Ketahui 3 Cara Diet Ketofastosis untuk Pemula yang Aman

By

Sumbersehat.com – Banyak yang membingungkan cara diet ketofastosis untuk pemula. Sehingga, hasilnya tidak tepat dan malah menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Diet ketofastosis disebut sebagai salah satu diet ekstrim yang harus mematuhi beberapa aturan ketat. Bila ingin mendapat hasil maksimal dengan minim resiko. Nah, berikut ini caranya untuk pemula yang bisa Anda lakukan dengan aman.

Apa Itu Diet Ketofastosis

Diet ketofastosis adalah gabungan antara diet keto dan fastosis. Jika diet ketogenik fokus pada perubahan pola makan sehat yang rendah gula, rendah karbohidrat, mengandung protein sedang, dan tinggi lemak. Sedangkan diet fastosis adalah program diet dengan pola fasting on ketosis, yang bila diartikan adalah berpuasa dalam keadaan ketosis.

Jadi, konsep utama diet ketofastosis adalah tidak makan atau berpuasa selama waktu tertentu, berkisar dari 6 hingga 12 jam bahkan lebih. Tentunya lama waktu berpuasa ditentukan oleh kondisi kesehatan dan kemampuan tubuh Anda. Menu makanan diet ini berpatokan pada menu diet ketogenik, yakni lemak 75 persen, protein sebanyak 20 persen, dan karbohidrat 5 persen.

Ketahui 3 Cara Diet Ketofastosis untuk PemulaTingkatan Fase Diet Ketofastosis

Sebelum mencari tahu cara diet ketofastosis untuk pemula, sebaiknya Anda terlebih dahulu tahu bahwa dalam menjalani diet ini, Anda akan melalui beberapa fase, berikut penjelasannya!

  1. Fase induksi selama dua hingga tiga hari, yaitu tahapan saat tubuh Anda mulai beradaptasi dengan pengurangan asupan karbohidrat dan gula, sehingga mengandalkan lemak sebagai sumber energi utama.
  2. Fase konsolidasi (selama 1 minggu hingga 1 bulan), fase penting ketika Anda harus mengontrol asupan sayur dan unsur nabati agar kadar gula darah tidak melebihi 90 miligram/deciliter. Bila Anda gagal di fase ini, Anda wajib kembali ke fase induksi.
  3. Fase maintenace, yakni fase saat tubuh Anda telah memiliki daya tahan yang lebih kuat dengan lemak sebagai sumber energi, serta terbiasa mengonsumsi buah dan sayur sesuai porsi wajib.

Cara Diet Ketofastosis untuk Pemula

Bagi Anda yang baru memulai, di bawah ini menerapkan cara diet ketofastosis untuk pemula secara benar danaman:

Saat Fase Induksi

Lakukan tahap pertama cara diet ketofastosis untuk pemula ini selama 1 minggu hingga Anda mendapatkan gula darah puasa (GDP) maksimal 80mg/dl. Lakukan pengecekan GDP secara rutin per 3 hari.

  • Berhenti makan pada pukul 8 malam dan mulai makan lagi pada pukul 12 siang.
  • Persiapkan teh hijau, Virgin Coconut Oil (VCO), dan Immunator Honey (IH).
  • Pukul 8 malam hingga 12 siang disebut jendela puasa. Asupan yang boleh masuk ke dalam tubuh hanya VCO, IH, teh hijau tanpa gula, dan air putih. Anda boleh menambahkan air kaldu.
  • Mulai pukul 12 siang hingga pukul 8 malam disebut jendela makan. Pada jendela makan ini Anda boleh menambahkan protein hewani ke dalam menu diet Anda, seperti daging, telur, ayam, atau ikan. Pastikan makanan Anda tidak mengandung gula, olahan tepung (maizena, sagu, dan terigu), bahkan kecap manis.
  • Minumlah teh hijau setiap selesai makan di fase jendela makan.
  • Konsumsi IH 4-6 sendok teh dan VCO 4-6 sendok makan sekali hingga dua kali.
  • Hanya alpukat dan buah zaitun yang boleh Anda konsumsi.
  • Tambahkan jam puasa Anda sebisa mungkin dengan cara menunda makan lebih lama setiap harinya.

Fase Konsolidasi

Teruskan pola puasa dan makan seperti pada fase induksi, namun perhatikan asupan Immunator Honey (IH). Porsi IH yang direkomendasikan adalah 2 hingga 3 setengah sendok teh. Bila Anda mengalami gejala healing crisis, maka naikkan kembali porsinya menjadi 4-6 sendok teh.

Healing crisis adalah suatu kondisi tubuh yang berusaha mengeliminasi segala bentuk kotoran dalam tubuh sehingga mengganggu keseimbangan fungsi sel-sel tubuh.

Ketika Fase Maintenance

Cara diet ketofastosis untuk pemula pada fase ini adalah melakukan pola yang sama seperti dua fase sebelumnya. Perbedaanya adalah, Anda bisa menghapus Virgin Coconut Oil (VCO) dari menu dan mulai mengandalkan asupan makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Yang terakhir, secara rutin 1 minggu setiap bulan, lakukan Calorie Cycling dengan cara menurunkan jendela puasa Anda menjadi 16 jam seperti pada fase induksi. Hal ini agar jendela makan menjadi lebih lama, sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar dan Anda mendapat ekstra kalori selama 1 minggu sebelum menaikkan jendela puasamenjadi 20 jam pada minggu-minggu berikutnya.

Cara diet ketofastosis untuk pemula di atas terlihat mudah, namun pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi sebelum dan selama menjalankan diet ini.

Tinggalkan komentar