5 Alternatif Cara Alami Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

By

Sumbersehat.com – Infeksi saluran kemih merupakan kondisi ketika sistem kemih telah terinfeksi. Sistem kandung kemih terdiri dari kandung kemih, ginjal, uretra, dan ureter. Infeksi ini bisa terjadi pada pria maupun wanita, kendati wanita dianggap lebih rentan.

Selain dengan obat dokter dan operasi, ada juga alternatif alami pengobatan infeksi saluran kemih, lho. Bagi yang belum tahu tentang cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami, simak penjelasan berikut ini!

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kemih

Sebelum membahas tentang cara alami pengobatan infeksi kandung kemih, sebaiknya anda tahu pula tentang penyebab dan gejalanya. Sehingga, anda bisa waspada terhadap pemicunya dan bisa mengidentifikasi gangguan ini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga : Waspadai 5 Jenis Penyakit Autoimun Berikut Ini!

Penyebab infeksi saluran kemih yaitu karena adanya bakteri e.coli yang masuk dari lubang kemih ke saluran kemih, lalu meginfeksi area ini. Sedangkan gejala infeksi saluran kemih yang biasa dirasakan penderitanya antara lain demam, sakit pada perut dan panggul, nyeri saat buang air kecil, dan muncul darah dalam urin.

Inilah Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Alami

Berikut 5 alternatif cara alami pengobatan infeksi saluran kemih yang langsung bisa anda terapkan, meliputi:

Meminum air putih

Pengobatan infeksi saluran kemih secara alami yang pertama adalah dengan rutin meminum air putih. Hal ini merupakan langkah awal untuk mengobati infeksinya. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari untuk melenyapkan bakteri.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, bakteri bisa dengan mudah dikeluarkan melalui urin. Ada baiknya anda juga mengurangi konsumsi minuman berwarna dan minuman berkafein. Minuman seperti kopi, teh, atau soda tidak disarankan karena memiliki kandungan kafein di dalamnya.

Larangan mengonsumsi kafein ini juga bukan tanpa sebab. Pasalnya, kafein bisa membuat infeksi saluran kemih semakin parah. Selain itu, anda juga sebaiknya menghindari minuman manis dan minuman yang mengandung alkohol.

Perhatikan kebersihan area kandung kemih

Cara alami pengobatan infeksi saluran kemih yang kedua adalah dengan selalu menjaga kebersihan area kandung kemih. Perhatikan kebersihan air dan sanitasi. Bagi wanita, tidak perlu memakai sabun pembersih atau spray. Anda cukup membersihkan bagian kewanitaan menggunakan air secara merata, kemudian dikeringkan.

Menjaga kebersihan kamar mandi juga penting dilakukan untuk mencegah kuman masuk ke dalam saluran kemih. Trik lain yang bisa dilakukan yakni memakai shower ketika mandi serta memakai sabun yang bebas dari wangi buatan.

Rajin konsumsi teh hijau

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan antimikroba dalam teh hijau dapat menangkal bakteri E. Coli. Seperti yang kita tahu, Bakteri E. Coli penyebab munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan tinggi pada teh hijau bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Anda bisa mendapatkan khasiat teh hijau dengan menyeduhnya setiap hari. Sehingga, tepat sekali menggunakan teh hijau sebagai pengobatan infeksi saluran kemih secara alami.

Konsumsi kunyit

Kunyit merupakan rempah yang sering dijadikan sebagai obat alami maupun bumbu masakan. Tanaman obat yang satu ini dipercaya sebagai bahan alami yang mampu mengatasi infeksi pada saluran kemih. Kunyit bisa dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan pada pasien infeksi saluran kemih.

Baca juga : 12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

Hal ini karena di dalam kunyit terdapat zat kurkumin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Zat-zat tersebut dinilai mampu menghambat mikroba bertumbuh dan menyebar.

Konsumsi jahe

Alternatif pengobatan infeksi kandung kemih secara alami yang terakhir adalah jahe. Jahe mengandung gingerol, yang merupakan bahan aktif dan bersifat antibakteri. Gingerol memiliki kemampuan menghambat bakteri menyebar di dalam ginjal, sehingga efektif bagi penderita infeksi saluran kandung kemih.

Untuk memperoleh manfaat jahe, olah menjadi wedang jahe hangat. Rebus jahe dan air hingga mendidih, kemudian konsumsi secara teratur. Anda pun bisa menambahkan madu murni untuk memperlezat rasanya.

Nah, itulah 5 cara alami pengobatan infeksi saluran kemih. Cara-cara tersebut dapat anda gunakan berdampingan dengan pengobatan secara medis. Tapi, berikan rentang waktu yang cukup lama setelah mengonsumsi obat dokter.

Bagi anda yang tidak mengalaminya infeksi kandung kemih, yuk terus jaga pola hidup sehat. Makan teratur dan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup dan jangan lupa berolahraga secara rutin.

Tinggalkan komentar