Ini 8 Kesalahan Fatal Ketika Menerapkan Program Diet Alami Tanpa Olahraga

Ini 8 Kesalahan Fatal Ketika Menerapkan Program Diet Alami Tanpa Olahraga. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang melakukan program diet. Meskipun tampak sangat sederhana, tapi kesalahan ini bisa membuat orang tersebut mengalami gangguan kesehatan. Tidak heran, Anda jangan sampai melakukan kesalahan fatal tersebut.

Lantas apa saja kesalahan fatal yang sering dilakukan saat menjalani program diet alami? Bagi yang penasaran bisa langsung simak informasinya di artikel ini. Diet alami tanpa melakukan olahraga sekarang sedang populer karena banyak manfaatnya. Contoh, untuk yang sibuk, Anda tetap bisa mendapat hasil diet yang optimal tanpa harus olahraga.

Meskipun sebenarnya, diet tanpa olahraga itu sangat tidak disarankan. Pasalnya memberi hasil yang tidak optimal. Namun, karena gaya diet orang berbeda-beda, tidak sedikit yang menjalani diet alami tanpa olahraga. Soal hasil juga tidak terlalu mengecewakan. Meskipun tidak sebagus ketika diet alami dengan olahraga.

diet alami tanpa olahraga
diet alami tanpa olahraga

Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Diet Alami Tanpa Olahraga

Diet menjadi hal yang sangat lazim dilakukan karena upaya untuk menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, diet juga bisa membuat tubuh menjadi sehat. Meskipun begitu, tidak sedikit pelaku diet yang tidak bisa menerapkannya dengan baik dan benar.

Justu diet yang ia lakukan salah kaprah dan tidak mendapat hasil yang optimal. Supaya tidak memberikan efek buruk untuk tubuh, berikut beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan saat diet alami tanpa olahraga;

Mengonsumsi kalori yang terlalu rendah

Mengurangi kalori yang dikonsumsi setiap hari menjadi program diet yang salah/. Pasalnya tubuh sebenarnya membutuhkan asupan kalori setiap hari. Untuk perempuan, kebutuhan kalorinya adalah 2000 kali setiap hari. Berbeda dengan kebutuhan laki-laki yang lebih banyak, yakni mencapai 2500 kali setiap harinya.

Jika kalori yang masuk ke tubuh dibatasi, hal ini menyebabkan metabolisme tubuh menurun dan akhirnya menyebabkan tubuh mudah kelelahan atau menurunnya massa otot. Mengurasi asupan kalori saat melakukan diet alami tanpa olahraga memang penting. Namun jangan sampai asupan kalori yang masuk ke tubuh kurang dari 1000 kalori. Biar bagaimanapun, kalori menjadi sumber energi bagi tubuh.

Mengurangi frekuensi makan bukannya porsi makan

Ini sering dilakukan oleh pelaku diet alami. Mengurangi frekuensi makan di sini maksudnya seperti tidak makan sarapan. Padahal sarapan sangatlah penting untuk mengisi energi sebelum melakukan aktivitas harian. Intinya, makan tiga kali sehari justru bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu untuk mengurangi berat badan.

Pasalnya pembakaran lemak serta pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih cepat. Tidak heran, dibanding mengurangi frekuensi makan, Anda harus mengurangi porsi makan. Ini adalah inti dari diet alami tanpa olahraga yang Anda jalani. Cara ini lebih efektif dan tentunya cukup aman untuk tubuh.

Mengonsumsi makanan yang rendah lemak terlalu sering

Kesalahan saat diet alami berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki embel-embel  dak dalam jumlah yang terlalu berlebihan. Intinya, lemak merupakan elemen makanan yang perlu dibatasi selama program diet Anda lakukan. Namun tanpa disadari makanan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi.

Yogurt merupakan makanan yang mengandung rendah lemak. Di setiap 245 gram yogurt ada 47 gram gula. Alih-alih membuat rasa kenyang bisa bertahan lebih lama, makanan ini justru membuat rasa lapar cepat tiba. Akhirnya, frekuensi makanan malah semakin banyak. Diet alami tanpa olahraga akhirnya juga tidak memberi hasil yang optimal. Anda boleh makan makanan rendah lemak tapi jangan terlalu sering.

Menghentikan kebiasaan ngemil

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang berfikir jika menghentikan kebiasaan ngemil merupakan diet yang terbaik karena efektif untuk menurunkan berat badan. Faktanya, hal seperti ini malah salah dan tidak disarankan sama sekal. Mengonsumsi makanan ringan nyatanya membanti Anda untuk mengendalikan rasa lapar sehingga program diet bisa berjalan optimal.

Mengonsumsi camilan, khususnya camilan yang kaya akan protein dan serat justru memaksimalkan metabolisme tubuh dan bisa mengatasi rasa lapar. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengendalikan kebiasaan ngemil ini. karena jika berlebihan, diet alami tanpa olahraga yang Anda lakukan tidak memberi hasil sama sekali.

Jarang konsumsi air putih

Kesalahan ini paling sering dilakukan oleh Anda yang menjalani program diet. Akhirnya, diet yang Anda lakukan justru tidak memberi hasil yang bagus atau optimal. Ya, dengan jarang konsumsi air putih, impian utnuk memiliki berat badan yang ideal tidak akan bisa didapat. Tentu harus mengubah kebiasaan ini sesegera mungkin.

Air putih menjadi komponen penting yang harus Anda lakukan agar program diet berhasil. Air putih memiliki peran untuk membakar kalori dan menambah metabolisme tubuh. Konsumsi air putih yang kurang justru memperlambat metabolisme tubuh dan akhirnya menghambat pembakaran lemak. Ini menyebabkan diet alami tanpa olahraga tidak berhasil.

Tidak Mengonsumsi Makanan Yang Berserat

Memilih jenis makanan menjadi kunci utama untuk keberhasilan program diet yang tengah Anda lakukan. Contoh jenis makanan yang kerap dilupakan adalah makanan yang mengandung serat. Padahal nyatanya, serat yang ada di makanan bisa membantu menurunkan berat badan sehingga berat badan lebih optimal dan ideal.

Serat pada makanan bisa menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, pola makan bisa terkontrol dan pembakaran lemak juga bisa berjalan dengan baik. Jarang mengonsumsi makanan yang berserat adalah diet alami tanpa olahraga yang salah. Bukannya berat badan turun, Anda akan mengalami gangguan pencernaan karena program diet ini.

Menghindari protein

Saat berdiet, tidak sedikit yang menghindari makanan dengan kandungan protein. Apakah Anda adalah salah satu orangnya? Jika iya, maka perlu diketahui jika proses diet yang Anda lakukan selama ini sudah salah total. Mengonsumsi protein dengan jumlah yang cukup justru membuat penurunan berat badan menjadi lebih optimal.

Menurut berbagai penelitian, protein ada kaitannya untuk menurunkan berat badan. Adapun perannya untuk diet alami tanpa olahraga sebagai berikut;

  1. Mengurangi rasa lapar yang terlalu berlebihan
  2. Mempertahankan rasa lapar supaya lebih lama
  3. Meminimalisir asupan kalori yang dikonsumsi oleh pelaku diet
  4. Meningkatkan sistem metabolime tubuh
  5. Menjaga masa otot tetap stabil ketika program diet

Baca artikel lainnya disini.

Melihat fakta pentingnya protein untuk tubuh selama program diet, tentu saja Anda harus mengubah pandangan sekarang juga. Mulai sekarang, Anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Tujuannya agar proses diet yang Anda jalani bisa maksimal dan akhirnya memberi hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Diet alami tanpa olahraga menjadi tren saat ini. Pasalnya banyak pelakunya yang menikmati hasil tersebut. Sayangnya, tidak sedikit yang melakukan berbagai kesalahan. Agar program diet yang Anda lakukan tetap berhasil dengan hasil yang optimal, kesalahan-kesalahan yang kami ulas di atas harus dihindari lagi. Selamat mencoba dan semoga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *