11Macam gejala maag dan cara mengatasinya

By

11 Macam Gejala Maag dan Cara Mengatasinya Secara Tepat – Hingga sekarang gangguan sistem pencernaan seperti maag menjadi momok bagi banyak orang. Bahkan sebagian besar masyarakat kita sudah mengenal apa itu gangguan kesehatan maag, kemudian cara mengatasinya agar tidak selalu kumat kembali. Karena beberapa faktor bisa membuat gangguan maag ini muncul kembali, sehingga pada kondisi tubuh justru tidak mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Seperti kita kenali bahwa dari setiap gejala maag ini bisa dideteksi sejak dini. Ditambah lagi ada beberapa gejala yang sebenarnya bisa ditangani secara tepat, namun karena tidak dimengerti justru di anggap kurang penting. Akhirnya gangguan maag justru menjadi satu kondisi yang tidak mendapat penanganan hingga mengalami beberapa kondisi cukup parah. Untuk mengurangi resiko beratnya, cobalah kenali beberapa gejalanya kemudian atasi secara tepat dan cepat seperti berikut ini.

gejala maag dan cara mengatasinya
gejala maag dan cara mengatasinya

Gejala Maag dan Cara Mengatasinya

Mual Dalam Waktu Cukup Lama

Durasi dari beberapa gejala maag dan cara mengatasinya terbilang cukup lama bisa memakan waktu 2-3 hari tergantung dari tingkatan gejalanya. Kemudian dari gejala pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi perut yang terasa mual berulang kali. Dari gejala gangguan maag satu ini memang sering dikaitkan dengan aktivitas asam lambung yang tidak norma bahkan cenderung tinggi. Sehingga indikasi pertama adalah mual. Untuk mengatasinya cobalah berikan obat pertolongan pertama untuk mengurangi gangguan mual.

Terjadi Demam

Mengatasi beberapa gangguan maag memang harus mendapat tindakan cepat. Bahkan saat terjadi demam biasanya menjadi indikasi dari gangguan maag pada tahap awal. Hal ini seringkali membuat banyak kalangan merasakan bagaimana harus melakukan tindakan untuk mengatasi gangguan dan gejala demam tersebut.

Untuk cara terbaiknya cobalah lakukan kompres, kemudian gunakan obat khusus untuk mengatasi kadar asam lambung tinggi. Ataupun setidaknya Anda menggunakan metode konsultasi dengan dokter untuk meredakan gangguan maag pada tahap awal.

Perut Terasa Panas di Malam Hari

Selain demam, ada salah satu gangguan sekaligus menjadi gejala dari maag tahap awal yakni perut terasa panas di malam hari. Banyak kalangan belum terlalu mengerti akan gejala maag dan cara mengatasinya. Namun untuk mengatasi perut terasa panas ini bisa dengan mengkonsumsi obat herbal ataupun konsumsi obat khusus maag di pasaran.

Tindakan cepat dalam menangani beberapa gejala maag akan mencegah terjadinya gangguan maag di skala lebih tinggi. Karena itulah Anda perlu melakukan tindakan cepat agar rasa panas di area perut terutama di malam hari tidak terjadi.

Nafsu Makan Menurun

Pada tahapan awal, gejala maag ini sering membuat nafsu makan menurun. Kondisi ini harus cepat mendapat penanganan karena berefek pada kondisi metabolisme tubuh dan kondisi tubuh tidak memiliki imun cukup. Sehingga perlu adanya asupan makanan yang bisa diolah cepat seperti bubuk ataupun buah khusus untuk mengatasi asam lambung berlebih.

Dari nafsu makan menurun ini akan kembali ketika gejala maag tidak dirasakan lagi. Untuk itulah, diperlukan langkah tepat untuk bisa mengatasi gejala maag yang sebenarnya bisa dideteksi sejak awal dan mendapat penanganan secara tepat.

Sering Cegukan Berulang Kali

Secara tidak sadar bahwa salah satu gejala maag dan cara mengatasinya berupa cegukan adalah tahapan dari kondisi di dalam perut yang mana terjadi peningkatan asam lambung. Dari cegukan ini memang sudah jadi hal biasa terjadi bahkan dianggap bukan menjadi gangguan maag.

Akan tetapi, beberapa studi menyebutkan bahwa gangguan maag bisa diawali dengan cegukan karena kadar gas di dalam lambung meningkat hingga menimbulkan cegukan. Bila Anda mengalami cegukan dan tidak kunjung hilang cobalah konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan secara tepat dan cepat.

Sering Lelah dan Nafas Tersengal-Sengal

Gangguan pada area pernafasan adalah satu bentuk gejala maag. Tanda yang bisa kita amati adalah sering lelah kemudian dari irama nafas sering tersengal-sengal. Pada kondisi tertentu, pada area dada terasa sedikit panas dan nyeri karena asam lambung meningkat hingga ke area dada.

Gejala ini harus cepat mendapat penanganan secara serius, karena bisa berakibat cukup fatal bila tidak mendapatkan penanganan secara cepat. Karena itulah Anda perlu lakukan pengecekan kondisi tubuh Anda kemudian beristirahatlah sebelum mendapat perawatan lebih lanjut.

Muntah Berwarna Hijau atau Kuning

Penderita maag mungkin sudah pernah mengalami kondisi perut mual kemudian muntah dengan warna kehijauan ataupun kekuningan sebagai tanda bahwa asam lambung meningkat. Dari kondisi ini sudah dianggap cukup parah dan harus segera mendapat penanganan secara serius.

Beberapa gejala maag dan cara mengatasinya bisa dengan cara sederhana seperti melakukan konsultasi ke dokter ataupun mengkonsumsi obat anti mual serta anti muntah untuk mengembalikan fungsi lambung serta menurunkan kadar asam lambung yang cukup tinggi.

Sering Pusing dan Pingsan

Mengalami salah satu gejala dari maag yakni sering mengalami pusing hingga sampai pingsan sebaiknya cepat lakukan pemeriksaan. Secara tidak sadar karena beberapa faktor seperti perubahan emosi ataupun terlambat makan bisa membuat kondisi asam lambung cepat meningkat.

Apalagi bagi penderita maag sebaiknya mencermati asupan makan jangan sampai terlambat kemudian harus mendapatkan beberapa anjuran agar bisa mengatur pola makan beserta hindari konsumsi makanan pencetus maag.

Rasa Tidak Nyaman di Area Tenggorokan

Masih menjadi salah satu gejala maag dan cara mengatasinya yang mana rasa tidak nyaman di area tenggorokan seperti ada sesuatu yang mengganjal ataupun rasa panas cepatlah lakukan pemeriksaan ataupun gunakan obat herbal khusus untuk menurunkan kadar asam lambung.

Pada gejala satu ini, area tenggorokan mengalami gangguan yang mana bisa mengakibatkan area tenggorokan terasa tidak nyaman. Karena itu Anda perlu menggunakan cara-cara tepat agar tidak mengalami gangguan yang sama seperti rasa panas di tenggorokan ataupun lainnya.

Nyeri Pada Ulu Hati

Berikutnya ada satu gejala yang mengindikasikan bahwa Anda mengalami kondisi tidak sehat terutama pada kesehatan sistem pencernaan tidak normal yakni nyeri pada ulu hati. Pada dasarnya rasa nyeri ini menjadi akibat dari kadar asam lambung cukup tinggi dan beresiko melukai dinding lambung.

Karena itu, pada kondisi nyeri di bagian ulu hati ini perlu adanya sarana-sarana penting untuk melakukan kontrol secara cermat. Kemudian bagaimana akses baru yang nantinya diperlukan agar penanganan dilakukan lebih cepat.

Bisa juga simak artikel yang menarik lainnya disini.

Perut Terasa Kembung

Banyak kalangan seperti penderita maag merasakan kondisi perut kembung dan tidak nyaman. Pada kondisi tersebut sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan pedas, panas dan asam. Kemudian sebisa mungkin dari gejala maag dan cara mengatasinya satu ini lakukan tindakan medis seperti mengkonsumsi obat pertolongan pertama sebelum akhirnya mendapat penanganan langsung dari dokter.

Beberapa daftar gejala maag dan cara mengatasinya memang perlu adanya pengembangan hingga akhirnya Anda pun mengetahui sejauh mana proses dari pengembangan sekaligus mencoba mengetahui secara pasti bagaimana metode tepat agar gejala maag tidak bertambah buruk.

 

 

Tinggalkan komentar