5 Cara Meredakan Gigi Ngilu Setelah Ganti Karet Behel

By

Gigi Ngilu Setelah Ganti Karet Behel – Semua orang tentunya menginginkan gigi yang rapi dan juga menarik karena hal tersebut dapat meningkat rasa kepercayaan diri pada diri seseorang. Namun tidak semua orang mendapatkan gigi yang rapi dan juga menarik, banyak orang yang memiliki gigi tidak rata dan tidak sedikit orang mengalami penurunan tingkat kepercayaan diri.

Namun, pada saat ini sudah ada cara untuk mengatasi gigi anda yang tidak rata. Yaitu dengan cara menggunakan perawatan dengan kawat gigi atau biasanya disebut dengan behel. Apabila anda sudah melakukan perawatan behel anda juga harus lebih berhati-hati dan tetap menjaga kebersihan gigi anda agar tidak terdapat banyak kuman pad sela-sela kawat gigi anda.

Penyebab Gigi Ngilu Setelah Ganti Karet Behel

Sebelum saya membahas tentang cara meredakan gigi ngilu setelah ganti karet behel. Saya akan jelaskan dulu tentang beberapa penyebab gigi ngilu setelah ganti karet behel. Rasa ngilu pada gigi tidak hanya terjadi saat pertama kali  anda mencoba untuk melakukan perawatan gigi menggunakan kawat gigi, hal tersebut memang wajar karena organ mulut melakukan penyesuaian terhadap gigi yang mendapatkan gaya tarik yang disebabkan oleh kawat gigi sehingga gusi lebih rentan untuk mengalami peradangan.

Namun pada saat anda mengganti karet behel maka anda juga akan mengalami rasa ngilu kembali. Akan tetapi, hal tersebut juga tergolong  wajar dan normal dialami oleh pemakai kawat gigi yang mengganti karet behelnya. Hal tersebut disebabkan karena adanya pergerakan pada gigi saat waktu pergantian karet behel yang disertai dengan pengencangan dari behel tersebut.

Pada saat pergerakan gigi tersebut, maka dapat menyebabkan gigi menempati posisi yang sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Pada umumnya rasa ngilu yang dapat anda rasakan akan bertahan setidaknya 5 sampai dengan 7 hari. Akan tetapi, apabila rasa ngilu masih anda rasakan setelah lebih dari 20 hari, maka anda perlu untuk perisa lebih lanjut ke dokter.

Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi anda, anda memerlukan untuk melakukan pembersihan gigi secara baik dan benar agar kuman yang ada di sekitar mulut anda menghilang. Selain itu anda juga perlu untuk menghindari berbagai makanan dan minuman yang panas dan juga makanan yang memiliki tekstur keras.

Cara Meredakan Gigi Ngilu Setelah Ganti Karet Behel

Meredakan rasa ngilu pada gigi setelah ganti karet behel memang memerlukan waktu untuk pemulihan. Anda dapat mengurangi rasa ngilu dengan meminum obat anti nyeri atau paracetamol. Mengontrol pola makan anda juga dapat mempengaruhi keparahan rasa ngilu pada gigi, sehingga perlu diperhatikan jenis makanan apa saja yang tidak boleh untuk anda konsumsi pada saat gigi ngilu setelah ganti karet behel.

Selain membersihkan gigi secara benar, memperhatikan pola makan, anda juga dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi anda dengan berbagai macam cara yang mudah dan dapat anda lakukan di rumah secara mandiri. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan gigi ngilu setelah ganti karet behel. Diantaranya adalah:

1. Mengurangi Makanan dan Minuman Asam

Kandungan asam yang terdapat dalam berbagai makanan dan minuman yang memiliki cita rasa asam dapat mengiritasi luka pada mulut yang dapat mendorong terjadinya perkembangbiakan bakteri di sekitar behel anda.

Rasa asam juga dapat memperparah rasa ngilu yang sudah anda alami sebelumnya. Ada pula buah-buah yang juga mengandung asam dan dapat menyebabkan gigi anda ngilu, selain itu rasa asam tersebut dapat melunturkan enamel pada gigi anda. Oleh sebab itu anda perlu menghindari makanan dan minuman yang memiliki rasa asam agar rasa ngilu anda tidak semakin parah.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara untuk meredakan gigi ngilu setelah ganti karet behel berikutnya adalah coba berkumur dengan air garam. Air garam memang sudah dikenal sebagai salah satu obat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Sehingga banyak orang yang menggunakan alternatif dengan air garam untuk mengurangi rasa sakit giginya. Garam memiliki anti bakteri yang bagus untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi anda.

Selain itu, berkumur menggunakan air garam dapat mencegah pergerakan dari sel-sel yang menghambat proses untuk penyembuhan luka. Karena tidak jarang pada pemakaian behel terdapat luka pada bagian bibir, gusi dan juga pipi pada bagian dalam. Sehingga luka tersebut dapat menyebabkan sakit dan juga mengganggu anda saat makan dan berbicara.

Oleh karena itu air garam dapat anda gunakan untuk mengurangi rasa ngilu dan juga dapat menyembuhkan luka pada mulut anda. Cara menggunakan garam sebagai obat kumur sangat mudah. Yaitu dengan cara melarutkan garam pada air hangat, setelah itu anda dapat menjadikan larutan garam tersebut sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin hingga rasa ngilu pada gigi anda menghilang.

3. Hindari Makanan Yang Dapat Menempel Pada Behel

Makanan yang dapat menempel pada behel anda adalah makanan yang lengket seperti cokelat, daging dan lain sebagainya. Hal tersebut perlu anda hindari agar sisa makanan tersebut tidak menempel pada behel yang dapat menyebabkan iritasi. Karena makanan yang menempel pada behel sangat susah untuk dibersihkan.

Oleh karena itu anda perlu untuk membersihkan gigi dan behel hingga sudut-sudut di antara gigi, tanpa menyisakan sisa makanan yang menempel pada behel. Pastikan untuk meminum air putih agar mulut anda tidak kering.

4. Mengonsumsi Makanan Lunak

Mengonsumsi makanan lunak merupakan salah satu upaya untuk tidak memperparah gigi ngilu setelah ganti karet behel anda. Hal tersebut karena pada saat anda mengganti karet behel anda, gigi akan menjadi lebih sensitif. Oleh sebab itu sangat diperlukan untuk menjaga pola makan anda agar rasa ngilu pada gigi anda cepat menghilang.

Makanan lunak merupakan cara terbaik agar anda tidak melakukan terlalu banyak kegiatan mengunyah  yang menjadikan gigi anda merasakan ngilu. Tekstur pada makanan lunak tentunya tidak membutuhkan tekanan yang besar pada behel anda yang baru saja diganti karetnya. Makanan lunak yang dapat anda konsumsi adalah bubur, nasi tim, puding, telur rebus dan makanan lunak lainnya.

5. Mengonsumsi Air Dingin

Air dingin yang dimaksudkan adalah air es atau es batu. Karena es batu merupakan salah satu cara untuk meredakan ngilu pada gigi. Karena suhu dingin pada es batu dapat meredakan inflamasi akibat rasa ngilu yang berlebihan dan juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada gusi anda.

Apabila anda tidak dapat mengonsumsi es batu secara langsung, anda dapat menggunakan cara lain yaitu dengan mengompres es batu pada area sekitar gigi anda yang merasakan ngilu. Anda dapat melakukan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam satu hari secara rutin hingga rasa ngilu anda berkurang.

Baca Juga: Pilihan Obat Sakit Gigi Alami Untuk Redakan Rasa Ngilu

Ulasan di atas merupakan cara meredakan gigi ngilu setelah ganti karet behel yang sudah terbukti ampuh dilakukan oleh beberapa orang. Anda dapat melakukan berbagai perawatan yang telah disebutkan di atas secara rutin untuk mempercepat menghilangkan rasa ngilu pada gigi anda. Semoga ulasan di atas dapat membantu dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar