Generasi Milenial Saja Tetap 3 Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

Generasi Milenial Saja Tetap Menerapkan 3 Gaya Hidup Sehat Remaja. Generasi serba teknologi ini membuat para remaja semakin memiliki potensi yang memungkinkan berbahaya dibanding denan generasi remaja pada zaman ke belakang. Di samping itu juga remaja zaman ke belakang tidak memiliki potensi untuk terpengaruh pada hal adiktif dan bersifat serba instan. Semuanya bisa teratur dan tertata, tetapi tidak menyalahi aturan hidup yang semestinya. Namun, ada hal unik yang terjadi hari ini, di mana walaupun milenial tetapi masih menjaga gaya hidup sehat.

Unik juga ternyata ketika ditemukan bahwa masih banyak yang sering berolahraga, travelling, vacation dan bahkan sampai culinary vlogging pun mereka lakukan dengan alasan memperkenalkan makanan dan minuman yang sehat. Adapun yang bersepeda dan renang untuk menjaga daya tahan tubuh dan kardio, semuanya masih sering dilakukan walau era remaja dibilang sudah serba enak dan nyaman.

gaya hidup sehat remaja
gaya hidup sehat remaja

Gaya Hidup Sehat Remaja Masa Kini

Generasi yang sering dibilang hanya menghabiskan waktu di rumah, tidak produktif, cenderung melakukan hal yang bersifat instan, justru banyak remaja yang mematahkan pandangan tersebut. Kini, para remaja justru lebih aktif dan kreatif dalam melakukan kegiatannya, dan cenderung ambisius karena sudah difasilitasi dengan berbagai teknologi yang memadai namun tetap memerhatikan gaya hidup sehat remaja yang mereka pilih.

Pada pilihan gaya hidup yang semakin bervariasi di dunia modern, para remaja ini justru melakukan tiga konsep yang diringkas dengan sempurna. Pertama, pola hidup yang sehat, seperti memerhatikan jam tidur, kondisi tubuh, kondisi mood dan pikiran dan menjaga metabolism tubuh. Inilah yang disentuh oleh mereka untuk mendapatkan produktivitas yang baik di kala melakukan aktivitas sehari-hari. Pada proses perbaikan mood ini perlu memerhatikan beberapa hal, terutama untuk Anda yang banyak aktivitas menggunakan pola pikir, diantaranya adalah refreshing.

Refreshing

Refreshing dapat membantu Anda dalam mengembalikan mood yang buruk, bisa Anda lakukan dengan jalan-jalan, memutar musik, membaca buku dan apapun yang Anda sukai. Pastikan mood Anda berada di titik optimal agar tidak terjadinya gangguan atau hambatan ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Anda seorang pekerja yang menggunakan daya pikir dan imajinasi seperti penulis dan pembuat hal kreativitas. Mood yang baik bisa berpengaruh terhadap gaya hidup sehat remaja.

Kini, refreshing menjadi tren anak muda dimana hal itu masuk dalam kategori gayahidup sehat. Artinya, bahwa healing body and soul ini termasuk salah satu cara yang efektif dan bisa dibilang penting dalam hidup manusia. Karena kebanyakan orang tidak mengetahui seperti apa menyembuhkan atau mengembalikan mental yang sudah menjadi jatidirinya.

Memahami kebutuhan diri

Kedua, memahami kebutuhan diri. Pada tahap ini, para milenial mempelajari apa yang dibutuhkan untuk menyumbang kesehatan tubuhnya. Para milenial ini belajar tentang makanan bergizi, pola hidup sehat, dan melakukannya dengan rutin dan efektif. Contoh ketika anak muda kebetulan sebagai pekerja lemburan atau hyperactive labor, biasanya orang-orang seperti ini memiliki jam kerja yang banyak, dimana biasanya adalah orang-orang yang kompeten dan maksimal kinerjanya.

Para milenial yang berkriteria tersebut mulai menata kesehatan diri dengan memerhatikan apa yang dibutuhkan ketika tubuh memerlukan daya optimal, misalnya seperti daya pikir yang kuat, daya tahan tubuh yang prima untuk mendukung kinerja yang baik, yaitu membiasakan lari pagi setiap weekend, pola air minum dan porsi makan terjaga dan istirahat yang cukup minimal 7-8 jam. Sehingga, gaya hidup sehat remaja bisa terealisasi.

Tetapi, apakah bisa melakukan istirahat yang cukup? Jika kita hitung dengan perkiraan waktu, kemungkinan kecil bisa. Tetapi coba kita ukur dengan perbandingan istirahat secara bedrest dan istirahat dengan peregangan. Pekerja memiliki 8 jam untuk bekerja, tetapi ada 1 jam untuk istirahat dan waktu tersebut digunakan untuk bedrest. Setelah selesai bekerja, istirahat peregangan dan relaksasi, malamnya digunakan untuk tidur.

Hal ini bisa dibuktikan oleh pekerja harian dan kantor. Dengan memanfaatkan waktu istirahat di siang hari, dan selesai pulang ke rumah lakukan relaksasi. Itulah pola hidup yang sesuai dengan gaya hidup sehat, dan gaya hidup sehat remaja saat ini melakukan hal serupa. Maka dari itu, penting untuk membiasakannya secara maksimal.

Meminimalisir zat adiktif

Ketiga, meminimalisir hingga benar-benar netral dengan zat adiktif dan lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Ini yang sering dipandang remeh oleh para remaja yang secara logis masih labil dan cenderung ingin trendy. Bahkan mereka rela mempertaruhkan masa depannya hanya untuk label trendy. Namun, solusi demi solusi terus dilakukan oleh kaum gen Z dalam masalah ini.

Hal ini bisa diproteksi dengan baik jika para remaja mampu melakukannya dengan bersama. Remaja Indonesia masih belum memiliki jatidiri sebagai manusia yang baik, maka dari itu perlu adanya edukasi dan motivasi terhadap gaya hidup sehat remaja yang solutif dan fleksibel. Banyak kasus remaja yang sering kita dengar, bahwa banyaknya pergaulan bebas, merebaknya narkotika dan berbagai jenis lainnya yang turut meresahkan.

Jadi, bagi Anda yang berusia remaja atau yang memiliki keluarga usia remaja, diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam melihat situasi lingkungan sekitar. Selalu ingat pesan-pesan pemuka agama dan orangtua, serta keyakinan diri yang kuat untuk melatih selfprotect yang tidak diajarkan secara optimal. Seharusnya keluarga memiliki peran aktif dalam proteksi kesehatan remaja masa kini dan juga lingkungan sekolah menjadi tempat bernaung para remaja.

3 Hal Yang Dilupakan Dalam Pola Hidup Sehat

Ada beberapa hal yang seringkali dilupakan oleh masyarakat modern, terutama pada usia remaja. Beberapa hal yang sudah dibiasakan sejak dulu kini semakin terkikis dengan adanya kemajuan secara masif, pada bidang kuliner saja masyarakat sulit membedakan mana yag baik dan buruk untuk tubuh. Coba kita mengulas sedikit apa yang sering dilupakan dalam membenahi gaya hidup sehat remaja

Kurang beraktivitas

Pola hidup yang kurang aktivitas, misalnya seperti diam di rumah, menonton TV, duduk santai dan berkumpul, dan lain-lain. Ternyata hal ini cukup berbahaya jika dilkukan secra rutin dan tanpa penyeimbangan dari pola makan, istirahat dan aktivitas olahraga. Terlebih jika Anda berada di usia remaja, semakin Anda banyak berdiam diri atau tidak beraktivitas, maka pada usia tua rentan terkena penyakit.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Menghindari junk food

Hindari junk food. Ini sangat dominan dikonsumsi oleh masyarakat modern, terlebih masyarakat Indonesia cenderung menyukai hal yang instan. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari makanan cepat saji dan beralih ke makanan yang diketahui gizi dan manfaatnya, terutama makanan yang alami dan bisa diolah dengan berbagai macam unsur. Hal ini dilakukan guna untuk merealisasikan gaya hidup sehat remaja yang sedang dilakukan.

Begadang

Kebiasaan begadang sering dialami oleh banyak orang di Indonesia. Terutama oleh siswa atu mahasiswa, kedua orang ini sering mengalami begadang akibat terlalu banyak pikiran dan memiliki tugas yang tidak terhitung. Pada baiknya, dianjurkan untuk mengatur jam istirahat dan pola makan yang cukup guna membenahi metabolisme tubuh walaupun sering begadang.

Demikianlah berbagai hal mengenai gaya hidup sehat remaja.

About Ibnu Khamill

Check Also

cara menghilangkan rasa cemas

13 Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Paling Efektif, Sudah Tahu?

sumbersehat.com – Cara menghilangkan rasa cemas merupakan hal yang bisa dilakukan ketika rasa cemas menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *