Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memiliki Tubuh Sehat

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memiliki tubuh sehat ini wajib untuk Anda ketahui. Bagaimana tidak, tubuh yang sehat akan membuat Anda bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, tubuh yang tidak sehat dapat memberikan dampak buruk. Merasa hilang semangat, mudah lesu, sulit berkonsentrasi, mudah lelah adalah empatĀ  dari sekian indikator yang menandakan tubuh Anda tidak sehat. Jika Anda merasa memiliki keluhan-keluhan tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah mulai memperbaiki dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat memungkinkan Anda menerapkan kebiasaan-kebiaasaan yang baik. Hal-hal kecil seperti selalu mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi jika dilakukan secara berkala dalam waktu yang panjang pun akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan-kebiasaan baik semacam inilah yang akan menjadi gaya hidup sehat.

Tubuh sehat
Tubuh sehat

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah impian semua orang. Akan tetapi, tubuh yang sehat tidak semerta-merta langsung dimiliki oleh semua orang. Tubuh sehat dimiliki oleh orang-orang yang memulainya dengan gaya hidup sehat. Mulai dengan memperhatikan asupan makanan, pola tidur, kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya. Secara lebih rinci, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memiliki tubuh sehat.

Hal yang perlu diperhatikan untuk membentuk tubuh sehat

Menjaga pola makan

Pola makan yang baik akan membuat tubuh kita tetap sehat. Kita akan terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan karena tubuh sudah terbiasa dengan pola makan yang baik. Sebaliknya, tubuh akan merespon dengan berbagai gejala penyakit seperti maag atau penyakit yang menyerang pencernaan lainnya. Pada awalnya, maag dapat diidentifikasi dengan perut yang merasa sakit dan seperti melilit-lilit. Jika Anda merasakan gejala yang demikian, maka Anda harus segera menghubungi dokter.

Menjaga pola makan adalah satu dari sekian saran yang diberikan dokter supaya Anda mendapatkan kembali tubuh sehat. Oleh karenanya, dalam upaya pencegahan maupun pengobatan, kita perlu mengatur pola makan. Pola makan yang baik dapat kita lakukan dengan mengatur jam makan, mengonsumsi gizi seimbang, dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Selain ketiganya, kita juga harus mengetahui kebutuhan makanan tubuh kita sendiri, sehingga tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Sebab dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat menjadi sebab tubuh mangalami obesitas (kegemukan)

Mengelola asupan kalori

Kebutuhan kalori tubuh adalah satu hal yang perlu kita perhatikan. Pemahaman kita tentang kebutuhan kalori tubuh akan membuat kita mampu mengira-ngira asupan makanan apa yang akan mencukupi kebutuhan tersebut. Sehingga tidak akan membuat kita kelebihan maupun kekurangan kalori.

Asupan kalori yang melebihi kebutuhan tubuh harus disertai upaya untuk menguranginya. Untuk mencapai keseimbangan kebutuhan kalori tubuh sehat dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang paling digemari untuk mengurangi kalori tubuh yang berlebihan di antaranya adalah senam aerobik.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Selain kebutuhan terhadap makanan, tubuh kita memerlukan cukup asupan air putih. Sejumlah penelitian yang telah dilakukan para ahli meunjukkan bahwa kebutuhan tubuh kita terhadap air dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya yakni iklim, aktivitas yang kita lakukan, juga berat badan. Sehingga kebutuhan air masing-masing kita tidaklah sama. Karenanya, kita perlu mengetahui kebutuhan air masing-masing supaya tidak sampai kekurangan.

Di antara tanda tubuh kita mengalami kekurangan cairan dapat kita deteksi mandiri dengan urin kita yang berwarna atau agak kekuningan hingga kecoklatan, bibir kering, dan sedikit bahkan jarang buang air kecil. Jika gejala-gejala tersebut muncul, segeralah minum air putih, karena gejala-gejala tersebut menandakan tubuh kita kekurangan cairan. Sebab dengan mencukupi kebutuhan cairan akan membuat kita memiliki tubuh sehat.

Bantu dengan vitamin tambahan jika perlu

Kebutuhan terhadap vitamin bagi tubuh kadangkala tidak tercukupi dengan mengonsumsi buah-buahan maupun makanan-makanan lainnya, maka dari itu, dapat kita antisipasi dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Vitamin yang banyak diperlukan oleh tubuh adalah vitamin C dan D.

Vitamin C berguna untuk menstabilkan daya tubuh kita. Vitamin C alami dapat diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, jambu, dan lain sebagainya. Sedangkan vitamin D, berfungsi sebagai penghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, dan membantu mengurangi risiko penurunan daya ingat. Sumber vitamin D alami dapat ditemukan pada sinar matahari pagi, telur, susu, dan lain sebagainya. dengan mencukupi kebutuhan terhadap vitamin, kita akan memperoleh tubuh sehat yang tidak mudah diserang virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Cukupi olahraga

Seringkali, kesibukan adalah alasan utama yang paling sering dilontarkan ketika ditanya perihal olahraga yang telah dilakukan hari ini. Padahal, olahraga adalah kegiatan yang vital untuk menunjang kebugaran tubuh. Olahraga memungkinkan kita menggerakkan seluruh otot-otot tubuh, sehingga tubuh kita tidak kaku.

Kita perlu meluangkan cukup waktu untuk berolahraga. Tidak harus olahraga yang berat dan mahal, bisa juga dengan olahraga gratis seperti bersepeda dan lari. Jika tidak dapat meluangkan waktu untuk lari pagi misalnya, dilakukan dengan berlari kecil mengelilingi rumah, atau melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu, mencuci, dan lain sebagainya. Jika dengan melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari saja kita bisa mendapatkan tubuh sehat, kenapa tidak dilakukan?

Cukup istirahat

Mudah lelah adalah salah satu indikator kita memiliki masalah dengan kesehatan tubuh. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, diantaranya adalah kurang tidur. Pola tidur yang buruk dalam waktu berkepanjangan juga tidak baik. Hal ini dikarenakan tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka akan memberikan dampak buruk pada tubuh.

Lelah adalah bahasa alamiah tubuh yang mengisyaratkan tubuh kita memang perlu istirahat. Jika sudah demikian, yang perlu kita lakukan adalah memberi kesempatan tubuh kita untuk istirahat. Memaksakan tetap bekerja dalam kondisi yang tidak fit pun berisiko. Sebab semaksimal-maksimalnya pekerjaan mampu kita selesaikan dalam konsisi yang tidak fit tersebut akan berbeda dengan hasil pekerjaan yang kita selesaikan dengan kondisi tubuh sehat. Karenanya, yang harus mulai kita pahmi adalah bahasa tubuh kita sendiri.

Kurangi stres

Stres adalah satu dari sekian faktor yang dapat mengganggu kesehatan. Stres dengan kondisi ekstrim rentan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit fisik maupun kejiwaan. Perasaan buruk, marah, kecewa dan lain sebagainya dapat menguras energi yang seharusnya dapat digunakan untuk aktivitas-aktivitas positif lainnya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk kita mampu mengelola stress.

Berkebun dan memelihara binatang dapat menjadi alternatif kegiatan yang mampu mencegah munculnya stress. Jika stress diakibatkan karena terlalu banyak pekerjaan yang bertumpuk-tumpuk dan tidak kunjung mampu diselesaikan, menyiram anggrek, mawar atau tanaman yang ditanam di rumah maupun sekadar melihatnya selama lima hingga sepuluh menit akan dapat menyegarkan pandangan memulihkan stres kita. Dengan merasa lebih segar, kita akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Bukankah lebih menyenangkan jika kita memiliki tubuh sehat dan jiwa yang sehat pula?

Hindari kebiasaan buruk

Tubuh yang sehat mencerminkan kita menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Karenanya, kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman beralkohol, dan kegemaran mengonsumsi makanan cepat saji baiknya segera dikurangi bahkan ditinggalkan. Ada banyak alternatif kegiatan yang dapat menggantikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, seperti dengan memperbanyak air putih, mengonsumsi buah, dan lain sebagainya yang terbukti lebih banyak bermanfaat daripada semakin merusak tubuh.

Seperti yang kita ketahui, TAR dan kandungan kimia lainnya dalam rokok jika dikonsumsi dalam waktu yang berkepanjangan dapat merusak tubuh. Begitu pula dalam minuman beralkohol maupun makanan cepat saji. Jika sudah mengetahui kebiasaan buruk tersebut dapat mengganggu tubuh kita, kenapa tidak menggantinya dengan kebiasaan yang baik yang justru membuat kita memiliki tubuh sehat?

Demikian adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk memeroleh tubuh sehat. Kesehatan tubuh adalah aset penting yang perlu kita jaga sebab ia adalah harta yang tidak dapat dinilai dengan angka. Karenanya, menjaga kesehatan tubuh adalah kewajiban masing-masing pribadi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti munculnya penyakit-penyakit yang bukan hanya akan merepotkan diri kita sendiri, tapi juga keluarga dan orang sekitar kita. Maka dari itu, mulailah gaya hidup sehat, minimal pada diri Anda dan keluarga Anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat lidah buaya untuk wanita

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wanita dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

sumbersehat.com - Manfaat lidah buaya untuk wanita tidak main-main. Wanita secara alaminya memang ingin selalu tampil cantik dan mulus. Tidak hanya di depan suami bagi yang sudah menikah. Kecantikan alami yang selalu dikejar dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *