Ini 8 Makanan Diet Dan Nutrisi Terbaik Rendah Kalori Yang Wajib Dikonsumsi

Ini 8 Makanan Diet Dan Nutrisi Terbaik Rendah Kalori Yang Wajib Dikonsumsi. Setiap makanan pasti mempunyai kalori yang berbeda-beda. Jika asupan kalori dalam tubuh tinggi, tentu saja berat badan akan meningkat tajam. Tidak heran bagi yang ingin diet atau menjaga berat badan, Anda harus mengurangi asupan kalori dalam makanan.

Caranya ya pasti harus mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Namun perlu diingat jika beberapa makanan yang rendah kalori tersebut juga memiliki nutrisi yang rendah. Jadi Anda harus memperhatikan betul diet yang akan dilakukan. Jadi jangan sampai Anda mengonsumsi makanan rendah kalori yang membuat nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi asupannya.

Diet dan nutrisi
Diet dan nutrisi

Makanan Terbaik Untuk Diet Dan Nutrisi Rendah Kalori Yang Wajib Dikonsumsi

Jumlah makanan yang diperuntukkan untuk diet sangat beragam. Setiap makanan tersebut juga mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Anda yang mau menerapkan diet tinggal memilih mana makanan yang sesuai dengan selera masing-masing. Bagi yang butuh referensi, berikut makanan diet dan nutrisi terbaik untuk Anda konsumsi

Oat

Oat bisa menjadi makanan terbaik untuk diet menurunkan berat badan yang bisa dipilih karena sehat. ½ cangkir atau sekitar 40 gram oat memiliki kandungan sebesar 148 kalori. Bukan hanay rendah akan kandungan kalori saja, tapi oat juga tinggi asupan serat dan juga protein. Kandungan oat sebanyak 40 gram mengandung 5,5 gram protein.

Selain itu, jumlah yang sama tersebut juga mengandung 3,8 gram serat yang membuat Anda mudah kenyang. Untuk pengolahan oat juga sangat beragam. Mulai dari menjadikannya sebagai bubur atau sereal yang baik untuk pencernaan. Diet dan nutrisi oat bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda.

Buah beri

Buah beri seperti blueberry, raspberry dan juga blackberry mempunyai kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat menurunkan berat badan. Secangkir buah beri atau 148 gram blueberry mengandung 84 kalori. Bukan hanya rendah kalori saja, buah beri juga kaya akan berbagai senyawa penting untuk tubuh.

Misalnya kaya akan vitamin, antioksidan dan juga mineral yang semuanya bagus untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, buah beri juga cocok untuk diet dan nutrisi karena tingginya serat yang ia miliki. Dengan  begitu bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga tidak mudah lapar. Cocok untuk Anda yang ingin diet.

Telur

Telur juga menjadi makanan yang rendah kalori tapi padat akan nutrisi didalamnya. Tidak heran jika cocok untuk kebutuhan asupan diet yang Anda lakukan. Sebutir telur memiliki kandungan 72 kalori dan juga 6 gram protein serta berbagai vitamin dan mineral penting didalamnya. Studi menyebutkan jika sarapan menggunakan telur bisa mengurangi rasa lapar dan juga meningkatkan rasa kenyang.

Pasalnya protein di dalam telur sangat tinggi. Jadi tidak heran menjadi asupan diet dan nutrisi terbaik yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Ada baiknya mengonsumsi telur yang direbus supaya menghindari minyak yang bisa meningkatkan kadar lemak jahat apabila digoreng.

Popcorn

Popcorn menjadi salah satu cemilan rendah kalori yang bisa mengenyangkan karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir atau sekitar 8 gram popcorn memiliki kandungan 31 kalori dan 1,2 gram serat yang bisa memenuhi kebutuhan 5% serat harian Anda. Tidak heran menjadi menu diet yang tidak bisa dipisahkan.

Popcorn juga membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan selama Anda menjalankan program diet dan nutrisi utnuk menurunkan berat badan. Namun pastikan jika popcorn yang dikonsumsi tidak mengandung perasa buatan. Selain itu jangan tambahkan garam atau gula karena menambah kandungan kalori didalamnya.

Ikan kod

Untuk membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, mengonsumsi ikan tanpa lemak bisa menjadi pilihan terbaik, contohnya seperti ikan kod. Kalori yang ada dalam ikan kod ternyata lebih rendah dari makarel, tuna, salmon, sarden dan berbagai ikan lainnya. tidak heran menjadi santapan paling pas bagi Anda yang melakukan diet.

Dalam 85 gram ikan kod ada 15 gram protein serta kurang dari 70 gram kalori yang bermanfaat untuk mencegah rasa lapar dan juga nafsu makan. Tak hanya itu, kandungannya juga kaya akan vitamin B12, selenium dan juga niasin. Ada baiknya jika mengonsumsi ikan ini dengan direbus, dipepes ataupun dibuat sup agar kandungan senyawa tadi tidak berkurang.  Berbagai kandungan tersebut mmebuatnya cocok untuk diet dan nutrisi dalam tubuh.

Kentang

Kentang juga termasuk asupan penting untuk diet yang bisa Anda coba sekarang juga. Namun untuk pengolahan kentang juga jangan sembarangan. Anda harus mengolah kentang dengan dipangang atau direbus karena manfaatnya lebih terasa. Selain itu khasiatnya untuk tubuh juga tidak akan berkurang nantinya,

Umumnya, kentang yang diolah dengan digoreng justru akan berbahaya untuk diet. Karena kandungan lemak didalamnya sangat buruk untuk kesehatan. Kentang juga memiliki zat antioksidan yang bagus untuk mencegah radikal bebas masuk ke tubuh sehingga membuat Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis. Saat diet dan nutrisi, kentang jangan sampai tertinggal untuk asupan.

Dada ayam

Daging tanpa adanya lemak seperti dada ayam juga menjadi makanan terbaik untuk diet karena rendah kalori. Meskipun  rendah kalori, dada ayam juga tinggi protein sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Dada ayam tanpa kulit menjadi sumber protein yang bagus karena kandungan vitamin B12, selenium, niasin dan juga protein.

Dalam 85 gram dada ayam yang belum dimasuk, Anda bisa menemukan 100 kalori  saja. Anda bisa menjaga asupan kalori untuk diet dan nutrisi tetap terpenuhi. Pengolahan dada ayam juga sangat beragam. Anda bisa menjadikannya sebagai sup dicampur dengan wortel dan brokoli. Sesuaikan saja dengan minat masing-masing.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Semangka

Semangka termasuk salah satu buah terbaik bagi Anda yang ingin melakukan diet. Semangka terkenal akan kandungan air yang melimpah sehingga membuat Anda terhindar dari masalah dehidrasi. Bukan hanya itu, air dalam semangka juga membuat Anda bisa lebih lama kenyang. Tak hanya itu saja, semangka juga rendah akan kalori dan kaya akan vitamin C dan A.

Satu cangkir atau sekitar 125 gram semangka yang dipotong hanya mengandung 46 kalori. Jumlah ini cukup rendah untuk diet dan nutrisi yang Anda jalani sekarang. Semangka juga bagus untuk menurunkan berat badan. Nah, untuk pengolahan semangka juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menjadikannya sebagai jus buah atau juga bisa menjadikannya salad. Ikuti saja sesuai selera dan pastikan jangan menambahkan bahan pemanis apapun.

Itu adalah makanan terbaik diet dan nutrisi yang bisa dikonsumsi saat ini. Berbagai makanan tersebut tentu saja cocok untuk Anda karena rendah kalori tapi tetap nutrisinya tinggi. Saat melakukan diet, jangan lupa untuk berolahraga juga. Dengan begitu, program diet yang Anda lakukan bisa memberi hasil yang optimal.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *