen. Obat ini termasuk dalam golongan NSAID yang sangat ampuh untuk mengobati rasa nyeri akibat dari sakit gigi. Obat ini memang dibuat secara khusus untuk menghilangkan rasa nyeri, khususnya nyeri gigi. Seperti Naproxen, anda perlu minta petunjuk dokter sebelum mengonsumsinya.

Dentasol

Dentasol berbeda dengan obat umum lainnya yang berbentuk kapsul atau pil. Dentasol sendiri berbentuk krim yang digunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian gigi yang terasa nyeri. Obat ini sangat cocok untuk anak-anak, karena penggunannya yang aman dan tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Kandungan dari Dentasol terdiri dari benzokain, kamfer, fenol, mentol, dan setilpridinium klorida.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat sakit gigi yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk menyembuhkan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Obat ini memiliki dua bentuk yaitu sirup dan tablet dan mempunyai efek yang begitu efektif untuk menghentikan rasa nyeri. Untuk mengetahui dosis yang tepat, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar tidak menimbulkan efek samping.

Anbesol dan Orajel

Anbesol dan Orajel merupakan obat yang termasuk dalam anestesi topikal yang berbentuk baik salep, semprotan dan cair. Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi dan menegah rasa sakit yang timbil pada lapisan permukaan mulut. Peruntkkan obat ini hanya kepada orang dewasa saja. Untuk anak-anak sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan gejala methemoglobinemia.

Asam Mefenamat

Obat sakit gigi yang kami sarankan berikutnya yaitu Asam Mefenamat. Kandungan zat antiinflamasi di dalam asam ini bergunan untuk meredakan rasa nyeri pada penderita sakit gigi. Sebelum menggunakan obat ini ada baiknya kamu menghubungi dokter gigi terdekat agar mendapatkan dosis yang tepat. Sehingga penggunannya tidak menimbulkan efek samping.

Obat Alami atau Tradisional

Selain obat-obatan medis yang sudah disebutkan tadi. Obat tradisional juga memiliki keampuhan dalam mengobati rasa sakit yang ditimbulkan oleh sakit gigi. Terutama di Indonesia yang kaya akan bahan-bahan rempah yang menyebabkan banyak racikan obat tradisonal untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut kami rekomendasikan obat-obat tradisional yang dapat menyembuhkan sakit ggigi:

Minyak Cengkeh

Obat sakit gigi tradisional yang kami rekomendasikan pertama adalah minyak cenkeh. Dalam hal dapur, cengkeh ini banyak digunakan untuk kepnetingan masak-memasak. Namun, jangan salah minyak dari cengkeh ternyata dapat menyembuhkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Pengobatan menggunakan minyak cengkeh ini sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat.

Garam

Rekomendasi kedua dari kami mengenai obat tradisonal penyembuh sakit gigi yaitu berasal dari bumbu dapur yang mudah ditemukan yakni garam. Kamu cukup mencampurkan air hangat dengan garam yang kemudian coba kamu berkumur dengan air campuran garam tersebut. Lakukan hal tersebut secara rutin selama 2-3 kali sehari sampai rasa nyeri pada gigi benar-benar hilang.

Cuka

Obat sakit gigi tradisonal berikutnya yaitu cuka,  bahan yang sering digunakan di dalam dapur.  Baik cuka masak atau cuka apel. Keduanya dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi. Kandungan zat aktibakteri dan aktimikroba di dalam cukalajh yang membantu membunuh kuman dan bajteri yang menyebabkan sakit gigi.

Daun Jambu Biji.

Daun jambu biji dianggap memiliki banyak manfaat termasuk dalam hal penyembuhan sakit gigi. Kandungan analgesik, anti-radang dan antimikroba di dalam daun jambu biji sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakitĀ  yang diakibatkan oleh sakit gigi. Kamu hanya perlu berkumur-kumur menggunakan campuran air dengan tumbukan beberapa daun jambu biji. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai rasa sakitnya hilang.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan rekomendasi kami berikutnya untuk mengatasi sakit gigi. Gel dari lidah buayalah yang selama ini dimanfaatkan masyarakat untuk masalah berbagai penyakit. Termasuk juga dimanfaatkan untuk obat sakit gigi. Gel lidah buaya memiliki kandungan antibakteri alami yang dapat membuat kuman penyebab sakit gigi hancur.

Bawang Putih

Sama halnya seperti lidah buaya, bawang putih juga memiliki antibakteri alami yang kuat. Sehingga dapat menyembuhkan keluhan sakit gigi banyak orang. Untuk melakukan pengobatan dari bawang putih, kamu perlu menembuk satu siung bawang putih sampai halus kemudian campur dengan garam. Setelah itu oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Itulah beberapa obat sakit gigiyang dapat kami rekomendasikan baik dari segi medis dan tradisional. Untuk mengindari rasa sakit gigi yang berkepanjangan hindari dulu makanan dan minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi, serta juga keasamaan dari sebuah makanan atau minuman karena hal itu akan memperburuk kondisi sakit gigimu.

Tinggalkan komentar