7 Jawaban: Apakah Infeksi Saluran Kemih Bisa Sembuh Sendiri? Paling Akurat dan Lengkap

Tahukah anda, bahwa infeksi saluran kemih dapat dialami oleh siapa saja ? Mereka yang mengidap penyakit infeksi ini sering bertanya-tanya, apakah infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri ? Coba temukan jawabannya di artikel ini ya!

Infeksi saluran kemih atau urinary tract infection adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang dalam saluran kencing. Infeksi ini bisa dialami oleh pria maupun wanita.

Namun sayangnya, fakta menyebutkan bahwa wanita lah yang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Sementara pria, mereka cenderung lebih kebal. Mengapa bisa demikian ? Yuk simak uraian dibawah ini.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Sesuai namanya, infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi dimana organ pada saluran kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra mengalami infeksi. Namun pada umumnya, ISK ini terjadi pada kandung kemih dan uretra.

Infeksi saluran kemih umumnya diakibatkan oleh bakteri bernama Escherechia coli atau E.coli. Bakteri ini dapat mempengaruhi kandung kemih, ginjal dan tabung yang menghubungkan keduanya.

Siapa Penderita Infeksi Saluran Kemih ?

Jika ada yang bertanya, seberapa umum penyakit saluran infeksi kemih ? Siapa saja yang dapat mengidap penyakit ini ? Perlu kamu ketahui, infeksi ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia dan jenis kelamin.

Namun, fakta menyebutkan bahwa infeski saluran kemih sering terjadi pada wanita. Kaum wanita lebih rentan terinfeksi penyakit ini jika dibanding laki-laki. Mengapa bisa demikian ?

Hal ini dikarenakan wanita mempunyai uretra yang lebih pendek sehingga bakteri lebih mudah memasuki kandung kemih. Inilah yang menyebabkan kaum wanita lebih rentan terkena infeksi jenis ini.

Tanda-tanda dan Gejala Terinfeksi Saluran Kemih

Tanda dan gejala terinfeksi saluran kemih perlu diketahui sejak dini. Pasalnya, jika tidak segera ditangani penyakit ini akan membahayakan. Lalu, apa saja tanda-tanda dan gejala infeksi saluran kemih ? Umumnya penderita infeksi saluran kemih memiliki gejala seperti :

  • Merasakan nyeri atau sensasi panas saat buang air kecil
  • Mempunyai rasa ingin buang air kecil yang terus menerus
  • Sering buang air kecil
  • Urine yang berbau tajam dan warnanya keruh
  • Urine yang bernanah atau berdarah
  • Nyeri panggul

Apakah Infeksi Saluran Kemih Bisa Sembuh Sendiri ?

Bagaimana pengobatan yang dilakukan agar penderita infeksi saluran kemih dapat segera sembuh ? Apakah infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri ? Pertanyaan semacam ini seringkali terlontar dari mereka yang mengidap penyakit infeksi saluran kemih.

Pada umumnya, mereka yang bertanya-tanya apakah infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri, rupanya sudah mulai lelah dengan pengobatan dokter. Mereka sudah mulai mencari-cari pengobatan tanpa mengonsumsi obat antibiotik.

Pada umumnya, infeksi saluran kemih dapat diobati dengan mengonsumsi obat antibiotik. Namun, bagi beberapa penderita wanita bergejala infeksi saluran kemih, mungkin infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri tanpa harus meminum antibiotik.

Antibiotik bagi pengidap penyakit infeksi saluran kemih biasanya akan beekrja dalam waktu 2 sampai 3 hari. Dan kabar baiknya, pada waniya yang sehat, infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri tanpa konsumsi atibiotik.

Bagaimana cara agar infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri ? Nah, selain mengonsumsi obat-obatan, ternyata ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi. Apa saja ? Berikut diantaranya.

Minum Air Putih yang Cukup

Infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri dengan cara teratur minum air putih setia hari. Coba lakukan langkah awal ini dengan rutin meminum 10 gelas air putih setiap hari. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri melalui urine yang dikeluarkan.

Namun bagi seseorang dengan penyakit batu ginjal, alangkah lebih baiknya melakukan konsultasi dengan dokter tentang berapa gelas air putih dalam sehari yang bagus dikonsumsi. Sebagai nasehat saja, saran dari dokter juga penting diperhatikan.

Bagi pengidap infeksi saluran kemih, sebaiknya hindari konsumsi minuman yang berwarna dan mengandung kafein seperti soda, kopi dan teh. Sebab, kafein bisa memperparah infeksi jenis ini.

Banyak Mengonsumsi Vitamin C

Walaupun penderita yang terinfeksi saluran kemih sangat tidak disarankan untuk meminum minuman seperti jeruk, namun konsumsi vitamin C dalam bentuk buah-buahan atau vitamin yang berwarna hijau akan membantu mnegurangi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Bagaimana bisa ? Sebab, saat penderita mengonsumsi vitamin C akan membuat urine menjadi asam. Nah, urine yang asam inilah yang baik untuk mengurangi bakteri E.coli uyang menjadi penyebab infeksi saluran kemih.

Tidak Menahan Buang Air Kecil

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membantu penyembuhan infeksi saluran kemih tanpa antibiotik ialah dengan tidak menahan buang air kecil. Memang terdengar sepele, namun jika terus menahan untuk buang air kecil akan berakibat fatal.

Sebaiknya jangan pernah menahan untuk buang air kecil, karena dengannya akan menyebabkan bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih. Pasalnya, perihal remeh seperti ini harus diperhatikan untuk membantu mengurangi infeksi saluran kemih.

Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Bagi penderita, sebaiknya dianjurkan untuk memilih pakaian dengan bahan yang katun yang membuat kulit bernapas. Mengenakan pakaian yang nyaman adalah salah satu strategi agar mengurangi penyakit infeksi saluran kemih.

Sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Pakaian yang demikian akan membuat tidak terasa lembab sehingga mengurangi bakteri penyebab infeksi. Hal sesederhana ini penting dilakukan bagi pengidap infeksi saluran kemih yang ingin cepat sembuh.

Menggunakan Kompres Panas

Salah satu cara untuk meringankan rasa perih pada area kandung kemih ialah dengan menggunakan bantal panas. Cara pemakaiannya adalah gunakan kain sebagai pemisah dan tidak mengaplikasikannya langsung ke kulit.

Menggunakan kompres panas ini hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja untuk menghindari rasa panas berlebih. Coba lakukan hal ini rutin setiap hari untuk meredakan rasa sakit pada aera kandung kemih.

Memperhatikan Kebersihan Area Kandung Kemih

Infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri apabila sang penderita selalu memperhatikan kebersihan sanitasi yang digunakan. Sebaiknya hindari penggunaan spray atau sabun pembersih kewanitaan.

Agar area kandung kemih selalu bersih coba bilas area intim dengan cara dari depan ke belakang, kemudian keringkan. Hal ini dilakukan untuk menghindai kuman yang berpindah tempat ke saluran kecing

Selain itu, usahakan untuk menggunakan showet saat mandi dan hindari berendam di bathub. Jangan lupa gunakan sabun yang mengandung pewangi atau  fragrance-free.

Miliki Gaya Hidup Sehat

Dan cara alami terkahir yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan infeksi saluran kemih tanpa melakukan pengobatan dengan mengonsumsi obat antibiotik ialah dengan memiliki gaya hidup yang sehat.

Jika sebelumnya si penderita sering mengonsumi makanan isntan dan minuman isntan, sebaiknya hal ini segera dihindari. Pengidap penyakit ini perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Sebaiknya rutinlah mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Biasakan konsumsi air putih secara rutin dan hindari minuman kemasan, berwarna, berkafein dan beralkohol. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan pakaian yang dikenakan setiap hari.

Demikianlah cara alami untuk mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih. Ternyata, infeksi saluran kemih bisa sembuh sendiri dengan mengikuti cara-cara alami seperti yang sudah disebutkan di atas.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *