Ibu Harus Tahu 5 Manfaat Sayur dan Buah-Buahan Untuk Bayi dan Anak

Ibu Harus Tahu 5 Manfaat Sayur Dan Buah-Buahan Untuk Bayi Dan Anak. Sejak usia di atas enam bulan, bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Cukupi asupan serat sejak dini untuk mendukung tumbuh kembang anak. Untuk mendapatkan asupan serat tidaklah sulit. Berikan buah dan sayuran untuk bayi di dalam MP ASInya sampai dia bisa memakannya sendiri baik makanan lunak atau padat.

Usahakan setiap hari ada asupan sayur dan buah-buahan. Karena terkandung zat kaya nutrisi yang diperlukan untuk bayi dan anak. Meskipun tidak semua buah dan sayuran bisa dikonsumsi oleh bayi dan anak. Oleh karena itu, ibu harus selektif dalam memilih. Karena manfaatnya sangat besar untuk proses pertumbuhan anak. Berikut manfaat sayur dan buah untuk bayi dan anak.

manfaat sayur dan buah-buahan
manfaat sayur dan buah-buahan

Ketahui Manfaat Sayur dan Buah-Buahan untuk Bayi dan Anak

Tidak sedikit anak yang tidak suka buah dan sayur. Padahal manfaat sayur dan buah-buahan buat mereka begitu besar, apalagi dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu usahakan mulai pengenalan makanan sayur dan buah ketika MP ASI dimulai. Adapun manfaatnya adalah.

Untuk meningkatkan asupan gizi

Di dalam sayuran dan buah-buahan terdapat kandungan mineral dan vitamin yang penting. Misalnya kalsium, protein, vitamin A, C, E yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun jaringan sel tubuh. Yang terpenting, penuhi asupan gizi anak dengan memberikan sayur dan buah-buahan yang beraneka ragam agar bayi sehat dan bugar setiap hari.

Sebagai pelindung dari penyakit

Penyakit yang biasanya menyerang anak adalah diabetes tipe 2. Manfaat sayur dan buah-buahan dapat melindungi dari penyakit tersebut karena mengandung zat penting. Oleh karena itu, anak-anak seharusnya belajar menyukai makan sayur dan buah-buahan. Membiasakan sejak dini agar ketika dewasa sudah terbiasa memiliki pola hidup sehat. Selain sehat, sayur dan buah-buahan bisa menurunkan risiko penyakit jantung, darah tinggi, kanker, dan penyakit lainnya.

Mencegah dehidrasi

Di dalam sayur dan buah-buahan banyak yang mengandung cairan yang berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Jika bayi dan anak-anak terbiasa memakan sayur dan buah-buahan di sela-sela aktifitasnya akan bermanfaat mencegah terkena  dehidrasi. Adapun buah yang memiliki kandungan lebih banyak air adalah semangka, melon, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah obesitas

Bukan hanya berfungsi untuk pertumbuhan saja. Ternyata manfaat sayur dan buah-buahan bisa mencegah kelebihan berat badan anak atau obesitas. Karena di dalam sayur dan buah-buahan mengandung zat yang rendah kalori dan lemak. Tetapi memiliki kandungan yang kaya nutriri yang bisa terserap sempuna oleh tubuh. Oleh sebab itu, bayi atau anak yang menyukai sayur dan buah-buahan akan terjaga berat badannya tetap ideal.

Baik untuk pencernaan

Sayur dan buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Karena itu bisa mengakibatkan kenyang lebih lama dan mencegah sembelit. Selain itu sayur dan buah-buahan bisa mencegah risiko penyakit jantung dan kanker ketika anak sudah dewasa. Kebanyakan anak-anak sekarang hanya memenuhi separuh kebutuhan seratnya. Jika dibiarkan, akan tidak baik untuk kesehatan mereka.

Itulah lima manfaat sayur dan buah-buahan yang bisa didapatkan ketika rutin mengonsumsinya. Ada baiknya seorang ibu mulai mengenalkan sayur dan buah-buahan sejak dini pada anak-anaknya. Mulai perkenalkan sayur dan buah-buahan selepas pemberian ASI setelah enam bulan. Sebaiknya perkenalkan sayuran terlebih dahulu. Untuk mencegah bayi tidak suka sayuran jika buah yang didahulukan karena rasanya manis.

Macam manfaat  sayur dan buah-buahan yang diperkenalkan sejak bayi

Dari penjelasan di atas bahwa perkenalkan sayuran terlebih dahulu dari pada buah-buahan kepada bayi. Karena khawatirnya bayi akan merekam rasa buah yang manis. Sehingga di kemudian hari tidak menyukai sayuran. Tidak semua sayuran bisa dimakan oleh bayi. Berikut sayuran yang bisa dimakan dahulu oleh bayi.

Wortel

Wortel termasuk sayuran berwarna orange yang berarti kaya vitamin A dan betakaroten. Oleh karena itu, wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk memulai memperkenalkan pada bayi bisa dibuatkan pure atau makanan yang dilembutkan. Campurkan dengan nasi yang sudah dilembutkan. Dan makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan mineral bayi. Dan dapatkan manfaat sayur dan buah-buahan dari wortel.

Tomat

Kandungan tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Seperti halnya wortel, tomat juga termasuk sayuran yang berwarna orange. Oleh sebab itu tomat kaya akan vitamin A, C, dan betakaroten. Selain itu tomat juga mengandung beberapa nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan kekebalan bayi dan anak.  Kandungan tomat bisa lebih dimanfaatkan jika direbus atau dikukus. Campurkan tomat di dalam makanan bayi atau sup pada anak.

Brokoli

Buķan hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja. Dapatkan manfaat sayur dan buah-buahan dari brokoli untuk bayi dan anak. Karena brokoli mengandung asam folat, kalsium, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk tumbuh kembang bayi dan anak. Bukan hanya itu saja, brokoli juga mampu mencegah berbagai penyakit tang mematikan. Cukup merebus brokoli dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Dan sajikan dengan cara mencampurkan ke dalam bubur bayi.

Bayam

Bayam termasuk sayuran yang paling mudah didapatkan. Berikan sayur bayam sesering mungkin karena sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Bayam kaya akan kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan zat lainnya. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan bayi dan anak. Selain itu bermanfaat untuk kesehatan otak bayi. Sayur bayam juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, kesehatan mata, sistem saraf, dan menjaga dari gangguan pencernaan.

Labu siam

Manfaat sayur dan buah-buahan juga bisa didapatkan dari labu siam. Sayur ini mengandung kalsium, fosfor, dan berbagai macam vitamin yang berfungsi untuk pertumbuhan bayi dan anak. Terutama pertumbuhan tulang dan gigi. Tekstur lembut dari labu siam, cocok untuk pembelajaran bayi mengunyah. Rasa manis dari labu siam juga bisa menggugah selera. Cara penyajiannya juga mudah. Kukus labu siam dan lembutkan dulu sebelum disajikan kepada si kecil.

Kentang

Ternyata kentang sangat baik diberikan untuk makanan pendamping ASI. Meskipun kentang termasuk dalam umbi-umbian yang bisa dijadikan sayur.  Karbohidrat yang terkandung bisa menggantikan nasi. Selain itu kentang juga mengandung nutrisi yang jarang membuat alergi bayi dan anak. Sama seperti lainnya, cara penyajian kentang hanya dikukus atau direbus. Kemudian kerok kentang atau haluskan kentang sebelum diberikan kepada si kecil.

Baca artikel lainnya disini .

Labu kuning

Sudah bukan rahasia lagi kalau labu kuning memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan serat yang tinggi dan kalori mampu mengenyangkan lebih lama sekaligus rendah lemak. Manfaat sayur dan buah-buahan dari labu kuning sangat banyak. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu untuk perkembangan bayi dan anak. Cukup bersihkan labu kuning, kemudian potong kecil-kecil dan kupas kulitnya. Rebus atau kukus labu kuning sampai empuk sebelum disajikan pada bayi dan anak.

Tujuh contoh sayur di atas bisa diberikan secara rutin kepada bayi dan anak untuk mendapatkan manfaat sayur dan buah-buahan. Setelah memberikannya, perhatikan pula reaksi tubuh bayi terhadap sayur-sayuran tersebut. Meskipun menyehatkan, sayur dan buah-buahan juga bisa menyebabkan alergi. Meskipun kasus tersebut jarang terjadi. Berikan porsi kecil terlebih dahulu dan pastikan untuk cukup minum air putih sesudahnya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *