Hamil 5 Minggu? Perhatikan Beberapa Panduan Ini!

sumbersehat – Bagi banyak pasangan baru, kehamilan adalah hal luar biasa. Sehingga tidak heran jika momen ini pun mengundang banyak kekhawatiran dan beragam hal lain yang memicu timbulnya hoax, mitos dan hal-hal ambigu lain. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui setiap tahapan perkembangan janin di dalam rahimnya. Termasuk ketika usia kehamilan memasuki hamil 5 Minggu.

Dalam usia kehamilan ini, ada banyak hal yang terjadi baik bagi ibu maupun janin dalam kandungan. Untuk tahu apa rasa hamil 5 minggu ini, mari simak pembahasan berikut ini! Sehingga, Anda lebih memahami dan lebih siap dengan kondisi-kondisi yang dialami selama kehamilan. Sebab, kondisi Anda akan sangat berbeda pada saat tidak hamil.

hamil 5 minggu

Inilah yang Terjadi Ketika Hamil 5 Minggu

Secara kasat mata, ketika hamil 5 minggu maka perut ibu akan semakin membuncit, diiringi dengan kenaikan berat badan yang signifikan setiap bulannya. Selain itu, di dalam kandungan, janin pun berproses untuk terdiferensiasi lebih sempurna lagi.

Ukuran Janin Usia 5 Minggu

Dalam usia ini, janin sudah bisa diukur lebih detail lagi untuk panjangnya di dalam kantung kehamilan. Namun, ukuran yang ada bukanlah hal yang mutlak, sebab dipengaruhi juga oleh asupan nutrisi dan kecepatan perkembangan si janin juga. Sebab, ada beberapa kasus yang di awal seolah tidak berkebang namun di bulan berikutnya melaju dengan pesat.

Menurut beberapa literatur, ada yang menyatakan bahwa hamil 5 Minggu ini janin masih sebesar biji wijen. Namun ada juga yang mengatakan bahwa janin bisa mencapai ukuran 1-1.5 inch. Sehingga bukan jadi patokan khusus, yang penting ada kemajuan dari bulan pertamanya. Selain itu, si ibu juga harus menjaga pola makan dan nutrisi yang masuk cukup untuk kebutuhan berdua.

Perkembangan janin usia 5 minggu yaitu sudah mulai terdiferensiasi mana bagian kepala, badan dan ekstremitas si janin. Meski secara ukuran masih sangat kecil, dan terletak dalam kantung kehamilan yang belum besar. Namun, si kecil sudah mulai menunjukkan perkembangan signifikan. Adapun diferensiasi secara fisik yang bisa diketahui adalah sebagai berikut:

  • Ada empat tonjolan yang akan menjadi ekstremitas di janin. Dua menjadi ekstremitas atas (tangan) dan dua lagi bawah (kaki).
  • Organ tubuh juga mulai terbentuk. Diantaranya adalah organ ginjal, jantung, usus dan jaringan syaraf.
  • Organ jantung si janin sudah memiliki sekat, meski belum terbentuk sempurna namun sudah bisa jelas dibedakan mana saja bagian jantungnya.
  • Susunan syaraf sudah lebih kompleks, mulai dari otak, medulla spinalis hingga sumsum tulang belakang.

Hal Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 5 Minggu

Selain perut yang semakin membuncit, di usia kehamilan ini juga ada perubahan yang dirasakan oleh ibu hamil. Diantaranya adalah kadar morning sickness yang semakin memuncak dan juga rasa letih serta lemas berkepanjangan.
Selain itu, secara deteksi manual janin usia 5 minggu belum terlihat. Sehingga, jika ada kontraksi berupa seperti tendangan dari dalam, itu bukanlah ulah si janin. Bisa jadi karena kram perut akibat muntah yang terus-menerus.

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil 5 Minggu

Mengingat di usia kehamilan ini kondisi ibu masih mengalami morning sickness dan juga nafsu makan yang berkurang. Maka, perlu trick tersendiri agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Misalnya dengan beberapa tips mengatasi mual saat hamil 5 minggu berikut:

Makan Dalam Porsi Sedikit Dengan Frekuensi Sering

Makan dalam porsi sedikit, satu atau dua sendok bisa menjadi tips ampuh saat mual melanda. Namun, ulang setiap 20-30 menit sekali. Makan pun bisa dari beragam sumber nutrisi tidak harus nasi atau lauk tertentu. Asal masih memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan kaya akan zat gizi yang penting untuk tubuh.

Cari Aroma Terbaik Sebagai Pendamping

Suka mual dengan aroma tertentu? Atau malah lebih suka dengan beberapa aroma lain? Jangan khawatir dan jangan terlalu dilawan. Biarlah mengalir natural namun disikapi dengan bijak. Sebab di usia hamil 5 minggu ini, ibu harus pintar-pintar mengakali kondisi tubuh sendiri.

Misalnya saja suka dengan aroma kulit jeruk. Maka di setiap sudut kamar dan rumah, taruh kulit jeruk. Setiap tubuh berpindah tempat, selalu kantungi dan selipkan kulit jeruk. Ini berguna jika rasa mual datang, bisa segera dapat menetralisir sehingga makanan yang masuk tidak dimuntahkan kembali. Demikian juga saat makan, biarlah aroma asli makanan hilang terkalahkan oleh aroma kesukaan, yang penting makanan masuk.

Ragam Menu Yang Biasanya Cocok Untuk Usia Kehamilan 5 Minggu

Banyak sumber pangan yang bisa dijadikan sebagai makanan utama pengganti nasi atau telur yang kebanyakan tidak disukai saat hamil muda. misalnya saja beberapa jenis makanan untuk ibu hamil 5 minggu berikut ini:

a. Asinan Sayur

Cita rasa segar dari asinan sayur ini biasanya bisa diterima oleh ibu hamil muda. Namun, agar nutrisi yang masuk optimal, tidak hanya sayur dan karbohidrat saja, maka lengkapi dengan udang rebus atau telur rebus. Aroma amis yang berasal dari protein hewani ini, akan terendam oleh aroma segar dari jeruk limau, cuka dan juga bumbu asinan sayur yang lezat.

b. Rujak Buah

Jangan khawatir dengan kebutuhan tubuh akan vitamin dan serat. Karena dari buah-buahan segar yang dimakan secara mentah, manfaat vitamin bisa diterima secara utuh oleh tubuh. Pilih jenis rujak buah yang Anda inginkan, sehingga tidak memancing mual. Misalnya hanya memakai gula aren dan cabe, atau garam dan cabe, serta pilihan bumbu lain. Hindari menggunakan terasi, ebi dan lainnya. Karena aroma amisnya bisa memicu mual dan biasanya ini menjadi menu makanan hamil 5 minggu yang tidak disukai.

c. Keripik Pedas Manis

khawatir asupan karbohidrat tidak tercukupi? Jangan khawatir. Karena dengan mengemil aneka keripik dari jenis umbi-umbian, bisa membantu asupan nutrisi ibu hamil muda ini. Rasa pedas, asam, manis dan gurih dari keripik bisa membantu menekan rasa mual dan memancing rasa lapar. Sehingga menu ini baik sebagai pembuka agar bisa makan menu normal.

Sebenarnya masih banyak sekali makanan-makanan yang bisa meredakan mual saat hamil. Anda bisa memilih mana yang paling Anda inginkan. Namun, jangan lupa untuk konsultasi kepada dokter atau ahli lainnya, tanyakan kepada mereka apakah makanan itu baik atau buruk untuk janin dan kondisi Anda.

Jangan khawatir soal mitos makan pedas tidak baik bagi janin, sebab belum ada penelitian pasti mengenai seberapa berdampaknya. Selama itu masuk toleransi pedas biasanya, tidak menyebabkan sakit perut/diare, maka sah-sah saja makan pedas. Selama dalam takaran normal, maka ini boleh. Terlebih lagi rasa pedas yang ada dalam cabe bagus untuk memancing selera makan dan menekan mual berlebih.

Demikianlah beberapa hal mengenai momen hamil 5 minggu yang perlu diketahui. Ukur kemampuan tubuh sendiri dan yakinlah bahwa semua akan baik-baik saja. Hapus semua kecemasan dan hal-hal negatif. Bangun management emosi yang baik, agar segalanya terasa lebih ringan dan dapat dijalani dengan natural. Happy pregnancy.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *