Mau Sehat saat Hamil? Ikuti 12 Tips Ibu Hamil Sehat Berikut Ini!

Sumbersehat.comMenjadi ibu hamil sehat merupakan keinginan banyak ibu, terutama ibu muda. Sebab, kehamilan sehat bisa membuat bayi terlahir baik dan tidak ada kekurangan suatu apapun. Selain itu, ibu yang sehat, membuat proses penyembuhan setelah melahirkan pun cepat.

Jika anda menginginkan kehamilan sehat, anda harus disiplin dalam makan dengan cara membuat daftar menu untuk ibu hamil. Lalu, anda juga perlu melakukan olahraga untuk ibu hamil dan lain sebagainya. Mau tahu cara buat ibu hamil sehat, simak yuk ulasannya!

Inilah Tips Ibu Hamil Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Untuk mencapai kehamilan sehat, anda dapat melakukan beberapa upaya selama hamil. Upaya-upaya tersebut adalah:

Pilih-pilih makanan

mengonsumsi makanan sehat, penting dilakukan oleh ibu hamil. Tidak hanya sayur-sayuran saja, melainkan juga buah-buahan. Bahkan ibu hamil sehat memerlukan makanan yang kaya kalsium, makanan dengan kada gula dan lemak yang tepat.

Pastikan anda mendapatkan vitamin yang cukup

Ibu hamil yang sehat perlu banyak asupan banyak asam folat dan kalsium. Untuk mendapatkan multivitamin, anda bisa makan jeruk, bayam, kacang merah yang kaya akan asam folat dan lainnya. Menu untuk ibu hamil sehat itu, harus dikonsumsi setiap hari. Anda juga bisa mengganti makanan sehat untuk ibu hamil dengan kandungan yang sama.

sedangkan kandungan kalsium dapat anda peroleh dari bayam, susu dan yogurt. Namun, multivitamin prenatal harian dapat membantu memastikan anda memenuhi jumlah yang tepat. Tanyakan kepada dokter anda tentang konsumsi nutrisi yang baik untuk ibu hamil sehat, sehingga anda mengonsumsi makanan yang tepat setiap hari.

Hidrasi tubuh anda

Perlu anda ketahui bahwa kebutuhan air ibu hamil lebih banyak daripada perempuan tidak hamil. Targetkan untuk minum 10 gelas air setiap hari. Masukkan air putih dalam daftar menu untuk ibu hamil sehat harian anda. Anda bisa mencatatnya dan pastikan anda mengonsumsi semua menu sehat anda itu.

Baca juga : 16 Manfaat Black Garlic atau Bawang Putih Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Lakukan pula perawatan prenatal

Wanita hamil harus memperoleh perawatan prenatal dari tenaga medis profesional yang menangani secara rutin. Sebab, kalau tidak mendapatkan perawatan ini memungkinkan kelahiran anaknya tidak atau kurang normal. Ketidaknormalan itu seperti berat badan bayi yang tidak normal dan lainnya. Jika tersedia, pertimbangkan perawatan prenatal secara kelompok.

Selain mengonsumsi menu untuk ibu hamil sehat, anda juga perlu perawatan yang tepat sebelum melahirkan. Langkah ini untuk memastikan nutrisi yang baik untuk ibu hamil sampai melahirkan. Jika nutrisi terpenuhi, maka janin sehat dan kelahiran normal bisa diwujudkan.

Hindari makanan tertentu

Selain tahu tentang menu untuk ibu hamil sehat, anda juga perlu tentang makanan yang tidak baik untuk ibu hamil. Ada makanan tertentu yang harus dihindari ibu hamil saat makan, seperti daging mentah, hati, sushi, telur mentah juga dalam mayones. Lalu, ibu hamil juga perlu menghindari Keju lunak seperti feta dan brie, dan juga produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Anda harus tahu bahwa bahan makanan hewani yang mentah, bisa mengakibatkan ibu hamil kemasukan racun. Tak hanya itu, bahkan beberapa ikan yang sudah dimasak sekalipun, ada yang mengandung banyak merkuri. Itu tidak baik bagi ibu hamil, pastikan anda mematuhi anjuran dokter kandungan soal makanan harian anda.

Hindari minum alkohol

Sangat tidak tepat sekali wanita hamil mengonsumsi alkohol selama dan sesudah masa kehamilan. Bahkan saat menyusui juga dianjurkan tidak minum alkohol. Alkohol dapat menyebabkan resiko bayi mengalami masalah spektrum alkohol. Hal ini membuat bayi terlahir tidak sempurna seperti ketidakmampuan belajar, perilaku yang buruk dan wajah yang abnormal.

Jangan merokok

Semuanya tentu tahu, kalau merokok sangat tidak sehat. Bagi orang yang tidak hamil saja merokok tidak bagus, apalagi bagi perempuan hamil. Kandungan pada rokok yang terpapar terhadap ibu hamil, bisa menyebabkan kelahiran prematur, sindrom kematian bayi mendadak, keguguran dan lainnya. Lebih baik anda konsumsi menu untuk ibu hamil sehat saja, daripada menghisap rokok.

Bergeraklah secara rutin

Tidak hanya baik bagi orang biasa saja, tapi olahraga juga dibutuhkan oleh ibu hamil sehat. Anda bisa memadukan menu untuk ibu hamil dengan olahraga, sehingga tubuh anda bisa sehat dan bugar selama kehamilan. Konsultasi kepada dokter tentang seberapa besar anda memerlukan aktivitas fisik harian.

Setelah berkonsultasi kepada dokter, anda bisa mengikuti kelas olahraga ibu hamil. Biasanya olahraga ini dilakukan untuk cara menjaga kandungan agar tetap dan kuat. Olahraga ringan juga membantu anda untuk sehat

Perlu untuk vaksin flu

Ibu hamil sebaiknya tidak terpapar dengan virus dan bakteri apapun. Salah satu virus yang sering menyerang adalah virus flu dan ini bisa membuat ibu hamil dalam kondisi buruk. Tanyalah kepada dokter dan buat janji dengan mereka untuk suntik vaksin flu. Ibu hamil sehat dapat terwujud jika anda memiliki antibody yang kuats, salah satunya dengan vaksin tersebut.

Tidur nyenyak

Tidak hanya memperhatikan menu ibu hamil sehat, anda pun butuh tidur yang cukup. Tujuh hingga sembilan jam penting bagi anda dan janin sehat nda. Anda bisa memilih tidur miring ke kiri agar aliran darah lancar untuk anda dan janin anda. Atau lebih baik konsultasi kepada dokter tentang posisi ibu hamil saat tidur yang tepat.

Jangan stress

Stress dapat membuat banyak masalah bagi ibu hamil, maka sebisa mungkin jangan stres. Anda mungkin memerlukan istirahat yang banyak, hiburan atau liburan. Bawalah orang-orang sekitar anda untuk membuat anda senang dan bahagia selama kehamilan.

Baca juga : 9 Ciri Kehamilan Sehat Pada Trimester Awal, Anda Wajib Tahu!

Pilih waktu yang tepat untuk hamil

Agar ibu hamil sehat, maka sebaiknya hamil di waktu yang tepat. Konsultasikan kepada dokter kandungan anda untuk mengetahui kondisi tubuh yang sehat untuk hamil. Selain itu, anda pun harus memiliki keuangan yang mumpuni, sehingga mengurangi stress dan beberapa masalah ekonomi selama hamil.

Rencanakan kehamilan dengan suami anda sebaik mungkin. Perkirakan waktu yang termasuk jarak tahun dengan anak sebelumnya agar tidak terlalu pusing soal biaya sekolah nantinya. Sebaiknya, Anda harus konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menunda kehamilan.

Itu supaya mendapatkan langkah penundaan kehamilan yang tepat dan tidak berbahaya di kemudian hari. Bawalah suami anda untuk membantu dan memperhatikan semua tentang kehamilan Anda. Suami harus andil dalam memilih menu ibu hamil, nutrisi untuk ibu hamil muda dan tua, hingga mengetahui pantangan makanan.

Itulah 12 tips ibu hamil sehat, dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, anda dapat mewujudkan kehamilan yang baik sampai melahirkan. Yuk, perhatikan tubuh anda sedini mungkin, mulai dari perencanaan kehamilan hingga melahirkan. Paling penting bagi ibu hamil sehat, adalah selalu bahagia.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat lidah buaya untuk wanita

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.com - Manfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *