Ini 4 Manfaat Sayur Dan Buah Untuk Anak-Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Ini 4 Manfaat Sayur Dan Buah Untuk Anak-Anak, Orang Tua Wajib Tahu. Tidak sedikit orang tua yang ingin kita mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Mungkin karena mereka tahu manfaat dari sayur dan buah-buahan ini. Ada banyak yang suka dengan sayur dan buah-buahan, tapi tidak sedikit juga yang benci dengan dua jenis makanan ini, terutama untuk anak-anak.

Bagi orang tua yang memiliki anak tidak suka dengan sayur dan buah-buahan, nampaknya mulai sekarang harus berusaha untuk membuatnya suka dengan dua makanan ini. tidak heran karena ada banyak manfaat sayur dan juga buah-buahan yang bisa didapat oleh anak-anak. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapat? Kamu bisa langsung cek ulasan berikut.

Sebelum membahas mengenai manfaat sayur dan buah, yang perlu kamu tahu sekarang adalah bagaimana mengolah sayur dan buah agar si anak tertarik untuk mengonsumsinya. Ada banyak pilihan. Sebut saja seperti membuatnya menjadi salad atau pilihan makanan lain. Cerdas-cerdasnya orang tua saja bagaimana caranya agar anak mau mengkonsumsi makanan ini.

manfaat sayur dan buah
manfaat sayur dan buah

Manfaat Sayur Dan Buah Ini Bisa Didapat Oleh Anak-Anak

Sayur dan buah memiliki kandungan berbeda sesuai jenisnya. Misalnya, manfaat wortel berbeda dengan kembang kol meskipun sama-sama sayur. Begitu juga dengan buah pisang yang tentu saja berbeda dengan buah apel meskipun sama-sama buah-buahan. Untuk itulah, kamu harus mengetahuinya terlebih dahulu. Bagi yang penasaran, berikut manfaat sayur dan buah yang bisa dinikmatil

Untuk menyehatkan pencernaan

Sistem pencernaan menjadi bagian tubuh yang amat penting untuk anak-anak. Jadi jika pencernaan anak-anak bisa sehat dan optimal, tentu saja penyerapan nutrisi juga semakin bagus. Nah, jika kebutuhan nutrisi pada anak-anak terpenuhi, sudah pasti perkembangan dan pertumbuhan anak bisa maksimal. Kamu bisa mencoba manfaat sayur dan buah untuk menyehatkan kondisi sistem pencernaan tubuh anak-anak.

Meskipun terkesan sederhana dan sepele, sayur dan buah nyatanya memang memberi manfaat yang sangat optmal untuk tubuh, khususnya pencernaan. Selain menyehatkan pencernaan, sayur dan buah juga mencegah terjadinya penyakit pencernaan. Misalnya seperti usus buntu, kanker usus dan masih banyak lainnya.

Tidak heran, orang tua harus memaksa anak untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Hanya saja Anda harus memaksa dengan cara yang berbeda. Misalnya membuat anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi dua makanan tadi. Bisa dengan mengolahnya menjadi makanan yang disukai anak atau sebagainya. Dengan  begitu, manfaat sayur dan buah pada anak bisa dioptimalkan.

Meningkatkan asupan gizi pada tubuh

Sayur dan buah-buahan memiliki kandungan vitamin, serat dan juga nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh. Khususnya untuk meningkatkan asupan gizi yang ada dalam tubuh. Contohnya saja seperti buah stroberi yang menambah kekebalan tubuh sehingga membuat manusia terhindar dari penyakit dan radikal bebas.

Atau juga bisa memanfaatkan wortel yang memang kaya akan vitamin A. Dimana vitamin ini bagus untuk menjaga kesehatan mata. Atau juga bisa memanfaatkan bayam yang kaya akan kandungan zat besi sehingga ampuh untuk mencegah terjadinya anemia. Manfaat sayur dan buah ini tentu saja tidak bisa disepelekan karena benar-benar bermanfaat untuk anak-anak yang masih dalam masa perkembangan.

Selain itu, masih banyak sayur dan buah lain yang bisa dimanfaatkan. Tentunya buah dan sayur tersebut sangat ampuh untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh anak. Jadi sebagai orang tua, kamu harus mulai memasukkan makanan ini untuk dikonsumsi anak sehari-hari. Bisa dikatakan ini adalah investasi terbaik untuk kesehatan jangka panjang.

Mengurangi terjadinya obesitas

Obesitas menjadi salah satu masalah yang membuat penyakit datang dengan mudah ke tubuh kita. Banyak penyakit yang disebabkan karena masalah sepele ini. Misalnya diabetes, penyakit jantung hingga penyakit tekanan darah tinggi. Tidak heran, Anda harus mengatasi masalah obesitas ini. Contohnya dengan memanfaatkan manfaat sayur dan buah yang memang bisa mengurangi obesitas.

Anak-anak bisa diberikan buah dan sayuran untuk camilan. Jika biasanya anak diberi cemilan seperti junk food atau makanan manis, sekarang ubah ke sayur dan buah secara perlahan. Memang tidak mudah karena mungkin saja anak akan menolak. Namun biasakan mulai sekarang. Makanan manis dan juga junkfood nyatanya bisa membuat anak-anak terserang penyakit obesitas.

Mengganti camilan menjadi sayur dan buah adalah pilihan terbaik agar anak-anak terhindar dari obesitas. Pasalnya sayur dan buah memiliki kandungan zat yang rendah kalori sehingga menyehatkan tubuh. Anda bisa mengolah sayur dan buah ini menjadi berbagai olahan camilan. Misalnya menjadikannya sebagai salad ataupun masih banyak pilihan lain. Dengan begitu, manfaat sayur dan buah bisa benar-benar didapat.

Membuat anak lebih berprestasi

Apakah orang tua sudah tahu jika pola hidup sehat dan pola makan yang sehat juga membuat anak bisa lebih berprestasi dibanding sebelumnya. Butuh bukti? Penelitian yang dipublikasikan Journal of School Health menyebutkan jika anak yang kurang mengkonsumsi sayur dan buah ternyata memiliki nilai akademik yang buruk dibanding anak yang sering mengkonsumsi sayur dan buah.

Anak yang setiap harinya mengonsumsi makanan berserat memang lebih rendah untuk mengalami kesulitan membaca dan kesulitan berfikir dibanding anak lainnya. memang masih ada faktor lain yang menentukan hal ini. Tapi, setidaknya dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, orang tua bisa memberi manfaat sayur dan buah itu kepada anak-anak. Siapa sih yang tak mau memiliki anak dengan segudang prestasi?

Manfaat ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi dalam sayur dan buah yang membuat otak anak bisa lebih berpikir. Akhirnya anak semakin cerdas dan bisa menuntaskan studi dengan sangat baik. Mulai sekarang, orang tua harus mencobanya. Meskipun, anak di awal percobaan memberontak, tapi biasakan saja mereka. Dengan begitu, anak bisa mengubah gaya hidup sedikit demi sedikit.

Simak artikel lainnya disini.  

Cara Mengolah Sayur Dan Buah-Buahan

Untuk mendapat manfaat sayur dan buah untuk anak-anak, orang tua, khususnya ibu harus cerdas untuk mengolah sayur dan buah. Tujuannya agar anak tidak jenuh dan akhirnya malas untuk mengkonsumsi sayur dan buah ini. Tentu saja, cara pengolahan sayur dan buah ini bisa disesuaikan dengan kesukaan anak. Hanya saja, ibu juga harus kadang agak keras untuk menerapkan budaya disiplin agar anak mau mengkonsumsi sayur dan buah.

Pengolahan yang paling umum biasanya dijadikan jus buah atau jus sayuran. Ini menjadi pilihan terbaik karena anak terkadang memang suka dengan jus. Saat membuat jus, tidak disarankan menambahkan gula yang terlalu banyak karena membuat anak akan kecanduan. Hal ini membuatnya ingin terus mengkonsumsi makanan manis.

Padahal, makanan manis itu cukup berbahaya karena bisa menyebabkan obesitas dan juga diabetes. Selain jus, olahan lainnya adalah dibuat salad. Anda bisa menambahkan keju ataupun bahan sehat lainnya. Dengan begitu, anak tidak akan bosan dan akhirnya manfaat sayur dan buah bisa benar-benar didapat si anak. Bagaimana, masih tidak mau mencobanya?

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *