Hindari 8 Pantangan Ini Ketika Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari

Hindari Pantangan Ini Ketika Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari. Ada berbagai alasan yang membuat orang lebih memilih berolahraga di pagi hari dibandingkan dengan sore hari. Selain untuk mendapatkan udara segar yang tidak tercemar polusi, pagi hari dianggap sebagai quality time tanpa adanya gangguan.

Hal tersebut karena biasanya, akan selalu ada alasan yang menggagalkan rencana olahraga di sore hari. Ajakan hangout setelah bekerja atau ajakan main bersama anak, misalnya, menjadi penyebab utama rencana olahraga urung dilakukan. Karenanya, pagi hari selepas bangun tidur menjadi solusi waktu terbaik untuk berolahraga.

olahraga sehat di pagi hari
Olahraga sehat di pagi hari

Pantangan yang Harus Dihindari Ketika Lakukan Olahraga Sehat di Pagi Hari

Betul, memang sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan rajin berolahraga. Namun, ada pantangan yang harus anda hindari demi keselamatan dan kesehatan tubuh anda sendiri. Berikut adalah beberapa pantangan yang tidak boleh anda lakukan ketika olahraga sehat di pagi hari.

Melewatkan pemanasan

Pemanasan atau warming up adalah langkah penting yang harus anda lakukan sebelum berolahraga. Hal ini karena aktivitas yang hukumnya wajib dilakukan ini berfungsi untuk menghindarkan tubuh dari risiko mengalami cedera. Selain itu, pemanasan anda lakukan akan melenturkan otot-otot kaku yang lebih berisiko mengalami cedera serius.

Olahraga sehat di pagi hari yang notabene dilakukan setelah bangun tidur semuanya memerlukan pemanasan lebih dahulu, termasuk olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Melakukan serangkaian gerakan olahraga arobik tanpa olahraga, misalnya, akan mempertinggi risiko keseleo maupun saraf terjepit yang tentunya merugikan anda sendiri. Oleh karenanya, jangan tinggalkan pemanasan, bahkan jika yang anda lakukan hanya olahraga ringan.

Berolahraga di tempat yang panas dan medan yang tidak mendukung

Sejatinya olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan. Namun manfaat tersebut bida tidak didapatkan tubuh jika tidak dilakukan secara benar. Hal ini mungkin saja terjadi, menyoal tempat melakukan olahraga tersebut misalnya. Ketika jogging umumnya dilakukan di tempat yang sejuk dan rata, akan membahayakan tubuh jika jogging dilakukan di tempat yang terik dan menanjak.

Begitu pula ketika melakukan olahraga sehat di pagi hari jenis yoga. Yoga yang merupakan olahraga untuk latih pernapasan ini selain dilakukan indoor juga bisa dilakukan di tempat yang sejuk. Namun, melakukan yoga di tempat yang panas sebaiknya tidak anda lakukan. Sebab kondisi yang demikian ini akan membuat anda lebih cepat kehilangan banyak cairan.

Tetap berolahraga ketika mengalami cedera

Sudah menjadi keharusan untuk anda mengenali berbagai isyarat yang mengharuskan anda berhenti olahraga. Di antaranya yakni ditandai dengan gejala pusing, mual, perasaan cemas, dan detak jantung yang tidak beraturan. Jika sudah merasakan gejala tersebut, maka satu-satunya yang harus anda lakukan adalah mengistirahatkan tubuh. Sebab tetap memaksa tubuh berolahraga akan berisiko tinggi membuat anda mengalami cedera.

Namun, lebih buruk lagi akibatnya jika dalam kondisi cedera anda tetap memaksa melakukan olahraga sehat di pagi hari. Karena bukannya menyehatkan, keras kepala anda justru dapat memperburuk cedera yang anda alami. Maka dari itu, kewajiban anda adalah istirahat untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh anda. Dengan kondisi fit itulah anda akan siap melakukan olahraga yang seolah sudah menjadi hobi tersebut.

Menyamakan kemampuan diri dengan kemampuan orang lain

Selain mengenali bahasa tubuh yang mengharuskan anda berhenti olahraga, anda juga wajib mengenali kemampuan anda sendiri. Sebab masing-masing individu memiliki kemampuan istimewa yang tentu tidak sama dengan orang lain. Karenanya, jangan membandingkan kemampuan anda dengan kemampuan orang lain.

Membandingkan seberapa jauh ketahanan untuk jogging misalnya. Jika orang lain dapat lakukan olahraga sehat di pagi hari ini satu jam tanpa berhenti misalnya, anda tidak harus begitu. Meskipun membandingkan dengan tujuan sebagai motivasi atau penyemangat melakukan olahraga, cara ini tidak benar. Sebaliknya, lakukan sesuai dengan kemampuan anda. Jika hanya kuat 30 menit, jalani itu. Setelah tubuh beradaptasilah anda dapat menambah intensitas olahraga yang anda lakukan.

Sibuk bermain gadget

Pantangan ketika berolahraga berikutnya yakni pantang asik sendiri dengan gadget yang anda mainkan. Meski tampaknya sulit sebab umumnya tidak lengkap jika olahraga tanpa selfie, ada baiknya anda benar-benar menyingkirkan lebih dahulu gawai ini dan fokus berolahraga. Ketika jalan-jalan pagi misalnya, ketika anda lebih fokus bermain hape ketimbang memperhatikan jalan, anda bisa saja membahayakan diri dan orang lain.

Tujuan melakukan olahraga sehat di pagi hari adalah untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Namun, bisa saja tujuan ini diselewengkan dengan tidak bijak sekadar untuk ajang foto-foto saja. Memang tidak sepenuhnya salah, namun tujuan semacam ini tidak akan memberikan manfaat yang maksimal dari olahraga yang anda lakukan untuk kesehatan tubuh anda.

Melewatkan pendinginan

Seperti juga kewajiban anda melakukan pemanasan sebelum olahraga, anda pun wajib untuk melakukan pendinginan seusai berolahraga. Pendinginan ini bertujuan untuk mengembalikan detak jantung yang dipacu dengan cepat ketika berolahraga. Pendinginan ini juga berguna untuk mengurangi risiko sendi terjepit maupun kram di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga.

Maka dari itu, sebelum melakukan berbagai aktivitas lain setelah olahraga sehat di pagi hari, sebaiknya anda melakukan pendinginan lebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak waktu sia-sia untuk melakukan pendinginan. Sebab hanya dengan 3 hingga 5 menit saja anda akan dapat mengembalikan ritme apas dan detak jantung dengan proses recovery yang satu ini.

Tidak mengganti cairan tubuh yang hilang

Bukan rahasia lagi jika ketika olahraga tubuh kehilangan banyak tubuh. Bahkan tubuh akan memberikan sinyal khusus ketika ia mengalami kekurangan cairan. Sinyal tersebut diantaranya yakni dengan detak jantung yang ngos-ngosan dan pandangan yang mulai kabur. Jika sudah demikian, yang bisa anda lakukan adalah sejenak menghentikan olahraga dan mengonsumsi air minum yang menjadi bekal anda berolahraga.

Sebaliknya, tidak memenuhi kebutuhan cairan ketika olahraga sehat di pagi hari akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Bukan saja tumbang ketika sedang berolahraga, kekurangan cairan atau dehidrasi serius dapat membuat gangguan pada kesehatan ginjal. Maka dari itu, pastikan tubuh memenuhi kebutuhan air dan nutrisi hariannya.

Perhatikan artikel lainnya disini

Tidak segera ganti baju

Pantangan yang harus anda hindari berikutnya yakni tidak segera ganti baju. Bisa dimaklumi, sebenarnya, jika olahraga yang dilakukan tentu melelahkan. Sehingga sekadar ganti baju pun seolah tidak sempay. Padahal, keringat yang keluar dan menempel pada baju selain menimbulkan bau juga menjadi sarang tumbuhnya kuman. karenanya, sangat dianjurkan supaya anda segera ganti baju seusai lakukan olahraga.

Demikian adalah 8 pantangan yang sebaiknya anda hindari ketika lakukan olahraga sehat di pagi hari. Sebab bukannya dapat segudang manfaat olahraga sehat, melanggar pantangan ini justru dapat menjadi sebab munculnya masalah kesehatan yang lebih serius.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *