5 Asupan Yang Harus Dipenuhi Saat Diet Alami Untuk Ibu Menyusui

5 Asupan Yang Harus Dipenuhi Saat Diet Alami Untuk Ibu Menyusui. Bagi ibu menyusui, memperhatikan asupan makanan adalah bagian penting agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dengan baik. Terlebih di masa ini, ibu harus memberi nutrisi yang baik untuk bayi yang tengah menyusui. Jadi tidak heran disarankan untuk tidak terlalu membatasi makanan yang dikonsumsi ibu menyusui.

Lantas apa saja nutrisi yang penting untuk ibu menyusui? Sebelum membahas itu, alasan utama ibu menyusui harus mengoptimalkan nutrisi yang masuk ke tubuh adalah nutrisi yang ia miliki bukan untuk dirinya sendiri. Namun juga untuk bayi yang ia susui. Artinya, jika nutrisinya kurang, maka bukan hanya ibu saja yang mendapat dampak buruknya tapi bayinya juga.

diet alami untuk ibu menyusui
diet alami untuk ibu menyusui

Berbagai Nutrisi Yang Penting Untuk Ibu Menyusui

Untuk memenuhi nutrisi, tidak sedikit ibu yang melakukan diet alami. Sebenarnya diet alami ini tidak terlalu disarankan untuk ibu menyusui. Alasannya ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih dibanding ibu pada umumnya. Namun dengan aturan ketat tambahan, diet alami untuk ibu menyusui sangat disarankan dokter.

Terlebih bagi ibu menyusui yang badannya bengkak karena berat badan naik selama masa kehamilan. Nah, berbicara seputar diet alami untuk nutrisi yang dikonsumsi ibu menyusui, apa saja nutrisi yang penting untuk dikonsumsi? Bagi yang penasaran, Anda bisa simak daftarnya berikut

Karbohidrat

Ini adalah jenis nutrisi yang termasuk dalam golongan makronutrien. Karbohidrat digunakan tubuh untuk sumber energi ketika beraktivitas. Makanan yang mengandung karbohidrat bisa didapat dari buah-buahan, umbi-umbian, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian. Umumnya, diet alami untuk ibu menyusui ini bisa dikonsumsi lewat nasi, ubi, pasta, kentang atau sebagainya.

Karbohidrat gula umumnya bisa ditemui di buah-buahan, susu dan juga sayuran. Sedangkan untuk karbohidrat pati dan serat banyak ditemui di kacang-kacangan, biji-bijian dan juga sayuran. Tak hanya itu, karbohidrat yang dikonsumsi ibu hamil juga menjadi penyumbang kalori bagi ibu menyusui. Menurut AKG tahun 2013, asupan karbohidrat untuk ibu hamil harus memenuhi kebutuhan harian berikut:

  • Ibu menyusui usia 21 hingga 29 tahun membutuhkan 309 gram untuk bayi di 6 bulan pertama serta 364 gr untuk 6 bulan kedua
  • Sedangkan ibu menyusui yang berusia 30 hingga 40 tahun memerlukan 368 gram untuk bayi di 6 bulan pertama dan 378 untuk 6 bulan kedua.

Protein

Bagi ibu yang tengah menyusui, diet alami untuk ibu menyusui berikutnya adalah mengonsumsi protein. Kebutuhan protein untuk ibu menyusui umumnya lebih banyak dibanding ibu yang tidak sedang menyusui. Protein menjadi zat gizi penting yang berguna untuk memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh  manusia.

Protein juga berperan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi di awal masa kelahirannya. Untuk ibu hamil, diet alami protein juga penting untuk mempercepat proses pemulihan setelah kehamilan dan persalinan. Untuk diet alami protein, ibu hamil bisa mengonsumsi yogurt, susu, keju, seafood, telur dan beberapa sumber protein lainnya.

Sedangkan untuk protein nabati, Anda bisa konsumsi biji-bijian, tahu, oncom, tempe, kacang-kacangan dan sebagainya.  Berdasarkan AKG pada tahun 2013, ini data kebutuhan diet alami untuk ibu menyusui protein :

  • Ibu menyusui yang berusia 21 tahun hingga 29 tahun membutuhkan 76 gram untuk bayi di masa kelahiranb 6 bulan pertama dan 6 bulan kedua
  • Ibu menyusui yang bersuai 30 hingga 40 tahun memperlukan 77 gram protein untuk 6 bulan pertama dan 6 bulan kedua

Lemak

Lemak menjadi makanan diet alami yang penting untuk ibu menyusui. Sebenarnya lemak bukan menguntungkan untuk ibu saja. Namun juga bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Meskipun begitu, ibu menyusui juga harus paham jika tidak semua lemak bisa dikonsumsi seperti biasa.

Ibu menyusui membutuhkan lemak dalam bentuk biasa, yakni lemak jenuh tunggal atau tidak jenuh ganda. Ibu menyusui harus menghindari konsumsi lemak jenuh ataupun lemak trans yang resikonya membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Sumber lemak tidak jenuh yang disarankan adalah alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun hingga minyak kanola. Saat diet alami untuk ibu menyusui, makanan ini bisa dikonsumsi secara rutin.

Lemak jahat yang perlu dihindari ibu menyusui antara lain makanan yang digoreng ataupun daging yang berlemak. Selain itu, lemak yang ada di ikan berlemak juga harus dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega 3. Dimana asam lemak tersebut bisa mendukung pertumbuhan otak bayi.

Ibu menyusui bisa mendapat asam lemak omega 3 untuk diet alami dengan konsumsi sarden, tuna, kacang-kacangan hingga salmon. Berdasarkan AKG tahun 2013, asupan lemak yang disarankan untuk ibu menyusui sebanyak

  • 86 gram lemak untuk ibu menyusui yang berusia 21 tahun hingga 29 tahun di 6 bulan pertama. Sedangkan 88 gram untuk ibu menyusui di 6 bulan kedua
  • Bagi ibu yang menyusui di usia 30 hingga 40 tahun, lemak yang dibutuhkan adalah 71 gram untuk 6 bulan pertama dan 73 gram untuk 6 bulan kedua. Saat menjalani diet alami untuk ibu menyusui, pastikan jumlah ini dipenuhi dengan baik oleh ibu.

Serat

Serat juga menjadi nutrisi penting yang harus dipenuhi ketika ibu melakukan diet alami. Serat membantu ibu menyusui untuk melancarkan sistem kerja pencernaan. Sumber serat yang cocok untuk ibu menyusui pada umumnya adalah sayuran dan buah-buahan. Bagi ibu menyusui, entah vegetarian atau tidak, serat menjadi nutrisi penting yang harus dipenuhi.

Berdasarkan data yang diambil dari AKG 2013, jumlah serat yang dibutuhkan ibu hamil juga beragam sesuai usianya. Jadi bagi yang menerapkan diet alami untuk ibu menyusui, data-data berikut bisa dijadikan patokan:

  • Kebutuhan serat untuk ibu menyusui yang berumur 21 tahun hingga 29 tahun adalah 32 gram untuk 6 bulan pertama dan 38 gram untuk 6 bulan kedua
  • Sedangkan untuk ibu menyusui yang berusia 30 hingga 40 tahun, Anda membutuhkan asupan serat sebanyak 35 gram untuk 6 bulan pertama dan 36 gram untuk bulan kedua

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Vitamin

Vitamin juga menjadi nutrisi penting untuk ibu menyusui yang perlu diperhatikan. Jenis vitamin yang dibutuhkan ada dua, vitamin yang larut terhadap lemak dan yang tidak. Vitamin larut lemak adalah vitamin yang penting untuk ibu menyusui, contohnya seperti vitamin K, vitamin  A, vitamin D dan E.

Vitamin jenis ini sangat bagus jika dikonsumsi berbarengan dengan lemak. Manfaat diet alami untuk ibu menyusui ini adalah agar kalsium yang diserap tulang semakin baik. Banyak makanan yang mengandung vitamin untuk ibu menyusui, seperti buah-buahan/.

Diet alami untuk ibu menyusui memang kerap dilakukan karena menyehatkan untuk ibu dan si bayi. Saat diet alami, ibu juga jangan sampai lupa untuk berolahraga karena manfaatnya juga bagus untuk tubuh.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *