Ini Dia 6 Gejala Penyakit Maag yang Perlu Anda Tahu

By

Anda sedang mengalami nyeri pada perut? Nyeri ini biasanya berada di ulu hati dan diikuti dengan rasa mual dan begah? Hati-hati, tanda-tanda tersebut bisa jadi merupakan gejala penyakit maag. Maag merupakan gangguan pencernaan yang bisa disebabkan beberapa faktor.

Biasanya, sakit maag disebabkan oleh lapisan pada tukak lambung yang terluka. Selain itu, juga bisa akibat infeksi bakteri, efek samping penggunaan obat yang melukai lambung, hingga faktor stres.

Umumnya, pemicu timbulnya gejala maag akut ialah gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan yang tidak teratur, sering mengonsumi makanan pedas atau asam, hingga kebiasaan merokok bisa memicu gangguan ini.

Apabila anda sudah mengalami gejala penyakit maag, maka harus cepat diatasi. Jika dibiarkan, risiko terkena penyakit maag akut akan semakin besar. Nah, supaya anda lebih waspada, berikut gejala sakit maag dan cara mengatasinya yang perlu anda tahu!

Gejala Penyakit Maag dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa gejala maag akut yang perlu anda tahu dan bagaimana cara mengatasinya, inilah ulasannya:

Mengalami sakit perut

Sakit maag kerap dikaitkan dengan rasa sakit pada perut. Hal ini karena segala gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan akan menyebabkan ketidaknyamanan di bagian perut. Frekuensi dan tingkat sakit perut bisa beragam.

Ada yang sakitnya bisa membuat anda tidak bisa bergerak, hingga nyeri ringan yang terjadi secara terus-menerus. Jika anda merasakan gejala penyakit maag itu, bisa coba minum cuka sari apel yang dicampur dengan air untuk meredakannya.

Rasa nyeri dan sensasi panas pada ulu hati

Ketika asam lambung naik, salah satu efeknya adalah timbul rasa nyeri disertai sensasi panas pada ulu hati. Pada beberapa kasus, sensasi panas juga dirasakan pada bagian tubuh lain, seperti dada dan kerongkongan.

Rasa sakitnya pun beragam, mulai dari ringan, normal, hingga sangat kuat. Pada orang dengan riwayat penyakit refluks asam lambung akan lebih besar risiko mengalami gejala ini. Untuk meredakan gejala penyakit maag ini, anda bisa konsumsi kaldu tulang untuk menenangkan pencernaan.

Perut terasa kembung

Gejala penyakit maag berikutnya adalah perut kembung. Hal ini disebabkan oleh gas yang memenuhi perut akibat produksi asam lambung berlebih. Hindari makan atau minum terlalu banyak agar tidak mengalami sensasi kembung pada perut sesudahnya.

Jika mengalami itu sebagai gejala sakit maag dan cara mengatasinya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan gluten. Selain itu, anda bisa mengonsumsi minuman asam-asaman alami, jus, smoothies hingga milkshakes.

Rasa mual dan ingin muntah

Ketika terjadi peradangan di dalam lambung, asam lambung akan naik menuju ulu hati dan kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan sensasi panas pada rongga mulut serta rasa mual yang disertai keinginan muntah.Sebaiknya anda tidak menyepelekan gejala maag ini.

Terlalu sering muntah bisa menyebabkan cairan dalam tubuh berkurang, yang mana berisiko terkena dehidrasi. Rasa mual dan ingin muntah, bisa anda atasi dengan mengunyah permen karet atau mengunyah makanan dengan tepat. Hindari pula minum terlalu banyak air saat makan.

Sering bersendawa

Asam lambung yang naik hingga kerongkangan dan gas yang menumpuk di perut akan memicu terjadinya sendawa. Hal ini lumrah terjadi karena merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gas pada perut. Kondisi tersebut, tentunya membuat anda tidak nyaman dalam beraktivitas.

Terlebih lagi, terlalu sering bersendawa juga bisa memberikan efek yang buruk. Udara akan lebih banyak masuk ke dalam perut sehingga berisiko membuat gas yang menumpuk semakin banyak. Jika mengalami gejala penyakit maag ini, makan dan minumlah secara perlahan, jangan gunakan sedotan, hindari merokok dan stress.

Rasa kecut dan pahit di mulut

Gejala penyakit maag lainnya yaitu rasa kecut dan pahit yang muncul di mulut. Pada pencernaan yang normal, makanan yang telah lumat olah asam lambung akan tetap berada dalam lambung.
Nah, kenaikan asam lambung membuat makanan dan minuman yang sudah dicerna ikut naik ke kerongkongan. Hal inilah yang menciptakan rasa kecut dan pahit pada mulut.

Cara mengatasinya dengan makan buah jeruk, kunyah permen karet dan jangan lupa jaga kebersihan mulut dan lidah. Tak hanya itu, anda pun bisa mengonsumsi baking soda atau menggunakan beberapa cara alami lannya.

Itulah beberapa gejala sakit maag dan cara mengatasinya. Jika anda mengalami gejala-gejala maag di atas, sebaiknya anda segera periksa ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat sakit maag yang bisa membantu meredakan gejala yang anda alami.

Baca juga : 8 Cara Menjaga Paru-Paru yang Mudah untuk Dilakukan

Penanganan yang cepat dan tepat pada gejala penyakit maag bisa mencegah terjadinya gejala maag akut. Untuk pencegahan, anda bisa menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya penyakit maag.

Hindari makanan yang terlalu pedas atau asam, minuman berkafein tinggi atau beralkohol, jaga pola makan, dan jangan lupa berolahraga teratur. Mengubah pola hidup anda menjadi pola yang sehat, tidak hanya mengatasi maag kambuh, melainkan juga membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Tinggalkan komentar