Simak, 6 Info Kesehatan Wanita yang Wajib Anda Ketahui!

Kesehatan bagi seorang wanita adalah sangat penting, terlebih lagi bagi yang sudah bekeluarga. Sehingga, mencari info kesehatan wanita wajib dilakukan. Karena jika para wanita sakit, maka orang di sekitarnya akan lemah.

Mencari info kesehatan perempuan, baik itu kesehatan kulit sampai kesehatan reproduksi bisa anda cari di artikel wanita atau website kesehatan. Anda harus tahu tentang apa seharusnya dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari?

Fakta-fakta apa saja yang belum pernah anda ketahui mengenai tubuh anda? Daripada makin penasaran, ini dia 6 info kesehatan wanita yang wajib anda tahu! Yuk, simak 6 info kesehatan wanita berikut ini supaya anda tetap bisa hidup dengan sehat.

Inilah Info Kesehatan Wanita yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa fakta tentang kesehatan wanita yang perlu anda tahu agar bisa waspada terhadap masalah kesehatan, diantaranya:

Penyakit asma lebih sering diderita oleh wanita ketimbang pria

Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention, wanita lebih rentan terkena penyakit asma daripada laki-laki. Penyebabnya diprediksi karena paru-paru wanita lebih kecil dari paru-paru pria. Hal ini membuat wanita menjadi lebih sensitif saat berhadapan dengan pemicu gejala asma, seperti debu, serbuk, asap atau polusi.

Solusi pencegahannya yaitu menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya gejala asma serta dengan pengobatan. Asma bisa mengganggu tidur dan menyebabkan kecemasan apabila tidak segera diatasi.

Kanker ovarium bisa dicegah dengan deteksi dini

Info kesehatan wanita yang kedua adalah kanker ovarium bisa dideteksi sejak dini. Dr. John P. Micha, ilmuan onkologi dari Gynecological Oncology Associates California, menyebutkan bahwa kanker ovarium seringnya terjadi akibat mutasi acak.

Hal inilah yang menyebabkan kanker ovarium sering kali baru terdeteksi saat sudah stadium lanjut. Minimnya pengetahuan acap kali membuat para wanita luput menyadari tanda-tanda gejalanya. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan reproduksi sedini mungkin sangat diperlukan guna mendeteksi apakah ada sel kanker dalam tubuh.

Bersihkan daerah kewanitaan dengan lap dan air hangat

Anda mungkin berpikir bahwa organ intim anda merupakan bagian tubuh yang jorok. Jika anda tidak rajin menjaga kebersihan organ intim, maka ancaman jamur penyebab gatal dan keputuhan akan semakin besar.

Namun, tahukah anda bahwa ada info kesehatan wanita untuk vagina yang belum banyak diketaui. Membersihkan vagina menggunakan sabun, spray, maupun pembersih khusus itu tidak disarankan? Penggunaan cairan pembersih justru bisa menghilangkan bakteri baik yang bertugas mencegah infeksi pada vagina.

Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan lap yang telah direndam air hangat untuk membersihkan organ kewanitaan. Selama vagina tidak berbau, maka sebenarnya organ anda aman dan bisa mewujudkan kesehatan reproduksi.

Banyak yang belum tahu gejala penyakit jantung

Anda wajib tahu akan Info kesehatan wanita ini, bahwa penyakit jantung disebut sebagai penyebab nomor 1 kematian pada wanita. Padahal, menurut Women’s Magazine, dari 1654 wanita Kanada berusia 25 tahun dan di atasnya, hanya sedikit yang tahu apa saja gejala penyakit jantung.

Pencegahan dini bisa dilakukan jika anda mengetahui gejala-gejala penyakit jantung. Gejala-gejalanya antara lain rasa nyeri pada dada, kesemutan, sensasi dingin pada lengan dan kaki, serta kesulitan bernapas.

Gaya hidup tidak sehat bisa picu infertilitas

Berikut ini merupakan info kesehatan wanita yang mungkin sangat penting bagi sebagian besar wanita. Menurut penelitian di Amerika, 6% dari wanita yang sudah menikah pada rentang usia 15-45 tahun mengalami infertilitas atau kemandulan. Sementara 12% wanita lainnya mengalami kesulitan hamil.

Infertilitas atau kemandulan dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hindari merokok, kebiasaan sering minum alkohol, diet ekstrem, hingga stres yang dapat mempengaruhi siklus haid.

Baca juga : 8 Cara Menghilangkan Sakit Maag secara Alami, Terbukti Ampuh!

Risiko penyakit kanker pada wanita dapat dicegah

Siapa bilang kanker tidak bisa dicegah? Pencegahan risiko kanker pada wanita dapat dilakukan dengan menjaga gaya hidup sehat serta rutin melakukan medical check up.

Jangan ragu untuk melakukan pap smear dan kolonoskopi supaya bisa mendeteksi adanya sel kanker. Mekanimse ini juga membantu dokter lebih mudah menghilangkan sel pra kanker yang biasanya ditemukan pada serviks dan usus besar.

Anda juga bisa browising di internet lho untuk mendapatkan info kesehatan wanitalainnya seputar pencegahan kanker. Informasi dan pengetahuan kesehatan yang memadai bisa membantu anda melakukan berbagai tindak preventif yang diperlukan.

Bagaimana? Apakah info kesehatan wanita yang sudah dibahas di atas bermanfaat bagi anda? Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat, ya. Semoga sehat selalu!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *