Ini Dia 10 Menu Makan Malam Untuk Diet, Dijamin Enak dan Sehat

Ini Dia 10 Menu Makan Malam Untuk Diet, Dijamin Enak dan Sehat. Memiliki tubuh yang ideal dan sehat rasa-rasanya menjadi dambaan setiap kaum hawa. Kalian pasti pernah kan terlintas keinginan untuk bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal? Nah, untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat, kalian tentu harus melakukan beberapa usaha, dua diantaranya adalah olahraga dan diet. Sesungguhnya diet tidak hanya diperuntukkan untuk mengurangi berat badan saja tetapi juga untuk menambah berat badan, guys!

Diet adalah sebuah upaya menjaga dan mengatur pola makan guna mendapatkan berat tubuh yang ideal. Kata ideal di sini tidak melulu berarti kurus melainkan berat tubuh yang sesuai dengan tinggi badan. Nah, diet ini ada beragam jenisnya mulai dari diet mayo, intermitten fasting, diet vegan, dan masih banyak yang lainnya. Biasanya saat sedang diet, banyak sekali orang menghindari makan malam karena dipercaya dapat meningkatkan berat badan. Padahal jika kalian memilih makanan yang tepat, makan malam kalian tidak akan menambah angka di timbangan, lho!

makan malam untuk diet
makan malam untuk diet

Inilah 10 Menu Makan Malam Untuk Diet yang Enak dan Tidak Menambah Berat Badan

Buah-buahan

Menu makan malam untuk diet yang pertama adalah buah-buahan. Kalian pasti sudah tahu bahwa buah-buahan adalah salah satu menu makanan kaya serat yang bikin cepat kenyang. Selain itu, buah-buahan juga mengandung beragam vitamin yang baik bagi tubuh. Nah, karena sifatnya yang gampang mengenyangkan dan kandungan vitamin di dalamnya, buah-buahan cocok kalian jadikan menu diet sehat malam hari. Kalian bisa mengonsumsinya secara langsung, dijadikan jus less sugar dan less ice, ataupun salad dengan mayones rendah lemak dan kacang-kacangan.

Sayuran

Makanan kaya serat lainnya yang cocok banget buat menu diet adalah sayuran. Selain kaya serat, sayuran juga punya kalori rendah sehingga dijamin tidak akan menambah berat badanmu. Adapun sayuran yang populer jadi menu diet adalah brokoli, buncis, jamur, dan paprika. Untuk mengonsumsinya, kalian bisa mengolah sayuran menjadi salad, tumis, maupun sup. Ketika menumis, gunakanlah minyak zaitun sebagai ganti minyak goreng biasa agar lebih sehat ya, guys!

Oatmeal

Menu makan malam untuk diet yang selanjutnya masih berasal dari kaum makanan kaya serat yakni oatmeal. Makanan berbahan dasar oat atau haver ini selain gampang bikin kenyang, dia juga rendah kalori, lho. Bahkan, ketika sudah diseduh dengan air panas pun, kalori yang dibawa oleh makanan ini hanya 124 kalori saja! Itu mengapa oatmeal cocok dijadikan sebagai salah satu pilihan menu makan baik pagi ataupun malam bagi kalian yang sedang berdiet. Oh ya, jika kalian ingin cita rasa oatmeal yang lebih creamy, kalian bisa menyeduhnya dengan susu rendah gula dan rendak lemak.

Ikan dan Udang

Menu selanjutnya datang dari keluarga makanan laut yakni ikan dan udang. Ikan diketahui mengandung DHA yang dapat membantu menghancurkan tumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, ikan seperti ikan salmon, sarden ataupun makarel memiliki kandungan omega 3 yang menyehatkan. Begitupun udang yang ternyata punya kandungan protein sebanyak 80%, kaya vitamin, dan rendah kalori. Dengan begitu, ikan dan udang dapat kalian jadikan alternatif menu diet saat malam hari.

Steik

Studi mengatakan bahwasannya daging merah mempunyai kemampuan untuk membakar lemak dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi daging merah sebagai menu makan malam untuk diet jadi win win solution. Karena dengan menu ini, makan malam kalian tak hanya menyehatkan tapi juga enak dan tidak membuat berat badan kalian bertambah. Kalian bisa mengolahnya menjadi steik dengan tambahan sayuran seperti potongan wortel dan jagung rebus, serta tambahan kabohidrat berupa mashed potato. Untuk jenis dagingnya sendiri, lebih baik kalian memilih bagian daging yang tidak terlalu berlemak seperti tenderloin.

Dada Ayam

Dengan cita rasa gurihnya yang enak serta kandungan lemak dan kalori yang rendah, dada ayam jadi menu favorit untuk diet. Selain itu, dada ayam juga punya kandungan protein yang tinggi yang mengenyangkan walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang tidak besar. Kalian bisa mengolah dada ayam sebagai menu diet dengan cara direbus, dikukus, dipanggang ataupun dibakar. Kalian juga bisa menjadikannya sebagai sup dengan tambahan sayur seperti wortel, buncis, brokoli, dan jamur. Pokoknya menu yang satu ini dijamin nggak bikin kalian bosen karena bisa diolah menjadi makanan yang bervariasi.

Telur Rebus

Jika kalian tengah malas memakan makanan yang complicated, kalian bisa memilih mengonsumsi telur rebus sebagai makan malam untuk diet. Menu simpel satu ini punya kandungan protein yang tinggi dan vitamin B12 yang menjadikannya sehat dan mengenyangkan. Diketahui, satu telur dengan ukuran besar hanya punya kandungan kalori sebanyak 70 kalori lho, guys! Oleh sebab itu, telur rebus bisa jadi pilihan makan malam bagia kalian yang sedang dalam program diet. Oh ya, meski terkenal tinggi kolestrol, sesungguhnya dengan porsi yang tidak berlebih, telur rebus masih tergolong makanan yang sehat.

Tempe Tahu

Daripada mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih demi menuntaskan rasa lapar, sebaiknya kalian memilih makanan tinggi protein yang gampang bikin kenyang. Tempe dan tahu bisa jadi alternatif makanan buat kalian yang ingin mengonsumsi makanan tinggi protein dan nggak bikin gemuk. Selain itu, tingginya kandungan protein yang membuat kalian kenyang dalam waktu lama menjadikan menu ini cocok dimakan di malam hari. Kalian jadi tidak perlu takut kelaparan tengah malam yang berpotensi menggagalkan diet apabila tergoda konsumsi mie instant! Untuk pengolahannya lebih baik direbus ataupun dikukus ya, guys.

Edamame

Berikutnya, dalam daftar makan malam untuk diet ini ada edamame yang bisa kalian pilih jika tengah malas konsumsi makanan berat. Selain merupakan sumber karbohidrat, jenis kacang-kacangan ini juga punya kandungan protein dan asam amino yang kaya banget! Kendati demikian, kalian nggak perlu takut kalau menu makanan satu ini bisa bikin berat badan kalian naik. Sebab nyatanya, semangkuk edamame dengan berat sekita 130 gram hanya mengandung kalori sebesar 150 kalori saja, lho. Oleh karena itu, konsumsi edamame pada malam hari bisa jadi pilihan praktis yang sehat dan mengenyangkan.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Coklat hitam

Kalian sedang dalam program diet tapi tetap ingin nyemil santuy di malam hari? Tenang, kalian bisa mengonsumsi coklat jenis coklat hitam atau dark chocolate, ya. Menu satu ini bisa kalian pilih sebagai menu diet malam hari di kala kalian tidak terlalu lapar karena rendah kalori. Coklat hitam dengan kandungan 70% kakao padatan diketahui mengandung flavanol yang bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, konsumsi coklat juga dikenal mampu menangkal stress yang dapat memicu kalian makan berlebihan.

Itulah 10 makan malam untuk diet yang bisa kalian pilih dan variasikan sesuka hati tanpa takut berat badan naik seketika. Oh ya, selain memilih makanan yang cocok jadi asupan selama program diet, kalian juga harus mengimbanginya dengan rajin berolahraga, ya!

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *