Ini Dia 8 Tumbuhan Herbal dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Ini Dia 8 Tumbuhan Herbal dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia. Sakit adalah keadaan dimana kita tidak nyaman dengan kondisi badan yang lemas dan  hanya bisa rebahan terus. Tentunya setiap orang tidak ingin mengalami yang namanya sakit. Karena apabila kita jatuh sakit berbagai aktivitas yang biasa kita lakukan tidak akan berjalan seperti biasa. Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan agar tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hal ini dapat kita mulai dengan hal sederhana seperti menjaga pola tidur, atau juga bisa dengan makan makanan sehat.

Ketika sudah berhasil menjalani hal – hal yang sederhana, kita dapat memulai dengan hal yang sedang. Seperti mulai rutin berolahraga, pergi ke gym, meminum susu, dan berbagai pola hidup sehat lainnya. Di masyarakat Indonesia ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Salah satu yang dipegang oleh masyarakat sejak dahulu adalah mengonsumsi tumbuhan herbal. Cara ini banyak digunakan oleh para tabib kerajaan saat negeri ini masih zaman kerjaan hindu-budha.

Tumbuhan herbal sejak sudah sejak dulu meman terkenal ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Orang – orang dahulu sadar betul tumbuhan herbal dan manfaatnya bagi tubuh manusia. Walaupun di tengah ilmu medis yang sekarang perkembangannya semakin maju, pengobatan herbal masih sering dilakukan. Terkadang banyak orang memilih jalur alternatif pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Karena mereka percaya akan khasiat dari pengobatan herbal yang dturunkan secara turun menurun.

tumbuhan herbal dan manfaatnya
tumbuhan herbal dan manfaatnya

Kita sebagai generasi maju yang sekarang hidup dalm segala kemajuan teknologi tidak boleh lupa terhadap budaya bangsa ini. Pengobatan melalui obat herbal terus harus dilestarikan dan kita pelajari agar tidak mudah punah. Banyak generasi sekarang yang kurang sadar akan manfaat dari tumbuhan herbal. Dan mereka juga menyepelekan kemampuan dari penyembuhan obat – obatan herbal. Padahal pengobatan herbal lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang besar dibandingkan dengan obat – obatan kimia.

Untuk menambah wawasan kita semua mengenai tumbuhan herbal dan juga setidaknya menyadarkan anggapan negatif banyak orang terhadap obat-obatan  herbal. Kami di sini akan membahas beberapa jenis tumbuhan herbal dan manfaatnya untuk tubuh manusia. Semoga dengan adanya ini mengubah paradigma atau cara pandang sebagian orang yang menyepelkan obat – obatan herbal. Berikut sudah kami rangkum informasinya dari beberapa sumber, yuk mari simak penjelasan di bawah ini.

Berikut 8 Tumbuhan Herbal dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Jahe

Jahe adalah tumbuhan herbal pertama yang akan kami bahas, tumbuhan herbal ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Jika ditanya memang semua orang pasti akan mengenal rempah – rempah ini  yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Mulai dahulu jahe selalu dikonsumsi dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Air hasil rebusan kemudian akan diminum selagi hangat dan dimanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Contoh penyakit yang dapat disembuhkan dengan jahe seperti mual – mual, diare, sakit kepala dan masih banyak lagi.

Kunyit

Tumbuhan  berikutnya yang masuk dalam daftar pembahasan tumbuhan herbal dan manfaattnya untuk tubuh manusia adalah kunyit. Yap, kunyit selain dijadikan sebagai bumbu dapur juga kerap kali digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat dari kunyit tak lepas dari kandungan zat kurkumin yang terdapat di dalamnya. Kunyit sangat baik untuk menjaga nafsu makan, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, dan lain – lain. Kunyit memiliki aturan penggunaan yang harus dipatuhi oleh para penggunanya. Jagalah batasan jumlah kunyit yang dikonsumi, atau jika tidak, akan menyebabkan efek samping yang besar.

Lengkuas

Lengkuas adalah  bumbu dapur yang sering digunakan seperti dua tumbuhan sebelumnya yakni jahe dan kunyit. Lengkuas ini kandungan sama dengan laos, kedua tumbuhan ini sama – sama memiliki galangin, situsterol, dan flavanoid. Kandungan lain yang terdapat pada lengkuas yaitu vitamin A, vitamin C, serat, zat besi, dan karbohidrat. Manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya mengurangi nyeri dan peradangan, dapat meningkatkan kesuburan pria. Tidak hanya itu di dalam tumbuhan yang satu ini juga terdapat zat antikanker.

Kencur

Kencur adalah tumbuhan herbal dan manfaatnya untuk kesehatan sangatlah kompleks, tumbuhan ini memiliki nama latin Kaempferia galangal. Kencur ini masih memiliki ikatan kekuluargaan dengan jahe. Sehingga saat ini banyak yang mengira kencur adalah jahe dan jahe adalah kencur. Layaknya jahe, kencur juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai obat tumbuhan herbal yang kaya manfaat. Bagi wanita tumbuhan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dapat memperlancar proses haid setiap bulannya. Tidak hanya itu, manfaat kencul lainnya yaitu dapat mengatasi batuk, diare, sakit kepala, dll.

Temulawak


Termulawak adalah tumbuhan herbal yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Seperti misalnya perut kembung, kurang nafsi makan, dan gangguan lambung. Penggunaan temulawak ini harus dalam kondisi yang wajar saja dan mematuhi aturan yang sudah tersedia. Karena jika dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama dapat menyebabkan efek  samping yang serius pada tubuh. Yang paling serius adalah terjadinya iritasi pada lambung disertai dengan muntah – muntah.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan herbal dan manfaatnya banyak terkenal di kalangan para wanita. Bagi para wanita lidah buaya banyak digunakan sebagai obat kecantikan dan mempertebal helai dari rambut. Untuk merasakan langsung manfaat dari tumbuhan yang satu ini, kita dapat langsung mengonsumsinya atau mengoleskannya ke kulit. Penggunaan lidah buaya sangat aman bagi kulit manusia, bahkan banyak digunakan di dalam dunia medis. Lidah buaya dapat menyembuhkan luka pada kulit dengan waktu yang sangat vepat. Penggunaan lidah buaya tidak boleh untuk ibu hamil dan menyusui serta anak dibawah usia 12 tahun.

Daun Kumis Kucing

Tumbuhan herbal yang satu ini banyak terdapat di pekarangan rumah sebagai hiasan atau pajangan. Ya, namanya adalah kumis kucing, bunga cantik yang memiliki corak warna putih ternyata banyak menyimpan rahasia. Kumis kucing dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit ginja;, diabetes, asam urat, dan lain sebagainya. Kumis kucing juga dikenal ampuh untuk melawan kencing baru dan dapat melancarkan saluran kencing. Kandungan daun kumis kucing bersifat diuretik, yang membuat produksi urin meningkat.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Daun Kemangi

Terakhir dalam pembahasan tumbuhan herbal dan manfaatnya bagi tubuh manusia adalah  daun kemangi. Daun ini sering digunakan oleh sebagian orang untuk menambah aroma wangi pada lalapan. Dibalik aroma wanginya tersebut, daun ini memiliki khasiat kesehatan yang baik bagi tubuh. Daun kemangi dapat menyembuhkan perut kembung, peningkat nafsu makan, dan juga dapat mengobati luka goresan pada kulit kita.

Nah, itulah dia 8 tumbuhan herbal dan manfaatnya yang dapat kami berikan kepada kalian. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita dalam menjaga kondisi kesehatan kita. Sampai di sini dulu untuk pembahasan kali ini, terimakasih dan sampai jumpa.

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *