6 Gejala Asam Urat dan Tips Cara Mengobatinya dengan Mudah

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang paling umum dan sering sekali dialami oleh orang Indonesia. Jika bicara penyakit ini di tengah-tengah masyarakat, maka mereka akan familiar sekali dengan penyakit ini. Asam urat pada dasarnya merupakan jenis penyakit yang  menyerang persendian. Rasa sakit disertai dengan pembengkakan merupakan salah satu indikasi nya. Apa saja gejala asam urat dan bagaimana cara mengobati nya?

Berikut ini adalah penjelasan terkait gejala dan cara penanganan asam urat dengan tepat. Buat kamu yang sering mengalaminya, artikel ini adalah yang paling tepat kamu baca.

Beberapa Gejala Asam Urat

Dilansir dari halaman sehatQ, setidaknya ada 6 gejala yang sering dialami oleh beberapa orang saat mereka mengalami sakit asam urat. Beberapa gejala yang sering timbul ini mulai dari rasa nyeri hingga pembengkakan pada area tertentu. Adapun beberapa masalah gejala sakit asam urat ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nyeri di area persendian

Gejala pertama yang sering muncul dan dialami orang yang memiliki sakit asam urat  adalah adanya ras sakit dan ngilu pada area persendian. Hal ini terjadi tanpa adanya sentuhan ataupun jatuh sebelumnya. Melainkan terjadi begitu saja, gejala paling umumnya sih terjadi setelah konsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh  asam urat ini terkadang cukup menyiksa. Rasanya ngilu seperti habis terbentur benda keras. Rasa sakit ini bahkan kadang bisa membuat penderitanya tidak sanggup untuk berjalan kaki dengan normal. Namun rasa sakit ini umumnya terjadi pada saat malam hari atau pagi hari.

2. Memar di area persendian

Selain terasa sakit dan ngilu, asam urat juga sering menimbulkan memar pada area persendian seperti yang habis terbentur benda keras. Memar nya berwarna merah kehitaman seperti ada darah yang menggumpal di bagian persendian tersebut.

Hal ini umumnya memang dialami oleh semua orang yang mengalami sakit asam urat. Gejala asam urat ini merupakan salah satu gejala paling mudah kita lihat. Penderita sebelumnya memang tidak akan memiliki masalah dengan sendi nya. Memar tersebut akan muncul secara tiba-tiba begitu saj diare persendiannya.

3. Sandi jadi kaku

Selai itu, sendi kamu juga akan menjadi kaku dan sedikit sulit digerakkan. Dibandingkan pada saat normal, sendi kamu akan terasa lebih berat dan kaku digerakkan terutama saat  akan berjalan. Maka sendiri akan terasa begitu sangat berat sekali.

Beda dengan kaku akibat kedinginan ataupun masalah lainnya sakit asam urat rasa kaku nya tercampur dengan rasa sakit yang cukup lumayan membuat orang nangis merasakan ngilu dan sakitnya yang luar biasa.

4. Kulit sendi licin dan memerah

Selain itu, gejala asam urat lainnya adalah licinnya area kulit pada wilayah persendian dibarengi dengan kulit yang merah pada area persendian tersebut. Jika kamu pernah mengalami bisulan, nah permukaan kulit orang yang alami sakit asam urat adalah seperti pada permukaan kulit yang ada bisulnya.

Kelihatan sekali pada bagian area kulit yang terkena asam urat licin saat  di usap dengan telapak tangan. Warnanya sedikit merah, mirip seperti gejala bisulan. Hanya saja bedanya ini hanya terjadi pada area permukaan kulitnya saja.

5. Terjadi pembengkakan

Selai itu, salah satu gejala asam urat lainnya adalah timbulnya pembengkakan pada area persendian si penderita sakit asam urat. pembengkakan ini juga disertai dengan ras sakit dan juga memar kemerahan. Pembengkakan nya lumayan cukup besar dan terjadi secara tiba-tiba.

Penderita tidak memiliki riwayat terkilir sebelumnya, hal ini terjadi dengan begitu saja tanpa ada masalah yang serius. Rasa nyeri dan memar pada area kulit permukaan persendian jadi indikator bahwa hal tersebut disebabkan oleh asam urat yang dideritanya.

6. Kulit mengelupas saat bengkak reda

Beberapa saat setelah terjadi pembengkakan, kulit akan kembali membaik dan ras nyeri akan hilang. Namun, pada permukaannya kulit akan terkelupas layaknya habis terbakar. Namun ini hanya terjadi pada kulit luar saja. Ketika kulit kering yang terkelupas terbuka maka akan muncul kulit baru yang berwarna kemerahan yang masih muda layaknya kulit  bayi.

Cara Mencegah Asam Urat

Dari berbagai gejala asam urat diatas, masalah asam urat ini memang bukan merupakan jenis penyakit yang berat. Akan tetapi, setiap penderitanya harus melakukan penanganan terbaik jika tidak ingin merasa tersiksa. Menurut beberapa sumber terpercaya, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah asam urat, diantaranya:

1. Hindari makanan atau minuman manis

Makanan atau minuman manis adalah faktor utama penyebab terjadinya asam urat. Minuman ataupun makanan manis mengandung fruktosa tinggi yang sangat berisiko pada munculnya asam urat. Fruktosa tinggi yang terdapat pada makanan ataupun minuman manis ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

Makanan atau minuman yang paling harus dihindari oleh penderita asam urat adalah seperti makanan ataupun minuman instan. Utamanya minuman kaleng yang dijual di beberapa toko yang ada di supermarket.

2. Jangan minum alkohol

Selain fruktosa pada minuman instan kaleng dan makanan manis, alkohol juga merupakan jenis minuman kedua yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Selain itu, alkohol juga akan mengganggu kinerja ginjal. Dimana saat kamu konsumsi alkohol maka ginjal akan menyaring alkohol terlebih dahulu sebelum asam urat.

3. Banyak minum air putih

Jika kamu saat ini alami beberapa gejala asam urat, minum air putih dalam jumlah yang banyak adalah pilihan yang tepat. Air putih dapat dengan cepat membantu ginjal untuk menyaring asam urat dengan cepat.

Kamu hanya perlu mencukupi  kebutuhan minum kamu sebanyak 4 liter per hari. Jika kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dengan baik, maka ginjal akan bekerja dengan baik dan bisa saring asam urat dengan sempurna.

4. Jaga pikiran

Jangan salah, pikiran bisa menjadi salah satu indikator munculnya gejala asam urat. Pikiran yang rumit akan memicu stres yang bis menimbulkan peradangan. Jika hal ini terjadi maka dapat memicu naiknya asam urat dengan cepat.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menjaga pikiran tetap rileks dan santai. Kamu bisa menggunakan terapi relaksasi ataupun sejenisnya.

5. Jaga berat badan ideal

Salah satu pemicu terjadinya asam urat dalam tubuh adalah karena kandungan lemak tinggi. Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko asam urat yang lebih tinggi ketimbang orang yang memiliki berat badan ideal.

Maka dari itu, salah satu cara penanganan terbaik nya adalah dengan menjaga berat tubuh kamu agar tetap ideal. Sehingga risiko asam urat akan dapat ditekan dan diminimalisir dengan baik.

6. Hindari makanan kaleng dan instan

Cara terakhir yang paling bagus digunakan agar untuk atasi beberapa gejala asam urat adalah dengan menghindari makanan ataupun minuman instan. Beberapa jenis makanan ataupun minuman instan ini lebih banyak mengandung lemak dan lebihi mudah memicu terjadinya asam urat.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *